Bimbingan Kelompok Berorientasi Rekreatif (BKBR): Model Alternatif untuk Melatih Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini

Author


Umi Rohmah(1Mail),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2023-06-14

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 678 times PDF Downloaded: 200 times

Abstract


Untuk mendukung pertumbuhan anak usia dini yang sesuai dengan tahap perkembangan yang baik dibutuhkan tingkat kecerdasan emosional yang optimal. Namun harapan ini tidak menunjukkan pada kondisi yang ideal di banyak tempat. Pada TK Muslimat 01 Ponorogo, faktanya menunjukkan data yang mencengangkan; mayoritas muridnya memiliki kecerdasan emosional sedang dan bahkan rendah sehingga membutuhkan bantuan dari guru untuk melatih kecerdasan emosionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model bimbingan kelompok yang efektif untuk melatih kecerdasan emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development jenis Mixed Methods. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi dan wawancara. Pedoman observasi merujuk pada indikator yang dikembangkan oleh Mashar. Sedangkan pedoman wawancara yang digunakan peneliti  divalidasi  tiga orang ahli. Teknis analisis data secara deskriptif untuk data kualitatif dan ANCOVA untuk data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Model Bimbingan Kelompok Berorientasi Rekreatif (BKBR) terbukti efektif melatih kecerdasan emosional anak di TK Muslimat 01 Ponorogo.


Keywords


bimbingan kelompok; kecerdasan emosional; anak usia dini

References


Arieska, O., Syafri, F., & Zubaedi, Z. (2018). Pengembangan Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) Daniel Goleman Pada Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Pendidikan Islam. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v1i2.1337

Behzadmehr, R., Seyedinejag, M., & Behzadmehr, M. (2016). The study of the relationship between depression and emotional intelligence among the students of Zabol University of medical sciences in 2014. Asian Social Science, 12(7), 143–150. https://doi.org/10.5539/ass.v12n7p143

Birknerová, Z. (2011). Social and emotional intelligence in school environment. Asian Social Science. https://doi.org/10.5539/ass.v7n10p241

Cuesta-Zamora, C., González-Martí, I., & García-López, L. M. (2018). The role of trait emotional intelligence in body dissatisfaction and eating disorder symptoms in preadolescents and adolescents. Personality and Individual Differences, 126, 1–6. https://doi.org/10.1016/j.paid.2017.12.021

Davis, S. K., Nowland, R., & Qualter, P. (2019). The role of emotional intelligence in the maintenance of depression symptoms and loneliness among children. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01672

Devis-Rozental, C. (2018). Developing Socio-Emotional Intelligence in Higher Education Scholars. In Developing Socio-Emotional Intelligence in Higher Education Scholars. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-94036-6

Dewi, N. N. D. P. T. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Cerita Berseri. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 362–369. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29398

Fikuri, A., & Astuti, W. (2021). Strategi Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 105–112. https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/TAUJIHAT/index

Kurniati, E. (UPI B. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Bimbingan Kelompok, Bermain, dan Budaya (BKBB) Bagi Anak Usia Dini. 1–30. https://repositori.kemdikbud.go.id/21194/1/BKBB.pdf

Lestari, I. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 1–7. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/685

Mariani, D., Nelisma, Y., & Fitrian, W. (2022). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Story-TellingDalam Meningkatkan Empati Peserta Didik Di TKN2 Sijunjung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 569–575. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3770

Mashar. (2016). Perkembangan emosi. Prenada.

Nasril, & Ulfatmi. (2018). Melacak Konsep Dasar Kecerdasan Emosional. Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(1), 16–25. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alirsyad/article/view/120

Nina Angelia, Evi Afiati, D. D. C. U. B. (2022). Pengembangan Modul Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Berburu Harta Karun untuk meningkatkan Perilaku Prososial anak usia dini. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8 No. 1, 1–15. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/12459

Ovirianingsih, T. ., Kurnia, R. ., & Zulkifli, Z. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Emosional Melalui Metode Bermain Peran Penokohan Hewan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2531–2539. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1242

Peachey, A. A., Wenos, J., & Baller, S. (2017). Trait emotional intelligence related to bullying in elementary school children and to victimization in boys. OTJR Occupation, Participation and Health. https://doi.org/10.1177/1539449217715859

Russek, B. E., & Weinberg, S. L. (1993). Mixed methods in a study of implementation of technology-based materials in the elementary classroom. Evaluation and Program Planning, 16(2), 131–142. https://doi.org/10.1016/0149-7189(93)90024-3

Saroh, S., Wibowo, M. E., Sutoyo, A., & Sumaryanto, T. (2020). The Effectiveness Of Group Guidance Through Role- Playing Methods On The Development Of Early. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 5(6). https://ijisrt.com/assets/upload/files/IJISRT20SEP723.pdf

Sun, J., Liu, Q., & Yu, S. (2019). Child neglect, psychological abuse and smartphone addiction among Chinese adolescents: The roles of emotional intelligence and coping style. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.08.032

Susilowati, R. (2018). Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 145. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4806

Utami, D., Afiati, E., & Conia, P. D. D. (2021). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kolaboratif untuk Meningkatkan Perilaku Empati AUD. Equivalent: Jurnal Ilmiah Sosial Teknik, 3(2), 1–23. https://jurnalequivalent.id/index.php/jequi/article/view/44

Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263


Refbacks

  • There are currently no refbacks.