- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611Keywords:
profil pelajar Pancasila, sekolah, dasar, pendidikan karakterAbstract
Kurikulum Merdeka pada saat ini melakukan program profil pelajar Pancasila sebagai wujud Pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi profil pelajar Pancasila di tingkat sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan metode inquiry naturalistic pendekatan kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa kelas 1, dan kepala sekolah. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah. Dari keenam ini persentasi dimensi kelima bernalar kritis paling rendah yaitu 61,60% dan paling tinggi adalah dimensi gotong royong dengan persentase 84,60%. Implementasi Profil Pelajar Pancasila kurang optimal antara lain terbatasnya waktu yang diinformasikan oleh pendidik, terbatasnya waktu, substansi pelajaran yang sedikit, terbatasnya Ilmu Teknologi.
Downloads
References
Aditya, L. K., Kartika, N. P., & Yuli Irfanto, W. (2022). Problematika Peran Guru Dalam Membentuk Profil Belajar Pancasila Pada Era Digital Kelas Iv Mi Miftahul Ulum Sidowungu Gresik. EL-MIAZ: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 1(2), 58. https://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/el-miaz/article/view/19
Ainiyah, N. (2013). Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Ulum, 13(1), 25–38. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/179
Alanur, S. N., Nawing, K., Septiwiharti, D., Syuaib, D., & Jamaludin, J. (2022). Pengembangan Bahan Ajar PPKn Bermuatan Nilai Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Karakter Kewarganegaraan Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 107. https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v12i2.15281
Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://journal.ummat.ac.id/index.php/historis/article/view/3432
Annisa, F. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), 69–74. https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102
Cahyaningrum, D. E., & Diana, D. (2023). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2895–2906. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4453
Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.585
Eriani, E. D., Susanti, M.Si., D. R., & Dr. Meilinda, M.Pd. (2023). Hubungan Penerapan Bhinneka Tunggal Ika dan Nilai - Nilai Pancasila dengan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pengabdian West Science, 2(01), 25–37. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i01.131
Fakhruddin, P. R. A. (2017). Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Jalanan Di Kota Semarang Melalui Program Pendidikan Nonformal. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2945
Faqihuddin, A. (2021). Building Character in Islamic Education Perspective Membangun Karakter dalam Perspektif Islam. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 12(2), 372–382. https://doi.org/10.34005/alrisalah.v12i2.1504
Faturrahman, F., Setiawan, F., Astuti, W. D., & Khasanah, K. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Tsaqofah, 2(4), 466–474. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i4.469
Febriyanti, R. A., Putri, M. H. S., Husnia, F., Rusminati, S. H., & Rosidah, C. T. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 8(1), 190–197. http://www.e-journallppmunsa.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/1271
Karmelita, L. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Projek Penguatan Pelajar Pancasila SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 186–196. https://doi.org/10.30595/pssh.v10i.674
Khoirillah, F., Cahyono, T., Dewi Maslakah, Saraswati, R., & Lestariningrum, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Projek Profil Pelajar Pancasila di SDN Banjaran 3 Kota Kediri. SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 1026–1034. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/2405
Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D. A., Maharani, S., & Destrinelli, D. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 4179–4188. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1116
Mukminin, E., Dwijayanti, I., Nyoman, N. A., & Espiyati, E. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Karakter Iman dan Taqwa Melalui Pembiasaan di SD Negeri Gayamsari 02. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4647–4653. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2327
Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246
Mustika, D. (2021). Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 361–372. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.105
Najibuddiin, A., Sutrisno, S., & Sunarto, S. (2022). Strategi Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Literasi Sekolah Di Ma Al Islamiyah Uteran Geger Madiun. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(2), 53–66. https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n2.2022.pp53-66
Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187. https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925
Ramadhan, F., Puspitasari, D., & Yanto, T. (2023). Perencanaan Stratejik Pendidikan Melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 38 Bandung. Al Afkar: Journal for Islamic Studies, 6(2), 353–365. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.559.Educational
Rodhiyana, M. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education Studies, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.58569/jies.v1i2.575
Sa’adah, M., Rahmayati, G. T., & Prasetiyo, Y. C. (2022). Strategi Dalam Menjaga Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 56. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/view/1113
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan.
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Suriyati, C. ., & Lubis, M. D. A. . (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7710-7716. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996.https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996.
Wati, R., & Alhudawi, U. (2023). Profil Pelajar Pancasila Dalam Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Ppkn. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 12(1), 14–23. https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jg/article/view/796