
Author
Kasihani Lestari(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Published : 2021-02-09
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 902 times
PDF Downloaded: 805 times
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang dapat digunakan Taman Kanak-Kanak (TK) dalam masa pandemic agar kegiatan dapat berjalan dengan maksimal. Pada penelitian ini dipaparkan hal-hal yang dapat dilakukan Taman Kanak-Kanak seperti, kegiatan belajar, kerjasama dengan orangtua, metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan, serta media yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemic. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan melakukan survei kepada 35 orang guru dan kepala Taman Kanak-kanak di Kecamatan Nanga Pinoh. Survei dilakukan dengan menyebarkan angket melalui aplikasi perpesanan online WhatsApp selama kurang lebih dua bulan. Berdasarkan hasil temuan penelitian strategi yang diterapkan sekolah yaitu: (1) Kepala Taman Kanak-Kanak menjalankan perannya sebagai pemimpin, manajer, administrator, supervisor, educator, innovator, dan motivator. (2) guru mengemas pembelajaran secara bervariasi mulai dari bentuk pembelajaran yang sesuai, memperhatikan kebutuhan anak, kegiatan yang melatih kemandirian anak, menggunakan media yang sesuai, menggunakan metode yang beragam, dan menjalin kerja sama dengan orang tua.
Keywords
References
Anhusadar, L. O. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. 5(1), 686697. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2021). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Abstrak. 5(1), 414421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Botutihe, S. N., Smith, M. Bin, Kasan, I. A., & Hilala, R. (2021). Strategi Pembelajaran Physical Distancing PAUD dalam Menghadapi Pandemi Covid19. 5(2), 15361543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.919
Cronje, J. C. (2020). Towards a new definition of blended learning. Electronic Journal of E-Learning, 18(2), 114135. https://doi.org/10.34190/EJEL.20.18.2.001
Falan, A., Auliya, S., & Fauziah, P. Y. (2021). Advices for Involving Parents in Children s Learning Activities from School to Home. 5(2), 10731082. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.621
Giannousi, M., Nikolaos, V., Vassiliki, D., Panagiotis, A., & Efthimis, K. (2014). A COMPARISON OF STUDENT KNOWLEDGE BETWEEN TRADITIONAL AND BLENDED INSTRUCTION IN A. January, 99113.
Graham, C. R. (2003). The Chronicle of Higher Education.
Hapsari, S. M., Sugito, & Fauziah, P. Y. (2020). Jurnal Pendidikan Progresif Parent s Involvement in Early Childhood Education during the Covid-19. 10(2), 298311. https://doi.org/10.23960/jpp.v10.i
Kaur, M. (2013). Blended learning - its challenges and future. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93, 612617. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.09.248
Nasir, N., Bagea, I., Sumarni, S., Herlina, B., & Safitri, A. (2020). Memaksimalkan Fitur Breaking Rooms Zoom Meeting pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 611. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.662
Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2021). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Motorik AUD Pada Era Pandemi Covid 19. 5(2), 13131324. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.849
Ray, M., & Jat, K. R. (2010). Effect of electronic media on children. Indian Pediatrics, 47(7), 561568. https://doi.org/10.1007/s13312-010-0128-9
Saifulloh, M. Muhibbin, Z. H. (2012). Strategi peningkatan mutu pendidikan di sekolah. 5(2), 206218.
Saltan, F. (2017). Blended Learning Experience of Students Participating Pedagogical Formation Program : Advantages and Limitation of Blended Education. 6(1). https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n1p63
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582
Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2021). Identifikasi Pola Asuh Orangtua di Kota Pontianak. 5(1), 923930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.638
Swatman, P. M. C. (2006). e-Learning Readiness of Hong Kong Teachers. February.
Tissot, C., & Evans, R. (2003). Visual teaching strategies for children with autism. Early Child Development and Care, 173(4), 425433. https://doi.org/10.1080/0300443032000079104
Refbacks
- There are currently no refbacks.