- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331Keywords:
senam berbasis budaya khas kalimantan barat, multimedia interaktif, anak usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbentuk video senam animasi berbasis budaya khas Kalimantan Barat dalam pembelajaran di PAUD. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (four-D) yaitu define, design, develop, dan disseminate dapat diadaptasikan menjadi 4P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini guru-guru di PAUD Anggrek Kabupaten Kubu Raya. Dilakukan uji coba produk kepada para anak PAUD usia 4-5 tahun dan usia 5-6 tahun di PAUD Anggrek yang berjumlah 40 orang anak. Sumber data dalam penelitian ini juga melibatkan dosen-dosen prodi PG-PAUD FKIP UNTAN, Psikolog Perkembangan Anak untuk mendapatkan data validasi ahli media dan ahli materi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan multimedia interaktif berbentuk video senam animasi berbasis budaya khas Kalimantan Barat, dinilai sangat layak untuk digunakan dan dapat menarik minat anak untuk melakukan gerakan senam
Downloads
References
Apta, M. (2014). Konstruksi Tes Ketrampilan Bola Basket untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan, 1, 32-46.
Azwar,Saifuddin. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diartono. (2008). Modul Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Universitas Stikubank Semarang. Tesis Tidak Diterbitkan.
Galih Dwi Pradipta, Pamuji Sakoco. (2013). Model Senam Si Buyung Untuk Pembelajaran Motorik Kasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Keolahragaan. Volume 1 – Nomor 2. https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.2569.
Husdarta. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Afabeta.
Ibda, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.Retrieved Januari-Juni 2015, from Jurnal UIN Ar-raniry: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/
download/197/178.
Nisnayeni. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama Di Taman Kanak – Kanak Bina Ummat Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol 1, No . 1
Paiman. (2009). Olahraga dan Kebugaran Jasmani (Physical Fitness). Cakrawala Pendidikan, 3, 270-281.
Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Prenada Media Grup: Jakarta
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Bambang. (2011). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sujiono. B. 2010. Metode Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Depdikas: Jakarta
Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
Suyanto, M. (2003). Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi Offset: Yogyakarta.
Vaughan, Tay. (2004). Multimedia : Making It Work. Edisi ke-6. Tim Penerjemah ANDI. Yogyakarta: Tim Penerbit ANDI.
Yuliansih. (2015). Pengaruh Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Anak Usia 5 Tahun. http://eprints.ums.ac.id/37663/1/NASKAH %20PUSBLIKASI.pdf . Diakses pada pada 26 Maret 2018
Zulkifli. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Ditjen Olahraga Depdiknas.


