
Author
M. Agung Hidayatulloh(1

Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Salatiga, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Salatiga, Indonesia(2)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Salatiga, Indonesia(3)

Published : 2025-02-03
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 14 times
PDF Downloaded: 3 times
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isu terbaru pendidikan yakni implementasi pendekatan pembelajaran aktif yang dipopulerkan oleh Tanoto Foundation yang dikenal dengan istilah MIKIR. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran MIKIR di satuan PAUD dan pendidikan dasar di sekitar Jawa Tengah; dan mengetahui aspek HOTS yang dicapai saat menerapkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan MIKIR. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pengambilan datanya melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran MIKIR dengan siswa aktif mengalami, berinteraksi, komunikasi dan refleksi dapat menstimulasi kemampuan berpikir tingkat tinggi HOTS. Aspek HOTS yang terstimulasi pada siswa meliputi kemampuan mengevaluasi, menganalisis, dan mencipta. Hasil kajian berimplikasi pada penyesuaian rencana pembelajaran, penentuan metode dan media pembelajaran, pemenuhan sarana prasarana, dan evaluasi pembelajaran secara komprehensif, termasuk pemilihan teknik dan instrumen penilaian. Implikasi lain yakni pendekatan MIKIR tidak hanya dapat diterapkan di prasekolah ataupun pendidikan dasar, namun bisa diaplikasikan di setiap jenjang pendidikan. Pendekatan tersebut juga adaptif terhadap dinamika kurikulum di Indonesia.
Keywords
References
Adelia, M., Armila, D., Hasibuan, A. T., Juwita, A., & Dita, R. (2022). Penerapan pendekatan mikir dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD pada pelajaran PKn di kelas tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8732–8737.
Agustina, A., Sugilar, S., & Ramdhani, S. (2024). Pengaruh pembelajaran MIKiR terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan keaktifan belajar peserta didik. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 13(1), 10–19. https://doi.org/10.33373/pyth.v13i1.5514
B Miles, M., A. Huberman, M., & Saldaña, J. (2013). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. In Zeitschrift fur Personalforschung (Vol. 28).
Jateng, P. P. (2023). Konsep MIKIR Tanoto Foundation, Jadikan Guru Lebih Inspiratif.
Lubis, I. K. (2020). Ampuhnya Pendekatan Belajar Aktif dengan Unsur Mikir. https://www.suaramerdeka.com/news/baca/213787/ampuhnya-pendekatan-belajar-aktif-dengan-unsur-mikir
Maryanti, I., ’Afifah, N., Nasution, I. S., & Wahyuni, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Pembelajaran Mengalami Interaksi Komunikasi dan Refleksi (MIKIR). Jurnal Basicedu, 5(6), 6385–6400. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1814
Masran, M. N., & Esha, A. Z. (2018). Application of Higher Order Thinking Skills (Hots) in Teaching and Learning Process in Islamic Education. Advanced Science Letters, 24(7), 5326–5329. https://doi.org/10.1166/asl.2018.11727
Monica, M. A., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 PAUD di Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(2), 643–653. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.781
Muhammad, F., & Rusilowati, A. (2020). Penerapan Pendekatan MIKiR Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Kreativitas Siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 158–163. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/41922
Oktarina, A., Naimah, & Heldanita. (2021). Keaktifan Belajar Mahasiswa melalui Konsep MIKiR pada Mata Kuliah Disain Pembelajaran PAUD di Era Pandemi Covid-19. Kindergarten : Journal of Islamic Early, 4(2), 131–144. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12890
Priyanto, M. A. (2021). Konsep Mikir Tanoto Foundation Bikin Belajar Lebih Asyik.
Pujiasih, E. (2020). Membangun generasi emas dengan variasi pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48.
Rahayu, D., Narimo, S., Fathoni, A., Rahmawati, L. E., & Widiyasari, C. (2020). Pembentukan Karakter Siswa Berorientasi Higher Order Thinking Skils (HOTS) di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 109. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4071
Simalango, H. (2019). Menjadi Guru Inspiratif dengan Konsep MIKIR Tanoto Foundation.
Ulum, N. (2020). Konsep kecerdasan majemuk perspektif Howard Gardner dan penerapannya dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.