Pembentukan Akhlak Anak Usia Dini melalui Komunikasi Verbal Edukatif

Author


Intan Asyikin Rantikasari(1Mail), Umi Rohmah(2), R Rachmy Diana(3),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, IAIN Ponorogo, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2023-11-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 732 times PDF Downloaded: 246 times

Abstract


Permasalahan yang ditemui oleh peneliti yakni masih ditemukan anak yang agresif secara verbal maupun non-verbal, menunjukkan bahwa minimnya akhlakul karimah yang dimiliki oleh anak. Salah satu cara memperbaiki akhlak yakni melalui pendidikan yaitu dengan teknik komunikasi edukatif verbal. Tujuan penelitian ini yakni menjelaskan metode komunikasi edukatif verbal serta capaian perkembangan akhlak anak setelah dilakukan pembiasaan komunikasi edukatif verbal anak usia dini yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat berbagai metode yang dilakukan pendidik dalam membentuk akhlak anak melalui komunikasi verbal edukatif antara lain, mengajari anak cara berkomunikasi yang baik, memberikan pengertian baik dan buruk pada anak, menelaskan bagaimana cara bersikap terhadap sesama, mengaarkan aaran agama dengan cara pembiasaan pada anak, sehngga anak tertib dan patuh terhadap aturan dan dapat menunukkan rasa pecaya diri serta kemandirian.  Komunikasi verbal edukatif bisa digunakan oleh guru dalam segala situasi serta terbentuknya akhlakul karimah anak dapat ditandai dengan tercapainya indikator yang telah ditetapkan lembaga pendidkan.


Keywords


anak usia dini; komunikasi verbal edukatif; pembiasaan komunikasi edukatif

References


Adi Putra, R. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Anak Di Desa Lubuk Ladung Kecamatan Kedurang Ilir Kabupaten Bengkulu Selatan. IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5483

Ambarsari, E., Syukri, M., & Miranda, D. (2014). Peningkatan kemandirian anak melalui metode pembiasaan usia 4- 5 tahun di taman kanak kanak mujahidin i. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(9), 1–13. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6189

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926

Dahl, A., & Killen, M. (2018). A developmental perspective on the origins of morality in infancy and early childhood. Frontiers in Psychology, 9(SEP), 1–6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.01736

Diyah Ningrum, C., & Suradji, M. (2021). Internalissi Nilai-nilai Akhlakul Karimah dalam Meningkatkan Spiritual Siswa. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(1), 74-89. https://doi.org/10.52166/talim.v4i1.2388

Faber, J., & King, J. (2020). Seni Berbicara Pada Anak Panduan Mendidik Tanpa “Ngegas.” Bhuana Ilmu Populer.

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Hanifah Salsabila, U., Azam Jaisyurohman, R., Tedi Wardani, M., Anderson Yuniarto, A., & Budi Yanti, N. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Memebentuk Pribadi Akhlakul Karimah. Bintang, 2(3), 370-385 2(3). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/987

Hurlock, & Elizabeth. (1988). Perkembangan Anak Jilid I. Erlangga.

Kamaludin, A. (2020). Keteladanan Guru Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Karimah Siswa (Penelitian di Madrasah Aliyah Se-KKM MAN 3 Cianjur). Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 34–43. https://jurnal.staip.ac.id/index.php/hasanah/article/view/9

Mumtahanah, & Warif, M. (2021). Strategi Guru dalam PembinaanAkhlakul Karimah Siswa Madrasah Aliyah Al-Wasi Bontoa Kabupaten Maros. IQRA: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/5802.https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/5802.

Nisa, H. (2016). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum, 10(1), 49–63. https://doi.org/10.30762/universum.v10i1.223

Nugroho Warasto, H. (2018). Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy, Cengkareng). 2(1). https://jurnalmandiri.com/index.php/mandiri/article/view/32

Nurhasan. (2018). Pola Kerjasama Sekolah Dan Keluarga dalam Pembinaan Akhlak. 3(1).

Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715

Pemerintah Republik Indonesia. (2014). Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 Tentang standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. 1–31.

Prawitha Sari, D. (2014). Mengembangkan Kemampuan Self Regulation: Ranah Kognitif, Motivasi Dan Metakognisi. 3(2).

Kurniati, P. Y. (2016). Modul Komunikasi Verbal dan Non Verbal.

Rahmanatasri, D., & Amal, A. (2021). Peran komunikasi verbal dalam penanaman akhlak anak usia dini di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Tematik, 7(2), 1–16. http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/212

Retno Dwiyanti. (2013). Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Anak (Kajian Teori Kohlberg). Prosiding Seminar Nasional Parenting, 161–169. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3983

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374

Rizqina, A. L., & Suratman, B. (2020). Peran Pendidik Dalam Menanamkan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 18–29. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/760/665

Sugianto, H., & Djamaluddin, M. (2021). Pembinaan Akhlak Al-karimah Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Probolinggo, Jawa timur. 4(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (23rd ed.). Alfabeta.

Suryana, D. (2022). Peranan Keluarga dalam Pembinaan Akhlak Anak Usia Prasekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6550–6559. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.1613

Suseno Putri, A., H Mansyur, M., & Ulya, N. (2022). Peran guru Akidah Akhlak Dalam Membangun Peserta Didik yang Berakhlakul Karimah di Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(16), 83-92. https://doi.org/10.5281/zenodo.70589228https://doi.org/10.5281/zenodo.70589228

Tandry, N. (2017). Happy Parenting Without Spanking or Yelling. Bhuana Ilmu Populer.

Tri Utomo, S., & Sa’i, A. (2017). Internalisasi Nilai-nilai Akhlaqul Karimah Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlaq di Madrasan Ibtidaiyah kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. Jurnal Penelitian, 11(1). https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jurnalPenelitian/article/view/2170

Wandi, Z. N., & Mayar, F. (2019). Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 363. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.347

Yoga, M. (2021). Seni bernegoisasi Dengan Anak. Bhuana Ilmu Populer.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.