
Author
Putu Indah Lestari(1

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(2)

Published : 2021-04-14
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 730 times
PDF Downloaded: 687 times
Abstract
Pandemi Covid-19 telah membuat perubahan tatanan di segala aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran home-based learning dengan partisipasi orang tua anak usia prasekolah di masa normal baru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, dan studi dokumen. Hasil penelitian yaitu pelaksanaan home based-leaning rata-rata selama 2 jam dilakukan secara daring menggunakan perangkat digital. 81,5% orang tua memberikan kegiatan pembiasaan dalam pelaksanaan home-based learning. Peran ibu lebih mendominasi dalam proses home-based learning. Pelaksanaan home-based learning orang tua tidak hanya menjadi motivator tetapi sekaligus menjadi edukator, fasilitator, dan perpanjangan tangan pihak sekolah. Kendala selama proses home-based learning antara lain: keterbatasan waktu, teknologi, dan pendidikan orang tua. Kelancaran pembelajaran home-based learning memerlukan komunikasi dan kerja sama dari guru serta orang tua
Keywords
References
Amini, M. (2015). Profil Keterlibatan Orang Tua dalam pendidikan anak usia TK. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 9-20. http://journal.unj.ac.id/jurnalfip/index.php/visi/article/view/7/8
Bali, S. C.-19 P. (2020). Perkembangan Akumulatif Kasus Covid-19 di Provinsi Bali.
Bhamani, S., Makhdoom, A. Z., Bharuchi, V., Ali, N., Kaleem, S., & Ahmed, D. (2020). Home Learning in Times of COVID: Experiences of Parents. Journal of Education and Educational Development, 7(1), 9. https://doi.org/10.22555/joeed.v7i1.3260
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Diadha, R. (2015). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. Edusentris, 2(1), 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161
Hindin, A. (2010). Linking home and school: Teacher candiates' beliefs and experiences. The School Community Journal, 20(2), 73-90.
Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa, 8(2), 245. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No. 35952/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). 1-2. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
Khadijah, & Gusman, M. (2020). Pola Kerjasama Guru Dan Orang Tua Mengelola Bermain AUD Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2). https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871
Komalasari, Y. (2017). Pengembangan Karier Wanita (Sebuah Konsep Dalam Persepektif Gender). Group Wade.
Lee, S. J., Ward, K. P., Chang, O. D., & Downing, K. M. (2021). Parenting activities and the transition to home-based education during the COVID-19 pandemic. Children and Youth Services Review, 122(October 2020), 105585. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105585
Lestari, P. I., & Prima, E. (2020). Pelibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. November, 241-248.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD. PT. Remaja Rosda Karya.
Patmonodewo, S. (2000). Metode Lagu dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Prasekolah (pp. 18-32). Rineka Cipta bekerjasama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/9/jtptiain-gdl-s1-2005-sitifaidah-403-Bab2_310-4.pdf
Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini : 1(2), 62-72. https://media.neliti.com/media/publications/259930-partisipasi-orangtua-terhadap-pendidikan-89a4e534.pdf
Safitri, N., Setiawati, S., & Aini, W. (2018). Gambaran Penanaman Kemandirian pada Anak Usia Dini oleh Orang Tua dalam Keluarga. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 84. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9005
Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19, "Dirumah Saja." Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 476-489. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.548
Sutisna, N. (2007). Pendidikan Anak dalam Keluarga. UPI.
Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. PT Elex Media Komputindo.
Tim Kerja Kementerian Dalam Negeri. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah : Pencegahan, Pengendalian, Diagnosis dan Manajemen. Kementerian Dalam Negeri. https://www.kemendagri.go.id/documents/covid-19/BUKU_PEDOMAN_COVID-19_KEMENDAGRI.pdf
Sistem Pendidikan Nasional, (2003).
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Yang, H. H., Kwok, L. F., & Wang, X. (2020). Home-Based Learning During COVID-19 Outbreak: Feedback from Chinese Parents. Teachers College Record. https://www.tcrecord.org/Content.asp?ContentID=23295
Refbacks
- There are currently no refbacks.