
Author
Misselina Madya Gerda(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Indonesia(3)

Published : 2022-03-11
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 7756 times
PDF Downloaded: 2372 times
Abstract
Kasus kekerasan seksual pada anak yang terjadi di Indonesia terus mengalami peningkatkan, hal ini menyadarkan banyak elemen masyarakat yang tergerak untuk mengembalikan fungsi pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan pengembangan media aplikasi game edukasi Sex Kids Education berbasis android pada pengetahuan pendidikan seks anak usia dini. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak berusia 5-6 tahun di TK Marsudisiwi Surakarta, TK NDM Sondakan Surakarta, TK Aisyiyah Boyolali, Ahli media, Materi, Informatika dan Guru. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan aplikasi game edukasi Sex Kids Education dapat meningkatkan pengetahuan pendidikan seks anak usia dini. Anak mampu mengidentifikasi anggota keluarga, anak mampu memahami nama bagian tubuh, cara dan manfaat dari melindungi diri, cara merawat bagian tubuh, memahami perbedaan ciri jenis kelamin, anak mengetahui bagian tubuh yang boleh dilihat dan tidak boleh dilihat.
Keywords
References
AH Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Dipantara., Kaukaban.
Aldoobie, N. (2015). ADDIE Model. Center for Promoting Ideas, USA www.aijcrnet.com. American International Journal of Contemporary Research Vol. 5, No. 6
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Urgensi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 71. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5451
AmericanAcademyofPediatrics. (2016). American Academy of Pediatrics screen time recommendations. Pediatrics, 107, 423-426.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Behnamnia, N., Kamsin, A., Ismail, M. A. B., & Hayati, A. (2018). The main components of creativity in educational game: A case study. In Lecture Notes of the Institute for Computer Sciences, Social-Informatics and Telecommunications Engineering, LNICST (Vol. 200, Issue 2012). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95450-9_25
Behnamnia, N., Kamsin, A., Ismail, M. A. B., & Hayati, A. (2020). The effective components of creativity in digital game-based learning among young children: A case study. Children and Youth Services Review, 116(June), 105227. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105227
December 2015. (Print), 2162-142X (Online) ©, 5.
Diefenthaler, A., Moorhead, L., Speicher, S., Bear, C., & Cerminaro, D. (2018). Thinking and Acting Like a Designer: How design thinking supports innovation in K-12 education. Wise & Ideo. Retrieved, 6(3).
Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(1).
https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.458
Hadders-Algra, M. (2020). Interactive media use and early childhood development. Jornal de Pediatria, 96(3), 273-275. https://doi.org/10.1016/j.jped.2019.05.001
Hapsari, R. A., & Hafidah, R. (2021). Perbandingan Pemahaman Seks Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau dari Penerapan Pendidikan Seks. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2078-2084. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1363
Irsyad, M. (2019). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 73. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374
Kartikasari, Meivi and Alfianti Oktavia, Chaulina and Maulidi, R. (2018). efektivitas game edukasi meiviah.pdf (pp. 44-49.).
Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2020). Angka Kekerasan Terhadap Anak Tinggi Di Masa Pandemi, Kemen PPPA Sosialisasikan Protokol Perlindungan Anak. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/Read/29/2738/Angka-Kekerasan-Terhadap-Anak-Tinggi-Di-Masa-Pandemi-Kemen-Pppa-Sosialisasikan-Protokol-Perlindungan-Anak# .
Mukti, A. (2018). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Perspektif Islam. Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 12(2). https://doi.org/10.15408/harkat.v12i2.7562
Padillah, R. (2018). Jurnal BAJET ( Baturaja Journal of Educational Technology Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sex Education Berbasis Android untuk Anak Usia Dini. 2(2), 129-134.
Rahmi, M. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Online Pada Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(1), 9-15.
https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41841
Rimawati, E., & Nugraheni, S. (2019). Metode pendidikan seks usia dini di Indonesia. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 13(1), 20-27. https://doi.org/10.24893/jkma.v13i1.388
Solehati, T., Septiani, R. F., Muliani, R., Nurhasanah, S. A., Afriani, S. N., Nuraini, S., Fauziah, S., Pratiwi, S. D., Alam, S. P., Hermayanti, Y., Kosasih, C. E., & Mediani, H. S. (2022). Intervensi Bagi Orang Tua dalam Mencegah Kekerasan Seksual Anak di Indonesia: Scoping Review. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2201-2214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1914
Sulaiman, A. (2018). Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif. Pendidikan Inklusif, September, 59.
Tampubolon, G. N., Nurani, Y., & Meilani, S. M. (2019). Pengembangan Buku Pendidikan Seksual Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 527. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.243
Unicef. (2021). Menuju respons dan pemulihan COVID-19 yang berfokus pada anak. Unicef.Org, 1-16.
WHO. (2018). International technical guidance on sexuality education. In United Nations Educational Scientific and Cultural Organization SDGs.
Refbacks
- There are currently no refbacks.