
Author
Devi Meilasari(1

Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia(1)
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia(2)

Published : 2024-09-05
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 384 times
PDF Downloaded: 183 times
Abstract
Nilai-nilai agama dan moral harus ditanamkan pada anak sejak dini karena sangat penting untuk menunjang kehidupan anak menuju kedewasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai moral dan agama pada anak usia dini di RA Al-Barokah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sebagai alat pengumpulan data, penulis menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data, diawali dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa RA Al-Barokah menggunakan berbagai metode, termasuk pembiasaan, keteladanan, dan bernyanyi, untuk menanamkan nilai-nilai agama dan moral pada anak-anak. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan generasi yang siap secara moral dan agama ketika dewasa kelak.
Keywords
References
Abdurrahman. (2018). Upaya Meningkatkan Perkembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Keteladanan pada Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Keislaman, 14(2), 101–107. https://doi.org/10.20414/jpk.v14i2.698
Ahmad Qomaruddin. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufradat. Jurnal Tawadhu, 1(2), 272–290.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Andi Prastowo, Suyadi, S. (2021). Pendidikan Islam Unggul Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Merdeka Belajar. Prenada Media.
Farida Agus Setiawati. (2006). Pendidikan Moral Dan Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Paradigma: Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 02, 41–48.
Fitriyah. (2019). Implementasi Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Keteladanan Di Tk Al-Muhsin. Islamic EduKids, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.20414/iek.v1i1.1809
Hibana, S. A. K., & Sutrisno. (2015). Pengembangan Pendidikan Humanis Religius Di Madrasah. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 19–30. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.5922
Kamtini, F. A. S. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295
Khalifatul Ulya. (2020). Pelaksanaan Metode Pembiasaan di Pendidikan Anak Usia Dini Bina Generasi Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 49–60. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.58
Mubarok, A. A. S. A. Al. (2020). Metode Keteladanan dalam Pendidikan Islam terhadap Anak di Pondok Pesantren. Al-TA’DIB Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 306. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1447
Mulianah Khaironi. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35
Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363
Nayyiroh, R. D. (2022). Implementasi Metode Keteladanan dalam Meningkatkan Moral Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 69–76. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5541
Novia Safitri, Cahniyo Wijaya Kuswanto, Y. A. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29–44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312
Nurjanah, S. (2018). Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (Sttpa Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177
Ridwan, A. F. A. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81–95.
Rika Widya, M. (2019). Metode Penanaman Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Ummul Habibah Desa Kelambir V Kebun. Jurnal Abdi Ilmu, 12(2), 58–63. http://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/715
Sabi’ati, A. (2016). Membangun Karakter AUD dalam Pengembangan Nilai Agama dan Moral di RA Masyithoh Pabelan Kab. Semarang. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–14. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1223
Suhono, F. U. (2017). Keteladanan Orang Tua Dan Guru Dalam Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini (Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Kajian Kitab Tarbiyyah Al-Aulad Fi Al-Islam). Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 107. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.833
Sutrisno. (2011). Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Fadilatama.
Wardah Anggraini, S. S. (n.d.). Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.