Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di TK Pelita Insan Madani Kota Serang dengan Model CIPP

Authors

  • Megandarisari Megandarisari Pengembangan Kurikulum, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Mohammad Ali Pengembangan Kurikulum, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6842

Keywords:

Evaluasi, Pendidikan Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Pendidikan karakter sudah masuk ke dalam kurikulum dan diterapkan dalam proses pembelajaran. Namun, masih ada satuan pendidikan yang menerapkan pendidikan karakter, tidak melakukan evaluasi implementasi pendidikan karakter itu sendiri. Evaluasi merupakan salah satu rangkaian penting dalam sebuah program. Maka dari itu, dilakukannya evaluasi pada pendidikan karakter di satuan pendidikan sangatlah penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada 1 orang Kepala Sekolah dan 6 orang guru di TK Pelita Insan Madani, observasi non-partisipatif dan dokumentasi. Evaluasi yang dilakukan terhadap implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani dilakukan dengan model evaluasi CIPP. Evaluasi melalui beberapa tahap yaitu evaluasi konteks, evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi produk. Evaluasi konteks mencakup profil sekolah dan analisis kebutuhan, evaluasi input mencakup strategi dan perencanaan, evaluasi proses mencakup berbagai kegiatan pembelajaran, dan evaluasi produk mencakup nilai-nilai karakter yang dimiliki siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa secara context, input, process dan product implementasi pendidikan karakter di TK Pelita Insan Madani berada pada kategori cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Megandarisari Megandarisari, Pengembangan Kurikulum, Universitas Pendidikan Indonesia

Pengembangan Kurikulum Universitas Pendidikan Indonesia

References

Adi, B. S., Sudaryanti, & Muthmainnah. (2020). Implementasi Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. 10.21831/jpa.v9i1.31375

Amalita, N., Ananda, A., Gistituati, N., & Rusdinal. (2024). Studi Komparatif Pendidikan Karakter Di Negara Indonesia, Malaysia, Dan Jepang. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 12(1), 413–419. https://doi.org/10.37081/ed.v12i1.5314

Andhika, M. R. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’dib, 13(1), 73–81. https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.466

Anindita, D. D., Hidayat, D., & Musa, S. (2023). Penerapan Evaluasi Model CIPP Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al-Fattah Jakarta. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah E-Plus, 8(1), 30–38. https://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v8i1.22377

Basaran, M., Dursun, B., Gur Dortok, H. D., & Yilmaz, G. (2021). Evaluation of Preschool Education Program According to CIPP Model. Pedagogical Research, 6(2), 1–13. https://doi.org/10.29333/pr/9701

Devianti, R., Sari, S. L., & Bangsawan, I. (2020). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan, 03(02), 67–78. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150

DS, Y. N. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di SD Islam Terpadu. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VI(2), 161–174. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4729

Fajriati, R., & Prastiani, Y. (2022). Implementasi Nilai-nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Al Abyadh, 5(1), 9–14. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i1.466

Ferdian, L., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Kristen. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.17977/um025v5i12020p275

Ferliana, E., Waluyo, B., & Wwan, A. (2023). Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Bermain Teknik Dalam Membentuk Berbasis Tematik Di Taman Kanak Kanak PAUD An Nur Pugung Raharjo Tahun Pelajaran 2022/2023. Tarbiyah Jurnal?; Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/demo3/article/view/1741/1241

Hadi, M. K., Waspodo, & Taqwa, R. (2020). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sikap Peduli Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Puri Fathonah Bandar Lampung. NUSANTARA?: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 286–300.

