Pengaruh Metode Bercerita terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Sosial dan Finansial Anak Usia Dini

Author


Dzikra Fadillah Alfarizka(1Mail), Evi Selva Nirwana(2),
Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, Indonesia(1)
Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 414KB]

Published : 2024-05-21

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 264 times PDF Downloaded: 116 times

Abstract


Tujuannya adalah untuk menanamkan kepekaan sosial terhadap anak agar anak dapat bersosialisasi dengan baik terhadap teman sebaya, adik, dan orang yang lebih tua darinya selain itu juga diharapkan anak dapat menerapkan hidup hemat sejak dini dan dapat memilih antara kebutuhan dan keinginan anak. Adapun tujuan penelitian ini yaitu melihat apakah terdapat pengaruh metode bercerita yang di terapkan oleh guru terhadap perkembangan kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 orang anak yang di TK Aisyiyah VII Kota Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan tes penilaian, observasi dan dokumentasi. Analisa data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode bercerita terhadap kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini. Kemampuan literasi sosial dan finansial anak usia dini yang ditingkatkan dalam penelitian ini melalui buku cerita yaitu, tolong menolong, gotong royong, kerja sama, hidup hemat, suka berbagi, dan mengenal antara kebutuhan dan keinginan.


Keywords


Metode bercerita, Literasi sosial dan finansial, Anak usia dini

References


Anggarani, F. K., Setyowati, R., Satwika, P. A., & Andayani, T. R. (2022). Pengaruh Pendidikan Literasi Keuangan dengan Pendekatan Bermain Peran pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3836–3845. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1920

Anwar, S. (2011). Metode penelitian bisni. Selemba Empat.

Hasbi, M., Mumpuni, N. D., Mudarwan, Warsito, I. H., Wahyuni, M., & Sylvia, N. (2020). Modul 3: Metode/Kegiatan, Media dan Sumber Belajar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Coding di Satuan PAUD. In Direktorat pendidikan anak usia dini. Kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Kemenikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Finansial. In Gerakan Literasi Nasional. Kementerian pendidikan dan kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11633/1/cover-materi-pendukung-literasi-finansial-gabung.pdf

Moelichaton. (2018). Metode pengajaran di taman kanak-kanak (Departemen). Rineka Cipta.

Poulson. (2008). Taking Financial Literacy to The Next Level: Important Challenges and Promising Solutions. OECD - US Treasury International Conference on Financial Education. In OECD-US Treasury international conferece on financial education.

Resa Az-Zahra, H., Sarkadi, & Bachtiar, I. G. (2018). Kemampuan Literasi Sosial Dalam Jurnal Harian Siswa (Analisis Isi Pada Jurnal Harian Siswa Kelas VI SD Islam Al-Fauzien Kota Depok). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1–14.

Santana, F. D. T., & Zahro, I. F. (2020). Hubungan Pelibatan Keluarga Terhadap Kemampuan Pendidikan Sosial Finansial Anak Usia 5-6 Tahun. Generasi Emas, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5249

Sherraden, M. S., Johnson, L., Guo, B., & Elliott, W. (2011). Financial Capability in Children: Effects of Participation in a School-Based Financial Education and Savings Program. Journal of Family and Economic Issues, 32(3), 385–399. https://doi.org/10.1007/s10834-010-9220-5

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kualitatif. ALFABETA.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Świecka, B. (2019). A theoretical framework for financial literacy and financial education. In Financial Literacy and Financial Education: Theory and Survey (pp. 1–12). https://doi.org/10.1515/9783110636956-001

Tim pengembang pendidikan anak usia dini. (2019). Pengembangan model pembelajaran literasi sosial finansial untuk aud (B. P. D. D. BENGKULU (ed.)).

Wahyuni, S., & Reswita, R. (2020). Pemahaman Guru mengenai Pendidikan Sosial Finansial pada Anak Usia Dini menggunakan Media Loose Parts. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 962. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.493

Zakaria, & Marufatun. (2022). Penanaman pendidikan sosial finansial pada anak usia dini melalui aktivitas bermain peran. FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan Di Era Society 5.0, 307–315. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PSNIP/article/view/771/801


Refbacks

  • There are currently no refbacks.