Pembelajaran Berbasis Projek untuk Penguatan Karakter Disiplin, Kerja Sama, dan Peduli Lingkungan pada Anak di Lembaga PAUD

Author


Ahmad Nabil Hikam Ali(1Mail), Eny Kusdarini(2), M. Ali Latif(3),
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Makassar, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 604KB]

Published : 2024-11-29

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 13 times PDF Downloaded: 2 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pembelajaran berbasis projek dalam penguatan karakter disiplin, kerja sama, dan peduli lingkungan pada anak usia dini di lembaga PAUD. Penelitian ini temasuk studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan model tiga langkah Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran projek dapat menguatkan  karakter disiplin, kerja sama dan peduli lingkungan pada diri anak di lembaga PAUD. Disiplin anak terimplementasikan  dari kebiasaan memungut sampah yang ditemukan setiap hari, kerja sama  terimplementasikan dari perilaku saling mendukung dan bergotong royang menciptakan lingkungan bersih, dan kepedulian lingkungan terimplementasikan dari kesediaan dan kegiatan untuk menciptakan lingkungan bebas dari sampah dan pemandangan kotor.


Keywords


Pembelajaran Projek, Penguatan Karakter; Lembaga PAUD

References


Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(3), 44–50. https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i3.3783

Aksela, M., & Haatainen, O. (2019). Project-based learning (PBL) in practise: Active teachers’views of its’ advantages and challenges. In Integrated Education for the Real World: 5th International STEM in Education Conference Post-Conference Proceedings. page 9–16.

Ali, A.M.H., (2024). Interpreneurship Skill Pengelola PKBM dalam Mewujudkan Lembaga Pendidikan Nonformal yang Efektif. Tesis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta

Allemand, M., & Hill, P. L. (2016). Gratitude From Early Adulthood to Old Age. Journal of Personality, 84(1), 21–35. https://doi.org/10.1111/jopy.12134

Anggraini, M. S. A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Budaya Sekolah di SDN Kotagede 3 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(3), 151–158. https://doi.otg/10.30738/trihayu.v3i3.1877

Ansyari dan Kasmir (2019). Pengaruh Motivasi Kerja McClelland, Kepemimpinan Transformasional, dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara pada Direktorat Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional. Jurnal SWOT, 8(2), 263-274. http://dx.doi.org/10.22441/swot.v8i2.6977

Aryani, N., & Rahayu, S. (2023). Kearifan Lokal dalam Pembelajaran PAUD untuk Memfasilitasi Profil Pelajar Pancasila. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 7(1), 50–60. http:/journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/

Ashfarina, I. N., Soedjarwo, & Wijayati, W, D. T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1356–1364. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.442

Farhana, G. dan Cholimah, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Peningkatan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 8(1), 137-148. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5370.

Fitri, R.A. dan Hadiyanto (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690-6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485

Hidalgo, D.R., & Ortega-Sánchez, D. (2022). Project based learning: A systematic literature review (2015-2022). Human Review. International Humanities Review/Revista Internacional de Humanidades, 14(6), 2-14. https://doi.org/10.37467/revhuman.v11.4181

Hilda Ainissyifa (2017). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 1-26. http://dx.doi.org/10.52434/jp.v8i1.68

Kane, G.C., Palmer, D., Phillips, A.N., Kiron, D., & Buckley, N. (2016). Aligning the organization for its digital future. MITSloan Management Review, 58(1) , 1–29.

Kristanti, Y.D., Subiki dan Handayani, R.D. (2016). Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembelajaran Fisika, Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 122– 128.

Mitsansw. (2014). Early childhood teachers’ mental models of the environment. Korean Journal of Early Childhood Education, 34(1), 113–133. https://doi.org/10.18023/kjece.2014.34.1.005

Motimona, P. D., & Maryatun, I. B. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran. Indonesian Journal of Teaching and Learning, 1(1), 97–108. https://doi.org/10.56855/intel.v1i1.114

Muchib, M. (2018). Penerapan Model PBL dengan Video untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25-33. http://dx.doi.org/10.3078/wiyata dharma.v6i1.3356

Nana Prasetyo. (2011). Membangun Karakter Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini.

Novitasari, A. (2019). Pemberian Reward and Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak pada Sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113

Pan, A.-J., Lai, C.-F., & Kuo, H.-C. (2023). Investigating the impact of a possibility-thinking integrated project-based learning history course on high school students’ creativity, learning motivation, and history knowledge. Thinking Skills and Creativity, 47(1). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101214

Permen Dikbudristek R.I. Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta.

Rahayu, E., & Hartono, H. (2016). Keefektifan Model PBL dan PjBL Ditinjau dari Prestasi, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.21831/pg.v11i1.9629

Ramadhanti, M., Sumantri, M. S., & Edwita. (2019). Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time). Jurnal Educate, 4(1), 9–17. https://doi.org/10.32832/educate.v4i1.1682

Rasmani, U. E .E., et al. (2023). Manajemen Pembelajaran Proyek pada Implementasi Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3159–3168. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.265

Rizal, M., Najmuddin, Iqbal, M., & Zahriyanti. (2022). Kompetensi Guru PAUD dalam Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Penggerak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 6924–6939. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3415

Sujana, A., & Wijaya, R. (2022). Strategi Penanaman Karakter Disiplin melalui Penegakan Tata Tertib dan Pembelajaran PPKn di SMKN 5 Surabaya. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 11(1), 145-159. https://doi.org/10.26740/kmkn.v11n1.p145-159

Sukamto, A. (2022). Systematic Literature Review: Tren Penggunaan Teknologi dalam Penerapan Project Based Learning pada Pembelajaran Matematika.

Sunanda, R., Wardiah, D., & Pratama, A. (2023). Analisis Perubahan Dampak Pandemi Covid19 dalam Proses Mewujudkan Karakter pada Pelajar Pancasila. Journal on Education, 06(1), 4157–4168. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3339

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309

Widiastuti, S. et al (2024). Implementasi Nilai Karakter melalui Pembelajaran Projek untuk Anak Usia Dini pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 9(1) 85-109. https://doi.org/10.24832/jpnk.v9i1.4631

Widiyani, K. (2023). Implementasi Kebhinekaan Tunggal Ika dan Sila-Sila Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan West Science, 1(2), 150–158. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.223

Wihlenda, M., Brahm, T., & Habisch, A. (2023). Responsible management education: Social entrepreneurial competences of civically-engaged students. The International Journal of Management Education, 21(1), 1-12. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100756


Refbacks

  • There are currently no refbacks.