Pengembangan Media Sabun Geometri Palm Oil untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5–6 Tahun

Author


Azizah Nurjanati(1Mail),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 1MB]

Published : 2024-11-16

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 34 times PDF Downloaded: 14 times

Abstract


Untuk mendukung perkembangan kognitif yang optimal, diperlukan pendekatan pembelajaran yang interaktif serta lingkungan dan bahan belajar yang mendukung. Anak perlu mendapatkan stimulasi yang tepat agar perkembangannya maksimal, dan kegiatan pembelajaran perlu diperkaya dengan media yang menyenangkan agar dapat meningkatkan ketertarikan anak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Sabun Geometri Palm Oil sebagai alat untuk membantu anak usia dini mengenal dan mengeksplorasi bentuk geometri melalui media yang mereka buat sendiri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model lima tahap (MANTAP) yang dikembangkan oleh Sumarni dkk. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa taman kanak-kanak (TK), dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara terhadap dua pendidik TK. Hasil validasi media Sabun Geometri Palm Oil layak digunakan untuk meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal dan mengeksplorasi bentuk-bentuk geometri. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan untuk anak usia dini, yang dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep geometri secara interaktif.


Keywords


kognitif; anak usia dini; media pembelajaran; research and development

References


Aprilia, T., Yuliati, N., & Saputri, S. W. D. (2021). Analisis Karakte.ristik Pe.rke.mbangan Kognitif Anak Autis Usia 5-6 Tahun. JE.CE.R (Journal Of E.arly Childhood E.ducation And Re.se.arch), 2(2), 37. https://doi.org/10.19184/je.ce.r.v2i2.18867

Aris Shusantie., M., Bagus Mitre.ka Satata, D., Psikologi, M., & Muhammadiyah Malang, U. (2021). Kajian Historiografi Pe.rke.mbangan Kognitif Bahasa. Jurnal Lingua, 17(1), 71–78.

Bonita, E.., Suryana, E.., Hamdani, M. I., & Harto, K. (2022). The. Golde.n Age. : Pe.rke.mbangan Anak Usia Dini dan Implikasinya Te.rhadap Pe.ndidikan Islam. Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pe.ndidikan, 6(2), 218. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537

Đokić, O., Je.lić, M., & Ilić, S. (2020). The. corre.lation be.twe.e.n figural and conce.ptual prope.rtie.s of angle. and cube. in pre.-se.rvice. te.ache.rs ge.ome.tric re.asoning. Inovacije. u Nastavi, 33(1), 1–20. https://doi.org/10.5937/inovacije.2001001d

Fe.biantari, M. R., Astawan, I. G., & Ujianti, P. R. (2021). Me.ningkatkan Ke.mampuan Kognitif Anak Dalam Me.mbilang de.ngan Pe.rmainan Bola-Bola Wol. Jurnal Me.dia dan Te.knologi Pe.ndidikan, 1(2), 68-76.

Halimatu Sadiah, N., Hunafa Le.stari, R., Me.lati, P., Ke.bon manggu Padasuka Cimahi, J., & Siliwangi, I. (2020). Upaya Me.ningkatkan Pe.nge.tahuan Sains Pada Anak Usia Dini Me.lalui Pe.mbe.lajaran Ste.am. CE.RIA (Ce.rdas E.ne.rgik Re.sponsif Inovatif Adaptif), 3(3), 237–244. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/inde.x.php/ce.ria/article./vie.w/4143

Hasni, U., & Amanda, R. S. (2022). Pe.nge.mbangan Mode.l Pe.mbe.lajaran Proje.ct Base.d Le.arning Untuk Me.ningkatkan Ke.mampuan Ge.ome.tri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pe.ndidikan Dan Pe.mbe.lajaran Anak Usia Dini, 9(1), 1-11. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13537

Hazizah, N., & Murni, S. (2019). The. E.ffe.ctive.ne.ss of Fun Game. Strate.gy in Improving Childre.n’ s Re.cognition of Ge.ome.tric Shape.s. Journal of Nonformal E.ducation, 5(2), 197-202. https://doi.org/10.15294/jne..v5i2.20208

Hidayah, I. (2018, Fe.bruary). Pe.mbe.lajaran mate.matika be.rbantuan alat pe.raga manipulatif pada je.njang pe.ndidikan dasar dan ge.rakan lite.rasi se.kolah. In PRISMA, Prosiding Se.minar Nasional Mate.matika (Vol. 1, pp. 1-11). https://journal.unne.s.ac.id/sju/prisma/article./vie.w/20762

Kusayang, T., Re.ni, R. P., Qadariah, N., & Rois, M. (2023). Pe.nge.mbangan Ke.mampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Me.lalui Pe.nde.katan Scie.ntific Di Taman Kanak-Kanak Al-Azhar Kota Jambi. Jurnal Muara Pe.ndidikan, 8(1), 141-151. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1118

Mohame.d, D. A., & Kande.e.l, M. M. (2023). Playful Le.arning: Te.aching the. Prope.rtie.s of Ge.ome.tric Shape.s through Pop-Up Me.chanisms for Kinde.rgarte.n. Inte.rnational Journal of E.ducation in Mathe.matics, Scie.nce. and Te.chnology, 11(1), 179-197. https://doi.org/10.46328/ije.mst.2921

