Metode Penanaman Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini

Author


Devi Meilasari(1Mail), Ichsan Ichsan(2),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2024-09-05

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 384 times PDF Downloaded: 183 times

Abstract


Nilai-nilai agama dan moral harus ditanamkan pada anak sejak dini karena sangat penting untuk menunjang kehidupan anak menuju kedewasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai moral dan agama pada anak usia dini di RA Al-Barokah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sebagai alat pengumpulan data, penulis menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data, diawali dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa RA Al-Barokah menggunakan berbagai metode, termasuk pembiasaan, keteladanan, dan bernyanyi, untuk menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada anak-anak. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan generasi yang siap secara moral dan agama ketika dewasa kelak.


Keywords


nilai agama dan moral anak; anak usia dini; metode penanaman

References


Abdurrahman. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 101–107. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.698

Ahmad Qomaruddin. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufradat. Jurnal Tawadhu, 1(2), 272–290.

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Andi Prastowo, Suyadi, S. (2021). Pendidikan Islam Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Merdeka Belajar. Prenada Media.

Farida Agus Setiawati. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02, 41–48.

Fitriyah. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladanan Di Tk Al-Muhsin. Islamic EduKids, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1809

Hibana, S. A. K., & Sutrisno. (2015). Pengembangan Pendidikan Humanis Religius Di Madrasah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.5922

Kamtini, F. A. S. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

Khalifatul Ulya. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58

Mubarok, A. A. S. A. Al. (2020). Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam terhadap Anak di Pondok Pesantren. Al-TA’DIB Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 306. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1447

Mulianah Khaironi. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Nayyiroh, R. D. (2022). Implementasi Metode Keteladanan dalam Meningkatkan Moral Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5541

Novia Safitri, Cahniyo Wijaya Kuswanto, Y. A. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29–44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312

Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177

Ridwan, A. F. A. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.

Rika Widya, M. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 58–63. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/715

Sabi’ati, A. (2016). Membangun Karakter AUD dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral di RA Masyithoh Pabelan Kab. Semarang. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–14. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1223

Suhono, F. U. (2017). Keteladanan Orang Tua Dan Guru Dalam Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini (Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Kajian Kitab Tarbiyyah Al-Aulad Fi Al-Islam). Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 107. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.833

Sutrisno. (2011). Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Fadilatama.

Wardah Anggraini, S. S. (n.d.). Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.