- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Keefektivan Kebijakan E-Learning berbasis Sosial Media pada PAUD di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.535Keywords:
teknologi, pendidikan, internet, kebijakan, paudAbstract
Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah keefektivan rumusan kebijakan e-learning, keefektivan implementasi kebijakan e-learning, dan apa kendala-impelementasi e-learning di PAUD. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektivan rumusan kebijakan e-learning, keefektivan implementasi kebijakan e-learning, dan kendala implementasi e-learning di PAUD. Penelitian ini adalah penelitian kebijakan dengan metode kombinasi concurrent embedded strategy. Penelitian dilakukan di Provinsi Jawa Tengah pada 35 kabupaten/kota, April 2020, responden 1.899 orang dengan standard error 5%. Teknik pengumpulan data dengan angket, dokumen kebijakan, dan wawancara. Data kuantitatif diolah dengan Pivoting Program MS Excel. Data kualitatif diolah dengan software Nvivo 12+. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Pengujian kredibilitas dokumen dengan korelasi Pearson dan word frequency. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan kebijakan e-learning di PAUD sangat efektif, implementasi kebijakan e-learning di PAUD kurang efektif, dan terdapat tiga kendala implementasi e-learning di PAUD yaitu kendala pedagogi, teknologi, dan ekonomi.
Downloads
References
Allen, I. E. dan Seaman, J. 2013. Changing course: Ten years of tracking online education in the United States. ERIC. ISBN 0984028838.
Asiah, N. 2016. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui E-Learning di SMA Budaya Bandar Lampung. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 6, n. 1, p. 77-101. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v6i1.894.
Asilestari, P. 2016. Komputer Interaktif sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, n. 1, p. 55-62. http://dx.doi.org/10.22373/jm.v6i1.894.
Association, I. I. S. P. 2018. Penetrasi & Profil Perialku Pengguna Internet Indonesia.
Awaludin, A. 2016. Connecting the World: The Utilization of ICT for Rural Teacher Education in Indonesia. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 3, n. 2, p. 218-226. http://dx.doi.org/10.15408/tjems.v3i2.4983.
Buzzetto-More, N. A. 2007. Advanced principles of effective e-learning. Informing Science. ISSN 1932886028.
Coates, H. 2006. Student engagement in campus-based and online education: University connections. Routledge, ISBN 1134161530.
Fauzan, U. dan Pimada, L. H. 2018. ICT-Based Teaching of English at Madrasah Aliyah in Kalimantan. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 5, n. 2, p. 193-211. https://dx.doi.org/10.15408/tjems.v5i2.10414.
Harjanto, T. dan Sumunar, D. S. E. W. 2018. Tantangan Dan Peluang Pembelajaran Dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open For Knowledge Sharing) Pada Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 5, p. 24-28..
Huang, R., Spector, J. M., dan Yang, J. 2019. Educational Technology: A primer for the 21st centuary. Springer. ISBN 978-981-13-6643-7. https://doi.org/10.1007/978-981-13-6643-7.
Inoue, Y. 2007. Online education for lifelong learning. IGI Global. ISSN 1599043211.
Irma, C. N., Nisa, K. dan Sururiyah, S. K. 2019. Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, n. 1, p. 214-224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152.
Johnson, K. dan Manning, S. 2010. Online education for dummies. Canada: John Wiley & Sons Publishing. ISBN 0470536209.
Juwah, C. 2006. Interactions in online education: Implications for theory and practice. Routledge. ISBN 1134247494.
Kemendikbud. 2020a. Analisis Survey Cepat Pembelajaran Di Rumah Dalam Masa Pencegahan Covid 19, Https://Drive.Google.Com/Drive/Folders/1cbytwcueszrev_Aynxpiyy1jt8ncsgq1 Diakses 23 April 2020).
Kemendikbud. 2020b. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. 2020b.
Kemendikbud. 2020c. Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan.
Kemendikbud. 2020d. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).
Kemenag. 2020a. Surat Jendral Pendidikan Agama Islam Kemenag Direktur KSKKMadrasah No, B-686.1/Dj.I/Dt.I.I/Pp.00/03/2020 Tentang Mekanisme Pembelajaran dan Penilaian Madrasah dalam Masa Darurat Pencegahan Penyebaran Covid-19.
Kemenag. 2020b. https://Madrasah3.Kemenag.Go.Id/Elearning/ Diakses 20 April 2020.
Kemenag. 2020c. http://Emispendis.Kemenag.Go.Id/Dashboard/?Content=Data-Statistik diakses 20 April 2020.
KPAI-Komisi Perlindungan Anak Indonesia. 2020a. Sebab Siswa Semakin Termaginalkan Saat Belajar Di Rumah. https://www.kpai.go.id/berita/sebab-siswa-semakin-termarginalkan-saat-belajar-dari-rumah diakses 5 Mei 2020.
