- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Manajemen Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Kemampuan Mengucapkan Terima Kasih Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6153Keywords:
sekolah ramah anak, disiplin positif, siswa TK, pendidikan anak usia diniAbstract
Anak TK yang belum terbiasa mengucapkan terima kasih masih banyak dijumpai. Tujuan penelitian adalah menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen sekolah ramah anak dalam meningkatkan kemampuan mengucapkan terima kasih anak di Taman Kanak-kanak. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumen model Miles dan Huberman. Subyek penelitian kepala sekolah, guru dan orang tua di wilayah TK Kecamatan Tuntang. Hasil penelitian bahwa implementasi sekolah ramah anak di TK Kecamatan Tuntang melalui lingkungan belajar inklusif, kurikulum berpusat pada anak, dan keterlibatan aktif orang tua berperan penting dalam meningkatkan kemampuan mengucapkan terima kasih anak TK. Peningkatan terlihat dari kemampuan anak dalam mengucapkan terima kasih ketika diberi pertolongan dan diberi sesuatu. Tantangan utama yang ditemukan adalah konsistensi penerapan di rumah dan sekolah yang tidak seimbang.
Downloads
References
Agustin, M. (2020). Tipikal Kendala Guru PAUD dalam Mengajar pada Masa Pandemi Covid 19 dan Implikasinya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1):334–345. http://dx.doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.598
Andangjati, M. W., Soesilo, T. D., & Yustinus Windrawanto. (2021). Hubungan Antara Interaksi Sosial Teman Sebaya dengan Penerimaan Sosial Anak Kelas XI. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2):167–173). http://dx.doi.org/10.30998/ocim.v2i2.8126
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Anak. Jurnal Pendidikan, 22(1):16–34. http://dx.doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021
Izza, H. (2020). Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini melalui Metode Proyek. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2):951-962 https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.483
Junanto, S., & Kusna, N. A. A. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). Inklusi, 5(2):179. https://doi.org/10.14421/ijds.050202
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1):958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741
Musyarofah, M. (2018). Pengembangan Aspek Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aba Iv Mangli Jember Tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1):99-111. https://doi.org/10.18326/inject.v2i1.99-122
Rachmi, T., & Urpiah, S. (2020). Penerapan Bermain Bebas Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun Di TK. Mekarjaya Kec. Sepatan Kab. Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1):22–29. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v12i1.2856
Rahmadianti, N. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Urgensi Bermain Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 4(1):57–64. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.717
Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1):75–86. http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75
Ramadhani, P. R., & Fauziah, P. Y. (2020). Hubungan Sebaya dan Permainan Tradisional pada Keterampilan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2):1011. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.502
Saputro, S. T., & Pardiman, P. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahaanak Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1):78–97. http://dx.doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923
Sukatin, Q. Y. H., Alivia, A. A., & Bella, R. (2020). Analisis Psikologi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2):156–171. http://dx.doi.org/10.22373/bunayya.v6i2.7311
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2):543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287
Yanti, Y., & Marimin. (2017). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Kedisiplinan Anak. Economic Education Analysis Journal, 6(2):329–338. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/issue/view/1125
Yuniarni, D. (2016). Peran Paud Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 8(1):1–13. http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zulfiana Zulfiana, Widya Kusumaningsih, Rosalina Ginting

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: