Kontribusi Taman Kanak-Kanak dalam Pelestarian Permainan Tradisional di Lakudo Kabupaten Buton Tengah

Author


Muhammad Akbar(1Mail), Ali Formen(2), Mintarsih Arbarini(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Semarang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 622KB]

Published : 2023-05-09

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 388 times PDF Downloaded: 232 times

Abstract


Permainan tradisional adalah bagian penting dari masa kanak-kanak dan merupakan warisan nenek moyang yang harus dijaga dan dilestarikan agar tidak punah. Pelestarian permainan tradisional di dunia bermain anak sangatlah penting karena memberikan banyak manfaat untuk perkembangan anak. Oleh karena itu, guru sebagai bagian dari pendidikan, seharusnya mengenalkan anak pada permainan tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis permainan tradisional apa yang ada di Kecamatan Lakudo dan kontribusi taman kanak-kanak dalam pelestarian permainan tradisional di Kecamatan Lakudo Kabupaten Buton Tengah. Metode pendekatan kualitatif dengan desain penelitian fenomenologi digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa taman kanak-kanak di Kecamatan Lakudo memainkan peran penting dalam melestarikan permainan tradisional karena tempat bertemunya anak-anak untuk belajar sambil bermain dan sosialisasi. Penelitian ini juga menemukan beberapa permainan tradisional yang diperkenalkan oleh guru kepada anak-anak, seperti

Keywords


taman kanak-kanak; pelestarian permainan tradisional; anak usia dini

References


Adi, B. S., sudaryanti, sudaryanti, & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Agusti, F. A., Zafirah, A., Engkizar, E., Anwar, F., Arifin, Z., & Syafril, S. (2018). The Implantation Of Character Values Toward Students Through Congkak Game For Mathematics Instructional Media. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 132–142. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i2.13947

Anggraini, M. A., Karyanto, Y., & A.S, W. K. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Lompat Tali terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Early Childhood Care and Education , 1(1), 18–25. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i1.60

Bahri, S., Ramly, M., Gani, A., Sukmawati, S., Bahri, S., Ramly, M., Gani, A., & Sukmawati, S. (2021). Organizational Commitment and Civil Servants Performance: The Contribution of Intelligence, Local Wisdom and Organizational Culture. European Journal of Business and Management Research, 6(1), 128–134. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.1.720

Charles, M. A. G., Abdullah, M. R., Musa, R. M., Kosni, N. A., & Musawi Maliki, A. B. H. (2017). The Effectiveness of Traditional Games Intervention Program in the Improvement of Form One School-Age Children’s Motor Skills Related Performance Components. Journal of Physical Education and Sport, 6(2). https://doi.org/10.15282/mohe.v6i2.142

Eliza, D., & Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Implementasi Literasi Budaya Pada Anak Usi Dini, P. (2022). Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 5 Nomor 1, Februari 2022 Perencanaan Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Implementasi Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 41–50. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).9219

Fe, E. (2017). Buku Pintar Olahraga & Permainan Tradisional (Cet. 1). Jakarta: Laksana.

Iswantiningtyas, v., & wijaya, I. P. (2015). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor. Pinus: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.181

Karwati, E. 2014. Pengembangan Pembelajaran Dengan Menekankan Budaya Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2861

Kovačević, T., & Opić, S. (2014). Contribution of Traditional Games to the Quality of Students’ Relations and Frequency of Students’ Socialization in Primary Education. Croatian Journal of Education : Hrvatski Časopis Za Odgoj i Obrazovanje, 16(Sp.Ed.1), 95–112.

Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional & perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak : (panduan praktis bagi guru TK/PAUD, SD, serta orangtua). Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan (Cet.1, Vol. 4). Prenadamedia Group. http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._pgtk/197706112001122

Lavega, P., Prat, Q., De Ocáriz, U. S., Serna, J., & Muñoz-Arroyave, V. (2018). Reflection-on-action learning through traditional games. The case of la pelota sentada (sitting ball) / Aprendizaje basado en la reflexión sobre la acción a través de los juegos tradicionales. El caso de la pelota sentada, 30(1), 142–176. https://doi.org/10.1080/11356405.2017.1421302

Madondo, F., & Tsikira, J. (2021). Traditional Children’s Games: Their Relevance on Skills Development among Rural Zimbabwean Children Age 3–8 Years. Journal of Research in Childhood Education, 36(3), 406–420. https://doi.org/10.1080/02568543.2021.1982084

Mega, G., Baitul, S., & Arif, M. (2018). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal Of Sport Science And Education (JOSSAE), 3(2), 55–59. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/3392

Moleong, L. J. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mulyadiprana, A., Ganda, N., & WS, R. (2017). Permainan Tradisional Kaulinan Barudak Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengelola Emosi Diri Sendiri Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(2), 181–189. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i2.9358

Nasta’in, T., Nurkholis, M., Akbar, M., & Allsabah, H. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Gobag Sodor Terhadap Minat Belajar Siswa se-Kecamatan Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021. Indonesian Journal of Kinanthropology (IJOK), 1(1), 29–35. https://doi.org/10.26740/ijok.v1n1.p29-35

Petrovska, S., Sivevska, D., & Cackov, O. (2013). Role of the Game in the Development of Preschool Child. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92, 880–884. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.770

Rahmawati, D. (2016). Aku Pintar Dengan Bermain (Cet. 1). Metagraf

Rifki, A., & Putri, N. (2013). Efektivitas Permainan Tradisional Jawa Dalam Meningkatkan Penyesuaian Sosial Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Kecamatan Suruh. Belia: Early Childhood Education Papers, 2 (1) . https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/2241

Rustan, E., & Munawir, A. (2020). Generasi Digital Natives Di Luwu Raya Dan Pengintegrasiannya The Existence Of Traditional Game Among Digital Natives Generation In Luwu Raya And Its Integration Into Learning. 5, 181–196. https://doi.org/10.24832/jpnk.v5i2.1639

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suwardi, S., & Rahmawati, S. (2019). Pengaruh Nilai-Nilai Kearifan Lokal Terhadap Pola Pengasuhan Anak Usia Dini (AUD). Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 5(2), 87–92. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/view/347

Taroreh, B. S., & Satria, M. H. (2020). Implementasi Permainan Cba Pada Pembelajaran Atletik Sebagai Solusi Alternatif Melestarikan Permainan Tradisional Di Sumatera Selatan. Jurnal Curere, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.36764/JC.V4I1.348

Ursache, M. (2015). Tourism – Significant Driver Shaping a Destinations Heritage. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 188, 130–137. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.348

Widiarti, W., Yetti, E., & Siregar, N. (2021). Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak melalui Modifikasi Seni Tradisional Burok. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1787–1798. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1005

Yulia, B., Universitas, W., & Ponorogo, M. (2017). Pelestarian Seni Budaya Dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal), 2(1). https://doi.org/10.24269/jin.v2i1.437


Refbacks

  • There are currently no refbacks.