- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di TK Pelita Insan Madani Kota Serang dengan Model CIPP
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6842Keywords:
Evaluasi, Pendidikan Karakter, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan karakter sudah masuk ke dalam kurikulum dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, masih ada satuan pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter, tidak melakukan evaluasi implementasi pendidikan karakter itu sendiri. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian penting dalam sebuah program. Maka dari itu, dilakukannya evaluasi pada pendidikan karakter di satuan pendidikan sangatlah penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada 1 orang Kepala Sekolah dan 6 orang guru di TK Pelita Insan Madani, observasi non-partisipatif dan dokumentasi. Evaluasi yang dilakukan terhadap implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani dilakukan dengan model evaluasi CIPP. Evaluasi melalui beberapa tahap yaitu evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk. Evaluasi konteks mencakup profil sekolah dan analisis kebutuhan, evaluasi input mencakup strategi dan perencanaan, evaluasi proses mencakup berbagai kegiatan pembelajaran, dan evaluasi produk mencakup nilai-nilai karakter yang dimiliki siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara context, input, process dan product implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani berada pada kategori cukup baik.
Downloads
References
Adi, B. S., Sudaryanti, & Muthmainnah. (2020). Implementasi Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. 10.21831/jpa.v9i1.31375
Amalita, N., Ananda, A., Gistituati, N., & Rusdinal. (2024). Studi Komparatif Pendidikan Karakter Di Negara Indonesia, Malaysia, Dan Jepang. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 12(1), 413–419. https://doi.org/10.37081/ed.v12i1.5314
Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’dib, 13(1), 73–81. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466
Anindita, D. D., Hidayat, D., & Musa, S. (2023). Penerapan Evaluasi Model CIPP Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al-Fattah Jakarta. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah E-Plus, 8(1), 30–38. https://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i1.22377
Basaran, M., Dursun, B., Gur Dortok, H. D., & Yilmaz, G. (2021). Evaluation of Preschool Education Program According to CIPP Model. Pedagogical Research, 6(2), 1–13. https://doi.org/10.29333/pr/9701
Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan, 03(02), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150
DS, Y. N. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SD Islam Terpadu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(2), 161–174. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4729
Fajriati, R., & Prastiani, Y. (2022). Implementasi Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Al Abyadh, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.466
Ferdian, L., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Kristen. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.17977/um025v5i12020p275
Ferliana, E., Waluyo, B., & Wwan, A. (2023). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Teknik Dalam Membentuk Berbasis Tematik Di Taman Kanak Kanak PAUD An Nur Pugung Raharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Tarbiyah Jurnal?; Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/demo3/article/view/1741/1241
Hadi, M. K., Waspodo, & Taqwa, R. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Puri Fathonah Bandar Lampung. NUSANTARA?: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 286–300.
Handayani, F., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TK IT Al-Fikri. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.29313/ga
Handayani, P., Muti’ah, T., Yulia, Y., & Havifah Cahyo Khosiyono, B. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Jatisawit. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3284–3297. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8020
Hanoum, F. C. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Bintang Kecil Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(1), 186–194. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i1.2411
Harti, S. D. (2023). Keteladanan Orang Tua dalam Mengembangkan Moralitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5369–5379. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5191
Haryono, S. E., Muntomimah, S., & Eva, N. (2020). Planting Values through Character Education for Early Childhood. KnE Social Sciences, 2020(58), 97–108. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8194
Hidaya, N., & Yasipin. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa. Jurnal Hawa, 1(1), 11–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.2793
Hoszaimah, & Harliana. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Bakti Indonesia Banyuwangi, 1(1), 1–9. https://ejournal.ubibanyuwangi.ac.id/index.php/eduaksi/article/view/23/30
Irmalia, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 3(1), 36–60. https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.621
Ismail, S., Sodikin, O., & Hasanah, A. (2020). EVALUASI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Jurnal Al Amar, 1(3), 20–27.
Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. At-Thufuly, 2(2), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579
Krobo, A. (2020). Identifikasi Penerapan Pendidikan Karakter (Pilar Dua?: Kemandirian, Disiplin dan Tanggung Jawab) Di TK Pertiwi XIII Kotaraja. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 45–55. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4840
Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333–344. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200
Marietta, A. D., Darmawani, E., & Noverina, R. (2019). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun Kelompok B di RA Perwanida 4 Jakabaring Palembang. Pernik: Jurnal PAUD, 2(2), 52–65. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/viewFile/4088/4701
Maryati, M., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di SD Negeri 5 Betung Kabupaten Banyuasin. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 26–35. https://doi.org/https://doi.org/10.52690/jitim.v1i1.861
Masykuroh, K., & Fajriah, F. (2023). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Di OISCA Jakarta Multicultural Kindergarten. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 408–415. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2672
Mayasarokh, M., & Rohman, A. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN RABBANI. 4.
Mulyadi, B. (2020). Early childhood character education in japan. E3S Web of Conferences, 202. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020207063
Nurhayani, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI FUNGSI PENDIDIKAN. 2(8), 2353–2362.
Nursah, Ihlas, Lukman, & Retnoningsih. (2024). Implementasi Nilai Agama Dalam Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Pembiasaan di TK Pembina Lambu. Jurnal Pelangi, 6(1), 41–54.
Purnama, E., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Toddler-KB-TK Kristen 03 Eben Haezer Salatiga. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 225–238.
Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429
Purwanto, A., & Maimunah, R. (2022). Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. 8(2), 1–16.
Puspita, Y., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Implementasi Pendekatan Behaviorisme Dalam Pemberian Reward Untuk Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v2i1.118
Rurisman, R., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Penggerak Di Sma Dengan Model Evaluasi Cipp. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 124–130. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1064
Sari, D. R., & Rosyidah, A. Z. (2019). PERAN ORANG TUA PADA KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. 3(1), 1–12.
Syamsurrijal, A. (2021). Komparasi Pendidikan Karakter Indonesia dan Jepang (Analisis terhadap Landasan, Pendekatan, dan Problematikanya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 184–199. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i2.74
Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p64-73
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Megandarisari Megandarisari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: