Meningkatkan Minat Siswa SD pada Pertanian melalui Pendidikan Lingkungan

Author


Yohanes Kamakaula(1Mail),
Agribisnis, Universitas Papua, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 249KB]

Published : 2025-01-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 18 times PDF Downloaded: 5 times

Abstract


Penelitian ini mengkaji peran pendidikan lingkungan dalam meningkatkan minat siswa sekolah dasar terhadap bidang pertanian. Metode yang digunakan adalah studi literatur yang menganalisis informasi dari berbagai sumber ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan partisipatif dan berbasis pengalaman nyata, seperti bercocok tanam di sekolah dan kunjungan ke lahan pertanian, efektif meningkatkan ketertarikan siswa; keberhasilan program dipengaruhi oleh kualitas kurikulum, keterampilan guru, dan dukungan infrastruktur; serta terbatasnya fasilitas dan pelatihan bagi guru menjadi kendala utama. Oleh karena itu, diperlukan kurikulum yang inklusif serta dukungan sumber daya untuk meningkatkan efektivitas pendidikan lingkungan berbasis pertanian.


Keywords


pendidikan lingkungan; minat pertanian; sekolah dasar

References


Agustina, D. A. (2017). Model Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kewirausahaan Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Bangun Rekaprima, 3(2), 43. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i2.866

Attamimi, I. F., Kamaliyah, M., Nurjanah, S., & Dewinggih, T. (2021). Meningkatkan Minat Belajar dengan Metode Fun Learning pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kumbung. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(XXXVI), 83–94.

Elmunsyah, H., Hidayat, W. N., & Asfani, K. (2019). Interactive learning media innovation: utilization of augmented reality and pop-up book to improve user’s learning autonomy. Journal of Physics: Conference Series, 1193, 012031. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1193/1/012031

Fauziddin, M., & Ningrum, M. A. (2024). Symantic Literature Review : Manfaat Artificial Intelligence ( AI ) pada Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1475–1488. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6236

Haryati, N., Laili, F., Mutisari, R., & Aprilia, A. (2024). Peningkatan Kesadaran Dan Partisipasi Siswa Sekolah Dasar Terhadap Lingkungan Sehat Dengan Pelatihan Pembibitan Berbasis Media Rockwool. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(1), 1162. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i1.20585

Hidayat, N., Tanod, M. J., & Prayogi, F. (2022). Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4910–4918. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2688

Irwansyah, I., Hakim, S., Fridayanti, D., & ... (2024). Edukasi Teknologi Pertanian Berwawasan Sustainable Agriculture Pada Siswa Sekolah Dasar Sukma Bangsa Lhokseumawe. Journal of Community Empowerment, 3(1), 45–51. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jce/article/view/24623

Isnain, V. R., & Rahim, H. (2024). Edukasi eksperimen interaktif fenomena alam siswa Sekolah Dasar Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 5(2), 91–95.

Kusuma, A. I. (2017). Strategi manajemen sekolah dasar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 77. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9590

Martauli, E. D., Karo, S. B., & Eduard, E. (2023). Menyiapkan Generasi Alpha Peduli Pertanian di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 027089 Kota Binjai. ABDI PARAHITA, 2(1), 19–27.

Maulana, F. B., Madani, M. U., Azis, R. R., Fridman, D. D., Lestari, L., Sinaga, E. B. P., Mufidah, S. S., & Aulia, T. (2024). Implementasi ‘Petualangan Tani Kecil’ pada Siswa Sekolah Dasar untuk Keberlanjutan Pertanian di Masa Depan. Prima Abdika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 73–81. https://doi.org/10.37478/abdika.v4i1.3677

Mukti, P., Sujoko, S., A, P. S., & Yuniati, R. (2020). Pembelajaran Ramah Anak Berbasis Multiple Intelligence. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 2(2), 99. https://doi.org/10.30872/plakat.v2i2.4968

Rachman, B., Pranoto, Y. K. S., & Formen, A. (2022). Faktor Minat Laki-Laki Memilih Profesi Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4735–4744. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2701

Saputro, W. A., & Saputro, F. E. N. (2020). Program Agroschooling pada Siswa Sekolah Dasar SD 01 Manang untuk Meningkatkan Minat terhadap Bidang Pertanian. Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 68. https://doi.org/10.30659/ijocs.2.1.68-79

Setiowati, Y., Muhtadin, S., Adiyanti, P., Salsabila, Z., Aljabar, M. F., Safruli, D., Firdaus, M. R., Purba, I. S., & Zulfah, P. (2024). Sosialisasi Pengenalan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Budidaya Sayuran, dan Implementasi Teknologi Pertanian pada Siswa Sekolah Dasar 028 Long Kali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(7), 2868–2872.

Sujiono, Y. N. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Macanan Jaya Cemerlang.

Sukmana, H. (2020). Pengembangan Media Edukasi Boneka Tangan Sebagai Stimulasi Moral Pada Anak Usia Dini. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(1), 9–18.

Wahyuningsih, T., & Ulfah, M. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Kepribadian Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMKN Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(7), 1–12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.