Implementasi Model Pendidikan Karakter Berbasis Tumpe pada Anak Usia Dini

Authors

  • Karmila P. Lamadang Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Mamat Supriatna Bimbingan Konseling, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Sapriya Sapriya Pendidikan Kewarganegaraan, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Nana Supriatna Pendidikan Sejarah, Universitas Pendidikan Indonesia,

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.2258

Keywords:

implementasi pendidikan karakter, karakter berbasis tumpe, pendidikan anak usia dini.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat hasil implementasi pendidikan karakter berbasis Tumpe, yang merupakan sebuah model pendidikan karakter yang dikembangkan dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya yang terdapat pada masyarakat kerajaan Banggai. penelitian ini dilaksanakan di Pendidikan  Anak Usia Dini Islam Terpadu (PAUD-IT) Madani, dengan melibatkan kelas B dengan rentan usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian yakni kualitatif yakni dengan pengamatan dan wawancara baik kepada peserta didik maupun kepada guru. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model pendidikan karakter berbasis tumpe cukup berhasil. Hal ini disebabkan model pendidikan karakter ini sejalan dengan kurikulum yang diterapkan disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizon, R., Ratnawulan, R., & Fauzi, A. (2012). Peningkatan perilaku berkarakter dan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada mata pelajaran IPA-fisika menggunakan model problem based instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/598

al-Ghazali. (2011). Ihya’ ’Ulumuddin 3 : Akhlak Keseharian.

Allport, G. W. (1937). Personality: A psychological interpretation.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi instruksional: prinsip-teknik-prosedur Bandung: Remaja Rosdakarya. Remaja Rosdakarya.

Azzet, A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia: revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Penerbit dan distributor, Ar-Ruzz Media.

Bandura, Albert. (1971). Social Learning Theory,.

Budu, S., Laali, S. A., & Lamadang, K. P. (2023). Penanaman nilai agama dan moral melalui metode demonstrasi pada kelompok a di TK. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 461–466. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4872

Elisah, T., Amri, S., & Jauhari, A. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Elmubarok, Z. (2009). Menumbuhkan pendidikan nilai.

ES, W. N. (2016). Identifikasi Karakteristik Konselor Efektif Berdasarkan Tokoh Punakawan Bagong. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 58–65. https://doi.org/10.29210/14400

Khusniati, M. (2014). Model pembelajaran sains berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan karakter konservasi. Indonesian Journal of Conservation, 3(1). https://doi.org/10.15294/ijc.v3i1.3091

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, jilid 1, edisi milenium. Jakarta: Prehallindo.

Lamadang, K. P. (2020). Strategi bisa membaca tanpa diajar.

Lamadang, K., & Supriatna, M. (2022). Value of Education in Malabot Tumpe in Batui Indigenous People of Banggai Regency. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220402.003

Miles, M., Huberman, A., & Saldaña, J. (n.d.). Qualitative data analysis. A methods sourcebook (rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Narni. (2015). Modeling.

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Pappers dan Roggers. (2004). kepercayaan.

Samani, D. R. M. (2019). Konsep dan model pendidikan karakter.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan .

Sulistyowati, E. (2012). Implementasi kurikulum pendidikan karakter. Yogyakarta: Citra Aji Parama, 12.

Sutanto, O., & Nurrachman, N. (2018). Makna kewirausahaan pada etnis Jawa, Minang, dan Tionghoa: Sebuah studi representasi sosial. Jurnal Psikologi Ulayat, 5(1), 86–108.

Sutarna, N., Acesta, A., Cahyati, N., Giwangsa, S. F., Iskandar, D., & Harmawati, H. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap siswa usia 5-8 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 288–297. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1265

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

Lamadang, K. P., Supriatna, M., Sapriya, S., & Supriatna, N. (2023). Implementasi Model Pendidikan Karakter Berbasis Tumpe pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 8072–8080. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.2258

Issue

Section

Articles