Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat

Authors

  • Desni Yuniarni Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Renny Puspita Sari Sistem Informasi, Universitas Tanjungpura, Indonesia
  • Ahmad Atiq Pendidikan Kesehatan, Jasmani dan Rekreasi, Universitas Tanjungpura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Keywords:

senam berbasis budaya khas kalimantan barat, multimedia interaktif, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan multimedia interaktif berbentuk video senam animasi berbasis budaya khas Kalimantan Barat dalam pembelajaran di PAUD. Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (four-D) yaitu define, design, develop, dan disseminate dapat diadaptasikan menjadi 4P yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek dalam penelitian ini guru-guru di PAUD Anggrek Kabupaten Kubu Raya. Dilakukan uji coba produk kepada para anak PAUD usia 4-5 tahun dan usia 5-6 tahun di PAUD Anggrek yang berjumlah 40 orang anak. Sumber data dalam penelitian ini juga melibatkan dosen-dosen prodi PG-PAUD FKIP UNTAN, Psikolog Perkembangan Anak untuk mendapatkan data validasi ahli media dan ahli materi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah perancangan multimedia interaktif berbentuk video senam animasi berbasis budaya khas Kalimantan Barat, dinilai sangat layak untuk digunakan dan dapat menarik minat anak untuk melakukan gerakan senam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apta, M. (2014). Konstruksi Tes Ketrampilan Bola Basket untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan, 1, 32-46.

Azwar,Saifuddin. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Diartono. (2008). Modul Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Universitas Stikubank Semarang. Tesis Tidak Diterbitkan.

Galih Dwi Pradipta, Pamuji Sakoco. (2013). Model Senam Si Buyung Untuk Pembelajaran Motorik Kasar Pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Keolahragaan. Volume 1 – Nomor 2. https://doi.org/10.21831/jk.v1i2.2569.

Husdarta. (2009). Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Afabeta.

Ibda, Fatimah. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget.Retrieved Januari-Juni 2015, from Jurnal UIN Ar-raniry: https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/

download/197/178.

Nisnayeni. (2012). Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama Di Taman Kanak – Kanak Bina Ummat Pesisir Selatan. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol 1, No . 1

Paiman. (2009). Olahraga dan Kebugaran Jasmani (Physical Fitness). Cakrawala Pendidikan, 3, 270-281.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Prenada Media Grup: Jakarta

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Bambang. (2011). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono. B. 2010. Metode Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Depdikas: Jakarta

Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Suyanto, M. (2003). Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi Offset: Yogyakarta.

Vaughan, Tay. (2004). Multimedia : Making It Work. Edisi ke-6. Tim Penerjemah ANDI. Yogyakarta: Tim Penerbit ANDI.

Yuliansih. (2015). Pengaruh Senam Irama Terhadap Kemampuan Motorik Anak Usia 5 Tahun. http://eprints.ums.ac.id/37663/1/NASKAH %20PUSBLIKASI.pdf . Diakses pada pada 26 Maret 2018

Zulkifli. (2002). Model Pengembangan Motorik Anak Prasekolah. Jakarta: Ditjen Olahraga Depdiknas.

Downloads

Published

28-11-2019

How to Cite

Yuniarni, D., Sari, R. P., & Atiq, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Video Senam Animasi Berbasis Budaya Khas Kalimantan Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 280–294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.331

Issue

Section

Articles