Handayani, F., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Penerapan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini di TK IT Al-Fikri. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.29313/ga

Handayani, P., Muti’ah, T., Yulia, Y., & Havifah Cahyo Khosiyono, B. (2023). Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Jatisawit. Pendas?: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3284–3297. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8020

Hanoum, F. C. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan pada Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK Bintang Kecil Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(1), 186–194. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i1.2411

Harti, S. D. (2023). Keteladanan Orang Tua dalam Mengembangkan Moralitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5369–5379. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5191

Haryono, S. E., Muntomimah, S., & Eva, N. (2020). Planting Values through Character Education for Early Childhood. KnE Social Sciences, 2020(58), 97–108. https://doi.org/10.18502/kss.v4i15.8194

Hidaya, N., & Yasipin. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini sebagai Upaya Peningkatan Karakter Bangsa. Jurnal Hawa, 1(1), 11–22. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.2793

Hoszaimah, & Harliana. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK USIA DINI. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Bakti Indonesia Banyuwangi, 1(1), 1–9. https://ejournal.ubibanyuwangi.ac.id/index.php/eduaksi/article/view/23/30

Irmalia, S. (2022). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak. Educator (Directory of Elementary Education Journal), 3(1), 36–60. https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.621

Ismail, S., Sodikin, O., & Hasanah, A. (2020). EVALUASI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Jurnal Al Amar, 1(3), 20–27.

Khofifah, E. N., & Mufarochah, S. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. At-Thufuly, 2(2), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/atthufuly.v2i2.579

Krobo, A. (2020). Identifikasi Penerapan Pendidikan Karakter (Pilar Dua?: Kemandirian, Disiplin dan Tanggung Jawab) Di TK Pertiwi XIII Kotaraja. PERNIK?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 45–55. https://doi.org/https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4840

Kusumastuti, N. (2020). Implementasi Pilar-Pilar Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 333–344. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2525

Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200

Marietta, A. D., Darmawani, E., & Noverina, R. (2019). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Berkebun Kelompok B di RA Perwanida 4 Jakabaring Palembang. Pernik: Jurnal PAUD, 2(2), 52–65. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/viewFile/4088/4701

Maryati, M., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di SD Negeri 5 Betung Kabupaten Banyuasin. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 26–35. https://doi.org/https://doi.org/10.52690/jitim.v1i1.861

Masykuroh, K., & Fajriah, F. (2023). Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini Di OISCA Jakarta Multicultural Kindergarten. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 408–415. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2672

Mayasarokh, M., & Rohman, A. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN RABBANI. 4.

Mulyadi, B. (2020). Early childhood character education in japan. E3S Web of Conferences, 202. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202020207063

Nurhayani, Yaswinda, & Movitaria, M. A. (2022). MODEL EVALUASI CIPP DALAM MENGEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI FUNGSI PENDIDIKAN. 2(8), 2353–2362.

Nursah, Ihlas, Lukman, & Retnoningsih. (2024). Implementasi Nilai Agama Dalam Penanaman Nilai Moral Melalui Metode Pembiasaan di TK Pembina Lambu. Jurnal Pelangi, 6(1), 41–54.

Purnama, E., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Toddler-KB-TK Kristen 03 Eben Haezer Salatiga. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(2), 225–238.

Purwanti, E., & Haerudin, D. A. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 260. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429

Purwanto, A., & Maimunah, R. (2022). Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. 8(2), 1–16.

Puspita, Y., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Implementasi Pendekatan Behaviorisme Dalam Pemberian Reward Untuk Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Ar-Raihanah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 89–99. https://doi.org/10.53398/arraihanah.v2i1.118

Rurisman, R., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Sekolah Penggerak Di Sma Dengan Model Evaluasi Cipp. Jurnal Muara Pendidikan, 8(1), 124–130. https://doi.org/10.52060/mp.v8i1.1064

Sari, D. R., & Rosyidah, A. Z. (2019). PERAN ORANG TUA PADA KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI. 3(1), 1–12.

Syamsurrijal, A. (2021). Komparasi Pendidikan Karakter Indonesia dan Jepang (Analisis terhadap Landasan, Pendekatan, dan Problematikanya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 184–199. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i2.74

Taunu, E. S. H., & Iriani, A. (2019). Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Terintegrasi Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 64–73. https://doi.org/10.24246/j.jk.2019.v6.i1.p64-73

Downloads

Published

01-05-2025

How to Cite

Megandarisari, M., & Ali, M. (2025). Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter di TK Pelita Insan Madani Kota Serang dengan Model CIPP . Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(4), 1117–1130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6842

Issue

Section

Articles