Penerapan Literasi Sains Basis Kelas oleh Guru PAUD di Kota Surakarta

Author


Vera Sholeha(1Mail), Siti Wahyuningsih(2), Ruli Hafidah(3), Muhammad Munif Syamsuddin(4), Adriani Rahma Pudyaningtyas(5), Nurul Kusuma Dewi(6), Novita Eka Nurjanah(7),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(2)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(3)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(4)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(5)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(6)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia(7)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2021-11-25

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 601 times PDF Downloaded: 363 times

Abstract


Hasil PISA 2018 menunjukkan rata-rata skor sains negara-negara OECD adalah 489, namun Indonesia baru mencapai skor 396 (OECD, 2019) yang artinya masih berada di level bawah. Padahal sejak 2017 Indonesia sudah menggalakkan Gerakan Literasi Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan literasi sains pada PAUD di Kota Surakarta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru PAUD di Surakarta dan sampel dari penelitian ini adalah 64 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner respon guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Hasil persentase dari penelitian ini menunjukkan bahwa indikator literasi sains basis kelas mendapatkan hasil yang bervariasi. Adapun hambatan yang dialami oleh guru dalam penerapan literasi sains diantaranya adalah guru belum pernah mengikuti pelatihan tentang pengembangan pembelajaran literasi sains di PAUD, guru belum memahami bagaimana penerapan literasi sains, serta sarana dan prasarana sekolah yang belum memadai.


Keywords


science literacy; science learning; early childhood

References


Aditomo, A., & Faridz, N. F. (2019). Ketimpangan Mutu dan Akses Pendidikan di Indonesia: Potret Berdasarkan Survei PISA 2015. August. https://doi.org/10.31227/osf.io/k76g3

Angrainy, A., Fitria, H., & Fitiani, Y. (2020). Pengaruh Sarana Prasarana dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2), 154-159. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.15

Avikasari, A., Rukayah, R., & Indriayu, M. (2018). The Influence of Science Literacy-Based Teaching Material Towards Science Achievement. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(3), 182. https://doi.org/10.11591/ijere.v7i3.14033

Barenthien, J., Lindner, M. A., Ziegler, T., & Steffensky, M. (2020). Exploring preschool teachers' science-specific knowledge. Early Years, 40(3), 335-350. https://doi.org/10.1080/09575146.2018.1443321

Bosse, S., & Anderson, T. L. (1946). Science on the Air. The American Biology Teacher, 8(4), 86-87. https://doi.org/10.2307/4437688

Bybee, R. W. (2008). Scientific literacy, environmental issues, and PISA 2006: The 2008 paul F-Brandwein lecture. Journal of Science Education and Technology, 17(6), 566-585. https://doi.org/10.1007/s10956-008-9124-4

Citation, S. (2010). Exploring the Intersection of Science Education and 21st Century Skills. In Exploring the Intersection of Science Education and 21st Century Skills. https://doi.org/10.17226/12771

Garner-O'Neale, L., Maughan, J., & Ogunkola, B. (2013). Scientific Literacy of Undergraduate Chemistry Students in the University of the West Indies, Barbados: Individual and Joint Contributions of Age, Sex and Level of Study. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 2(10), 55-66. https://doi.org/10.5901/ajis.2013.v2n10p55

Gerde, H. K., Pierce, S. J., Lee, K., & Van Egeren, L. A. (2018). Early Childhood Educators' Self-Efficacy in Science, Math, and Literacy Instruction and Science Practice in the Classroom. Early Education and Development, 29(1), 70-90. https://doi.org/10.1080/10409289.2017.1360127

Husna Handayani, P., Handayani, P. H., Srinahyanti, & Marbun, S. (2019). Science for Early Childhood Education: Practicality of Science Teaching Materials Oriented Science Literation for Early Childhood. 208(ICSSIS 2018), 4-6. https://doi.org/10.2991/icssis-18.2019.60

Jackman, H. (2012). Early education curriculum: a child's connection to the world. Integra Softwere Service Pvd, Ltd.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Gerakan Literasi Nasional, 1-36.

Marwiyati, S., & Hidayatulloh, M. A. (2018). Peran "Cakruk Baca Bergerak" Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 61. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3236

Mayer, R. E. (2004). Should There Be a Three-Strikes Rule against Pure Discovery Learning? The Case for Guided Methods of Instruction. In American Psychologist (Vol. 59, Issue 1, pp. 14-19). https://doi.org/10.1037/0003-066X.59.1.14

Morrison, G. S. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). PT. Indeks.

Noor, F. M. (2020). Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik: Perspektif Calon Guru PIAUD. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 056. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7066

NSTA Position Statement : Early Childhood Science Education Introduction. (2012). Nrc, 1-5.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. https://doi.org/10.1787/19963777

Omaga, J. F., & Alieto, E. O. (2019). Teaching Literacy through Play: Perspective from Filipino Early Childhood Teachers. Online Submission, 31(3), 477-481.

Pereira, S., Rodrigues, M. J., & Vieira, R. M. (2020). Scientific literacy in the early years-practical work as a teaching and learning strategy. Early Child Development and Care, 190(1), 64-78. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1653553

Samsiah. (2018). Early Childhood Education Journal of Indonesia. Ijeces, 1(2), 1-8.

Şentürk, C., & Sari, H. (2018). Investigation of the contribution of differentiated instruction into science literacy. Qualitative Research in Education, 7(2), 197-237. https://doi.org/10.17583/qre.2018.3383

Sliogeris, M., & Almeida, S. C. (2019). Young Children's Development of Scientific Knowledge Through the Combination of Teacher-Guided Play and Child-Guided Play. Research in Science Education, 49(6), 1569-1593. https://doi.org/10.1007/s11165-017-9667-6

Syaodih, E., Kurniawati, L., Handayani, H., & Setiawan, D. (2021). Pelatihan Sains Kreatif pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1854-1859. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.771

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Zahro, I. F., Rissa, A. A., & Munggaraning, S. W. (2019). Strategi pembelajaran literasi sains untuk anak usia dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 121-130.
https://doi.org/10.33369/jip.4.2.121-130

ZR, Z., & Eliza, D. (2020). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567-1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896


Refbacks

  • There are currently no refbacks.