Upaya Meningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Melambungkan dan Menangkap dengan Berbagai Media Anak Usia Dini di TK Al- Fajar Pekanbaru

Author


Melvi Lesmana Alim(1Mail),
Prodi PG-PAUD STKIP Pahlawan Tuanku Tambusai, Indonesia(1)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2015-12-30

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1972 times PDF Downloaded: 1576 times

Abstract


Berdasarkan hasil observasi peneliti dikelompok B TK Al-Fajar Pekanbaru ditemukan bahwa masih banyak anak yang belum mampu melakukan kegiatan melambungkan dan menangkap dengan berbagai media. Peneliti melihat kemampuan anak ternyata yang sudah mampu melambungkan dan menangkap bola hanya 3 anak (25%) yang belum mampu 9 anak (75%) hal ini terjadi karena guru kurang maksimal memberikan contoh kepada anak. Subyek penelitian adalah TK Al-Fajar Pekanbaru khususnya kelompok B yang berjumlah 12 orang anak, terdiri dari 6 anak perempuan dan 6 anak laki-laki, dengan usia anak 5-6 tahun. Waktu pelaksanaan direalisasikan selama 10 hari. Dalam kegiatan pertama masih banyak anak yang perlu bimbingan yaitu 10 anak (83,3%) sedangkan anak yang sudah bisa melakukan kegiatan ada 2 anak (19,7 %). dipertemuan kedua anak yang sudah bisa melakukan 4 anak (33%), dan 8 anak (87%) masih perlu bimbingan. Dipertemuan ketiga anak yang bisa bertambah menjadi 5 anak (42%), anak yang masih memerlukan bimbingan 7 anak (58,3%) . Pada pertemuan keempat, anak yang sudah bisa 8 anak (67%), yang masih perlu bimbingan 4 anak (33%). Pada pertemuan kelima anak yang sudah bisa bertambah 2 anak (16,7%) anak yang sudah baik menjadi 10 anak (83,3%) dan yang masih perlu bimbingan menjadi 2 anak (16,7%). Pertemuan pertama pada siklus kedua anak melakukan kegiatan Melambungkan dan menangkap bola besar berhadapan, pada kegiatan ini anak yang sudah bisa melakukan 4 anak (33%), yang masih perlu bimbingan 8 anak (67%). Pada pertemuan kedua anak yang sudah bisa melakukan bertambah 2 anak sehingga jumlah anak yang sudah bisa menjadi 6 anak (50%), dan yang memerlukan bimbingan 6 anak (60%). Pada pertemuan ketiga anak yang bisa melakukan bertambah 1 sehingga jumlah anak yang bisa melakukan menjadi 7 anak (58,3%), dan yang masih perlu bimbingan 5 anak (42%). Pada pertemuan keempat anak yang bisa melakukan bertambah 3 anak jadi jumlah anak yang sudah sesuai harapan guru menjadi 9 anak (75%), dan yang masih perlu bimbingan 3 anak (25%). Pada pertemuan kelima anak melakukan kegiatan melambungkan dan menangkap bola sambil lari, pada kegiatan ini anak –anak sudah bisa melakukan kegiatan semua, dan anak yang memerlukan bimbingan sudah tidak ada lagi


Keywords


Fisik Motorik; Menangkap

References


Andayani (2007). Pemantapan Kemampuan Propesional. Jakarta: Universitas Terbuka

Bambang Sujiono, dkk (2007) Metode Pengembangan Fisik Jakarta: Universitas Terbuka.

Edi Sih Mitranto, Slamet, (2010) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Jakarta Pusat Perbukuan

Http:/Darunnajah Kindegarten. Com (2011). Online 2 Maret 2012-04-04

Http:/Jonainf Semua, Blogsspot. Com/2011/01/ Media berasal dari bahasa latin. Html online 10 Maret 2012.

Irwansyah Asep Kurnia Nenggala, (2004) Sehat dan Tngkas Berolahraga Bandung

Maxim George W (1993) The Very Young. Guiding Children from infancy The Through The Early Year.4 th Edition.New York: Mac Millon publishing company

Nar Herrhyanto, H.M. Akib Hamid. (2008). Statistika Dasar, Jakarta: Universitas Terbuka

Wardani,I.G.A.K, Wihardit K & Nasution N (2006) Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.