Kemampuan Cipta Lagu pada Guru Taman Kanak-Kanak se-Yogyakarta

Author


Rina Wulandari(1Mail), Muthmainnah Muthmainnah(2), Nur Hayati(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 247KB]

Published : 2021-09-30

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 543 times PDF Downloaded: 328 times

Abstract


Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kemampuan cipta lagu pada guru Taman Kanak-Kanak se-Yogyakarta. Masalah penelitian ini adalah belum optimalnya kemampuan guru dalam kemampuan cipta lagu. Populasi penelitian yaitu guru TK se-Yogyakarta dan sampel diambil sejumlah 97 guru. Penelitian dilakukan dari bulan Februari-Juli 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dalam format googleform. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian: kemampuan guru dalam cipta lagu masuk dalam kategori kurang. Hal ini dibuktikan dengan prosentase kemampuan guru dalam unsur irama dan ilmu bentuk musik (di bawah 56%). Faktor yang mempengaruhi kurangnya kemampuan guru dalam cipta lagu anak yaitu belum semua guru adalah lulusan S1 jurusan PAUD, muatan mata kuliah seni musik belum membahas tentang teknik mencipta lagu untuk anak. Saran: perlu adanya semacam pelatihan cipta lagu bagi guru yang bermuara pada lomba cipta lagu.

Keywords


cipta lagu; guru; taman kanak-kanak

References


Abdullah, H., Syahidin, S., & Abdussalam, A. (2016). Studi Deskrptif Profil Kurikulum Pendidikan Agama Islam Smp Salman Alfarisi Bandung. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 3(2), 132. https://doi.org/10.17509/t.v3i2.4516

Augustine, C., & Huey Yi, W. (2016). Music teaching readiness among non-specialised music teachers in government preschools. Malaysian Music Journal, 5(2), 54-69.

Handayani, O. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PAUD melalui PPG. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.522

Hasiana, I., & Wirastania, A. (2017). Pengaruh Musik dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Bilangan Siswa Kelompok A di TK Lintang Surabaya. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 131-138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23

Indah Susilowati, Himawan Arif Sutanto, R. D. (2013). Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 6(1), 80-92. https://doi.org/10.15294/jejak.v6i1.3750

Khoiruddin, K. (2017). Pengenalan Bahasa Arab melalui Nyanyian pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Terpadu Ihyaul Ulum Puncu Kediri Jatim. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.27

Kustiyam, H. (2017). Penerapan Metode Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Pada Anak Kelompok B Tk Candra Siwi Tama Kota Madiun. Jurnal Care.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196

Monica, A. (2020). Profil Guru Ideal dalam Perspektif Siswa Madrasah Aliyah. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(3), 344-360. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i3.168

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Gerak dan Lagu. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832-840. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.691

Riwayati Zein, S. (2018). Increasing Religious Value through Singing Methods to Students of Kindergarten. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 124-130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.16

Saodi, S., Musi, M. A., Manggau, A., & Noviani, N. (2021). Metode Storytelling dengan Musik Instrumental untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 163-172. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1196

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543-550. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Taja, N., Inten, D. N., & Hakim, A. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengajar Baca Tulis Al-Qur'an bagi Guru. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 68. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.135

Wulandari, R. (2021). Profil Lagu untuk Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70-81. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5952

Yeni, I. (2013). Kesulitan yang ditemui pendidik dalam pembelajaran musik melalui kegiatan menyanyi. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1), 1-8. https://doi.org /10.23887/jppundiksha.v46i1.1687


Refbacks

  • There are currently no refbacks.