Abstract


Untuk mendukung perkembangan kognitif yang optimal, diperlukan pendekatan pembelajaran yang interaktif serta lingkungan dan bahan belajar yang mendukung. Anak perlu mendapatkan stimulasi yang tepat agar perkembangannya maksimal, dan kegiatan pembelajaran perlu diperkaya dengan media yang menyenangkan agar dapat meningkatkan ketertarikan anak dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Sabun Geometri Palm Oil sebagai alat untuk membantu anak usia dini mengenal dan mengeksplorasi bentuk geometri melalui media yang mereka buat sendiri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model lima tahap (MANTAP) yang dikembangkan oleh Sumarni dkk. Subjek penelitian ini adalah 12 siswa taman kanak-kanak (TK), dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara terhadap dua pendidik TK. Hasil validasi media Sabun Geometri Palm Oil layak digunakan untuk meningkatkan kognitif anak usia 5-6 tahun dalam mengenal dan mengeksplorasi bentuk-bentuk geometri. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan untuk anak usia dini, yang dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep geometri secara interaktif.


Keywords


kognitif; anak usia dini; media pembelajaran; research and development

Refbacks

  • There are currently no refbacks.