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Ke.mampuan kognitif anak usia dini dalam pe.mbe.lajaran akuatik. Scholaria: Jurnal Pe.ndidikan Dan Ke.budayaan, 10(1), 42-50. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Nurjani, Y. Y., & Jubae.dah, E.. (2020). Pe.nge.nalan be.ntuk ge.ome.tri me.lalui me.tode. be.rmain pe.rmainan tradisional sondah bagi anak usia dini. Journal of SPORT (Sport, Physical E.ducation, Organization, Re.cre.ation, and Training), 4(1), 22-29. https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1557

Sadiah, N. H., & Le.stari, R. H. (2020). Upaya me.ningkatkan pe.nge.tahuan sains pada anak usia dini me.lalui pe.mbe.lajaran ste.am. CE.RIA (Ce.rdas E.ne.rgik Re.sponsif Inovatif Adaptif), 3(3), 237-244. https://doi.org/10.22460/ce.ria.v3i3.p237-244

Samsyah, N. K. S., & Dhe.asari, A. E.. (2022). The. Me.ningkatkan Ke.mampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Me.lalui Me.dia Te.bak Warna Gambar Di Tk It Abatatsa Pasuruan: Me.ningkatkan Ke.mampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Me.lalui Me.dia Te.bak Warna Gambar Di Tk It Abatatsa Pasuruan. Incre.me.ntape.dia: Jurnal Pe.ndidikan Anak Usia Dini, 4(2), 47-55. https://doi.org/10.36456/incre.me.ntape.dia.vol4.no2

Shusantie., M. A., & Satata, D. B. M. (2021). Kajian historiografi pe.rke.mbangan kognitif bahasa. Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 17(1), 71-78. https://doi.org/10.15294/lingua.v17i1.28248

Salsabila Samsyah, N. K., & Dhe.asari, A. E.. (2022). Me.ningkatkan Ke.mampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Me.lalui Me.dia Te.bak Warna Gambar Di Tk It Abatatsa Pasuruan. Incre.me.ntape.dia: Jurnal Pe.ndidikan Anak Usia Dini, 4(2), 47–55. https://doi.org/10.36456/incre.me.ntape.dia.vol4.no2.a6544

Sire.gar, N. M., Sari, E.. F. N., Budiningsih, M., & Zulham. (2021). The. basic le.arning mode.l of traditional motion base.d game.s for e.arly childhood (5-6) ye.ars. Inte.rnational Journal of Human Move.me.nt and Sports Scie.nce.s, 9(1), 81–88. https://doi.org/10.13189/saj.2021.090111

Sire.gar, Y. S., Darwis, M., Baroroh, R., & Andriyani, W. (2022). Pe.ningkatan Minat Be.lajar Pe.se.rta Didik de.ngan Me.nggunakan Me.dia Pe.mbe.lajaran yang Me.narik pada Masa Pande.mi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Side.mpuan. Jurnal Ilmiah Kampus Me.ngajar, 2, 69–75. https://doi.org/10.56972/jikm.v2i1.33

Solihah, T. H., Mugara, R., & Aprianti, E.. (2021). Me.ningkatkan Ke.mampuan Kognitif Anak Usia Dini me.lalui Pe.nge.nalan Be.ntuk Ge.ome.tri be.rbantuan Me.dia Ge.oboard pada Ke.lompok B. Jurnal Ce.ria (Ce.rdas E.ne.rgik Re.sponsif Inovatif Adaptif), 4(4), 394–399. https://doi.org/10.22460/ce.ria.v4i4.p%25p

Sormin, R. M. B., & Pasaribu, A. G. (2021). Me.tode. Pe.mbe.lajaran: Be.lajar Sambil Be.rmain dalam Me.nge.mbangkan Minat Pe.mbe.lajaran Pe.ndidikan Anak Usia Dini Be.lajar pada Masa Pande.mi Covid-19. Jurnal Christian Humaniora, 5(2), 66–75.

Suhayati, Y., & Watini, S. (2024). Imple.me.ntasi Mode.l ASYIK dalam Me.ningkatkan Lite.rasi Sains de.ngan Me.manfaatkan Lingkungan Se.kitar pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pe.mbe.lajaran, 7(2), 562–578. https://doi.org/10.30605/jsgp.6.3.2023.3148

Suryana, E.., Hamdani, M. I., Bonita, E.., & Harto, K. (2022). The. Golde.n Age.: Pe.rke.mbangan Anak Usia Dini dan Implikasinya te.rhadap Pe.ndidikan Islam. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pe.ndidikan, 6 (2), 218-228. https://doi.org/10.32332/tarbawiyah.v6i2.5537

Ulfa, F. N., Hafidah, R., & De.wi, N. K. (2020). Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 8(1). https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.39354

Vorkapić, M., Milinković, J., & Miloše.vić, M. (2024). Impe.dime.nts To Kinde.rgarte.n Childre.n Ide.ntifying Ge.ome.tric Shape.s. Journal of E.le.me.ntary E.ducation, 17(1), 105–122. https://doi.org/10.18690/re.i.2503

Wahyuni, D. C. (2021). Pe.nge.mbangan Motorik Halus Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Ne.ge.ri Pe.mbina Painan. E.dukids: Jurnal Pe.rtumbuhan, Pe.rke.mbangan, Dan Pe.ndidikan Anak Usia Dini, 18(1), 49–53. https://doi.org/10.17509/e.dukids.v18i1.33826


Refbacks

  • There are currently no refbacks.