- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penanaman Karakter Anak Usia Dini melalui Lagu Anak-anak Daerah Lampung
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1659Keywords:
pendidikan karakter, budaya local, pendidikan anak usia diniAbstract
Saat ini sangat sedikit sekali anak-anak yang bisa menyanyikan lagu-lagu anak daerah Lampung.Anak-anak cenderung menyanyikan lagu-lagu yang sedang populer salah satunya lagu soundtrex film. Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karkater pada anak usia dini melalui lagu anak-anak daerah lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai Pendidikan karakter pada lagu anak-anak daerah lampung yang berjudul cinta Tuhan segenap ciptaannya, Kutak mainan, sanak santun, dan sanak teghtib, seperti: religius, disiplin, mandiri, tanggungjawab, sopan santun, hormat, jujur, dan bijaksana. Melalui lagu-lagu anak daerah anak mampu mengenal, mengetahui, dan mempunyai rasa cinta daerah serta tanah airDownloads
References
Alfianti, N. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Sentra (Beyond Center and Circle Time). JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(2), 339-360. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.121
Anwar, R. N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 155-163. https://doi.org/10.29300/alfitrah.v4i2.3883
Ardiansyah, W., & Amalia, D. R. (2017). Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Lagu Daerah Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 16(2), 48-52. https://doi.org/10.36054/jict-ikmi.v16i2.22
Ardipal, A. (2021). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pengembangan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Cahaya Hati Kabupaten Solok Selatan. Imaji, 18(2), 30037. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037
Ayuni, D., & Setiawati, F. A. (2019). "Kebun Buah" Learning Media for Early Childhood Counting Ability Despa. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1-9.
Basma, A. M. F., & Melga, B. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Mengenai Edukasi Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak Indonesia di Kota Bandung. E-Proceeding
Hasanah, U. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 35-53. https://doi.org/10.29313/ga.v2i1.3990
Indriana, U. A., Ismiyanti, Y., & Afandi, M. (2019). Analisis Nilai Karakter Ppk Pada Lagu Anak-Anak Dalam Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Tema 4 Kewajiban Dan Hak Serta Penerapannya Di Sdn Genuksari 02. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula, 2, 418-486.
Kusumawati, H. (2015). Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak-Anak. Imaji, 11(2), 283. https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3839
Laali, S. A. (2018). Pembentukan Karakter Anak Melalui Lagu Kokonua. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v1i2.250
Mahmudi, M., Listyarini, I., & Untari, M. F. A. (2020). Analisis Nilai Karakter dalam Lagu Anak Karya A.T. Mahmud. DWIJALOKA Jurnal Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(2). https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i2.589
Miles, M., & Huberman, M. (2005). No Qualitative Data Analysis (Terjemah). UI Press.
Muliati, B., & Sari, R. (2018). Menanamkan Karakter Bangsa Melalui Lagu-Lagu Patriotik Bagi Peserta Didik Tingkat Pendidikan Dasar. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 6(1), 1-11.
Mustopo, M. H. (1989). Manusia dan Budaya (Kumpulan essay Ilmu Budaya Dasar). Usaha Nasional.
Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289
Purnomo, A., Hartono, R., Hartatik, H., Riasti, B. K., & Hidayah, I. N. (2016). Pengembangan Aplikasi Info Lagu Nusantara Berbasis Android Untuk Melestarikan Warisan Budaya Indonesia. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 527. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.764
Purwanto, S. (2019). Penanaman Nilai Karakter pada Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Berbasis Musik dan Lagu Model. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4663
Putra, M. E. H., & Noordiana. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Lagu "Si Semut" Karya Pambuko di SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(11), 951-952.
Rantina, M., Hasmalena, H., & Yosef, Y. (2019). Pengembangan Lagu Berbasis Aplikasi Musescore dalam Pengembangan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.351
Restian, A., & Mukhlishina, I. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Lagu Anak-Anak Pada Pendidikan Karakter Buku Guru Kelas 1-6 Di Sd. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Kebudayaan (SENASGABUD), 1(71), 19-26. http://research-report.umm.ac.id/index.php/SENASGABUD/article/view/1696/1911
Rosmiati, A. (2014). Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(1), 71-82. https://doi.org/10.24821/resital.v15i1.801
Rukiyati Sugiyo, & L. Andriani Purwastuti. (2017). Local Wisdom-Based Character Education Model in Elementary School in Bantul Yogyakarta Indonesia. Sino-US English Teaching, 14(5), 130-142. https://doi.org/10.17265/1539-8072/2017.05.003
Seriadi, S. L. N. (2019). Pembentukan Karakter Unggul Dan Nasionalis Pada Anak Usia Dini Melalui Sekar Rare. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 31-38. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.709
Sholeh, T. A. (2018). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Lagu Islami Bella Tamara 1. Seminar Nasional Dan Call for Paper "Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 1, 193-196.
Tarmizi, M. (2017). Evaluasi Efektivitas Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Anak-Anak Evaluasi Afektivitas Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Lagu Anak-Anak Di Mis Al-Hidayah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(10).
Widjanarko, P. (2019). Penanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional Di Paud Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 95-101. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4873
Wijiasih, F. E., Fajriyah, K., & Sukamto. (2020). Penanaman Nilai Karakter Melalui Lagu Dolanan Anak dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri 01 Mejagong. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 1(1), 59-66.
Zulaikhah, S. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di Smpn 3 Bandar Lampung. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 83-93. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558