KPAI-Komisi Perlindaungan Anak Indonesia. 2020b. KPAI-FSGI: 53% Guru Berorientasi Kurikulum Saat Belajar dari Rumah. https://www.kpai.go.id/berita/sebab-siswa-semakin-termarginalkan-saat-belajar-dari-rumah diakses 5 Mei 2020.
Lynch, M. M. 2002. The online educator: A guide to creating the virtual classroom. Routledge. ISBN 1134542542.
Madjid, A. 2028. Analisis Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Samudera Biru.
Mashabi, S. 2020. "Survei Kemen PPPA: 58 Persen Responden Tak Senang Belajar dari Rumah". https://nasional.kompas.com/read/2020/04/11/13511231/survei-kemen-pppa-58-persen-responden-tak-senang-belajar-dari-rumah diakses 5 Mei 2020.
Novianti, R. dan Garzia, M. 2020. Penggunaan Gadget Pada Anak; Tantangan Baru Orang Tua Milenial. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, n. 2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.490,
Nugroho, R. 2017. Public Policy: Dinamika Kebijakan, Analisis Kebijakan, dan Manajemen Politik Kebijakan Publik. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Nugroho, R. 2014. Metode Penelitian Kebijakan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ISBN 9786022292470.
Palloff, R. M. dan Pratt, K. 2002. Lessons from the cyberspace classroom: The realities of online teaching. California: John Wiley & Sons Publishing. ISBN 0787959960.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I. dan Nugroho, E. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS).
Panjaitan, N. Q., Yetti, E. dan Nurani, Y. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, n. 2, p. 588-596. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404.
Pebriana, P. H. 2017. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, n. 1, p. 1-11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26.
Ramadhan. 2020. Ini Data Pengguna Internet di Seluruh Dunia Tahun 2020, https://teknoia.com/data-pengguna-internet-dunia-ac03abc7476 diakses 10 April 2020.
Rayes, A. dan Salam, S. Internet of things-from hype to reality: the road to digitization. Switzerland AG 2017: Springer Nature, 2019. ISBN 978-3-319-99516-8.
Roach, V. dan Lemasters, L. 2006. Satisfaction with online learning: A comparative descriptive study. Journal of Interactive Online Learning, 5, n. 3, p. 317-332.
Rohita, R. 2020. The Ability of Ece Teachers to Use ICT in The Industrial Revolution 4.0. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, n. 2, p. 502-511. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.339.
Rostaminezhad, M., Mozayani, N., Norozi, D., dan Iziy, M. (2013). Factors related to e-learner dropout: Case study of IUST elearning center. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 83, p. 522-527. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.100.
Sari, K. M. dan Setiawan, H. 2020. Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, N. 2, P. 900-912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478,
Setyaji, A., Iskak, A., Sukmaningrum, R. dan Hawa, F. 2015. Komputer Interaktif Sebagai Media Pengajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6, N. 1, P. 1-12. http://dx.doi.org/10.26877/e-dimas.v6i1.794.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D, dan Penelitian Evaluasi). Bandung: Penerbit Alfabeta. ISBN 9786022893110.
Suhartanto, H. 2010. Survei 2009: Mutu Situs E-Learning Sekolah Indonesia Masih Sangat Minim. Jurnal Sistem Informasi, 6, n. 1, p. 80-83. https://doi.org/10.21609/jsi.v6i1.280.
Sum, T. A. dan Taran, E. G. M. 2020. Kompetensi Pedagogik Guru Paud Dalam Perencanaan Dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4, N. 2. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287.
Swan, K. 2003. Learning Effectiveness Online: What The Research Tells Us. Elements Of Quality Online Education, Practice And Direction. 4, N. 1, P. 13-47.
Taufik, A., Apendi, T., Saidi, S. dan Istiarsono, Z. 2019. Parental Perspectives On The Excellence Of Computer Learning Media In Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13, N. 2, P. 356-370. https://doi.org/10.21009/JPUD.132.11.
Tilaar, H. dan Nugroho, R. 2009. Kebijakan Pendidikan: Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan Dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wang, Q., Zhu, Z., Chen, L., dan Yan, H. 2009. E‐learning in China. Campus-Wide Information Systems, 26, n.2. https://doi.org/10.1108/10650740910946783.
Winter, J., Cotton, D., Gavin, J., dan Yorke, J. D. 2010. Effective E-Learning? Multi-Tasking, Distractions And Boundary Management By Graduate Students In An Online Environment. Alt-J, 18, N. 1, P. 71-83. https://doi.org/10.1080/09687761003657598.
Yanuar. 2019. Survei Kepemilikan Smartphone, Indonesia Peringkat ke-24. https://Tekno.Tempo.Co/Read/1181645/Survei-Kepemilikan-Smartphone-Indonesia-Peringkat-Ke-24/Full&View=Ok Diakses 21 April 2020.
Zaini, M. dan Soenarto, S. 2019. Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital Di Kalangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, N. 1, P. 254-264. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.127.