
Author
Muhammad Akbar(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Published : 2023-05-09
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 388 times
PDF Downloaded: 232 times
Abstract
Keywords
References
Adi, B. S., sudaryanti, sudaryanti, & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375
Agusti, F. A., Zafirah, A., Engkizar, E., Anwar, F., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Implantation Of Character Values Toward Students Through Congkak Game For Mathematics Instructional Media. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 132–142. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.13947
Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Care and Education , 1(1), 18–25. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60
Bahri, S., Ramly, M., Gani, A., Sukmawati, S., Bahri, S., Ramly, M., Gani, A., & Sukmawati, S. (2021). Organizational Commitment and Civil Servants Performance: The Contribution of Intelligence, Local Wisdom and Organizational Culture. European Journal of Business and Management Research, 6(1), 128–134. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.1.720
Charles, M. A. G., Abdullah, M. R., Musa, R. M., Kosni, N. A., & Musawi Maliki, A. B. H. (2017). The Effectiveness of Traditional Games Intervention Program in the Improvement of Form One School-Age Children’s Motor Skills Related Performance Components. Journal of Physical Education and Sport, 6(2). https://doi.org/10.15282/mohe.v6i2.142
Eliza, D., & Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Implementasi Literasi Budaya Pada Anak Usi Dini, P. (2022). Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 5 Nomor 1, Februari 2022 Perencanaan Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Implementasi Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).9219
Fe, E. (2017). Buku Pintar Olahraga & Permainan Tradisional (Cet. 1). Jakarta: Laksana.
Iswantiningtyas, v., & wijaya, I. P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.181
Karwati, E. 2014. Pengembangan Pembelajaran Dengan Menekankan Budaya Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2861
Kovačević, T., & Opić, S. (2014). Contribution of Traditional Games to the Quality of Students’ Relations and Frequency of Students’ Socialization in Primary Education. Croatian Journal of Education : Hrvatski Časopis Za Odgoj i Obrazovanje, 16(Sp.Ed.1), 95–112.
Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional & perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak : (panduan praktis bagi guru TK/PAUD, SD, serta orangtua). Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan (Cet.1, Vol. 4). Prenadamedia Group. http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._pgtk/197706112001122
Lavega, P., Prat, Q., De Ocáriz, U. S., Serna, J., & Muñoz-Arroyave, V. (2018). Reflection-on-action learning through traditional games. The case of la pelota sentada (sitting ball) / Aprendizaje basado en la reflexión sobre la acción a través de los juegos tradicionales. El caso de la pelota sentada, 30(1), 142–176. https://doi.org/10.1080/11356405.2017.1421302
Madondo, F., & Tsikira, J. (2021). Traditional Children’s Games: Their Relevance on Skills Development among Rural Zimbabwean Children Age 3–8 Years. Journal of Research in Childhood Education, 36(3), 406–420. https://doi.org/10.1080/02568543.2021.1982084
Mega, G., Baitul, S., & Arif, M. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal Of Sport Science And Education (JOSSAE), 3(2), 55–59. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/3392
Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mulyadiprana, A., Ganda, N., & WS, R. (2017). Permainan Tradisional Kaulinan Barudak Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Diri Sendiri Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 181–189. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9358
Nasta’in, T., Nurkholis, M., Akbar, M., & Allsabah, H. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Minat Belajar Siswa se-Kecamatan Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p29-35
Petrovska, S., Sivevska, D., & Cackov, O. (2013). Role of the Game in the Development of Preschool Child. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92, 880–884. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.770
Rahmawati, D. (2016). Aku Pintar Dengan Bermain (Cet. 1). Metagraf
Rifki, A., & Putri, N. (2013). Efektivitas Permainan Tradisional Jawa Dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Suruh. Belia: Early Childhood Education Papers, 2 (1) . https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/2241
Rustan, E., & Munawir, A. (2020). Generasi Digital Natives Di Luwu Raya Dan Pengintegrasiannya The Existence Of Traditional Game Among Digital Natives Generation In Luwu Raya And Its Integration Into Learning. 5, 181–196. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1639
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Suwardi, S., & Rahmawati, S. (2019). Pengaruh Nilai-Nilai Kearifan Lokal Terhadap Pola Pengasuhan Anak Usia Dini (AUD). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(2), 87–92. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/347
Taroreh, B. S., & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan Cba Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.36764/JC.V4I1.348
Ursache, M. (2015). Tourism – Significant Driver Shaping a Destinations Heritage. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 188, 130–137. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.348
Widiarti, W., Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005
Yulia, B., Universitas, W., & Ponorogo, M. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1). https://doi.org/10.24269/jin.v2i1.437
Refbacks
- There are currently no refbacks.