
Author
Moh Tabarok(1

Universitas Islam Malang, Indonesia(1)
Universitas Islam Malang, Indonesia(2)

Published : 2024-09-09
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 244 times
PDF Downloaded: 127 times
Abstract
Lagu permaianan anak merupakan media yang efektif dalam mendidik karakter anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai regilius dan kekerabatan yang terkandung dalam lagu permaianan anak. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan pendekatan interpretasi makna. Data primer adalah lagu permainan anak pak opak ileng, jin anjin, dhung-endhung, ker-tanokor, dan Dhi'-dindhi' but'theng, yang mengandung moralitas. Data skunder berupa kajian pustaka yang relevan seperti jurnal, buku, maupun website. Data dikumpulkan melalui observasi dalam teks, dengan tahapan: Mencari, Mencermati, Mencatat. Analisis data terdapat empat tahapan: menentukan, mengelompokan, menganalisis, dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu permainan anak Madura mengandung nilai religiusitas seperti bertaqwa dan berikan kepada Tuhan YME. Terdapat pada lagu Pa’ kopa’ eling, serta kekerabatan seperti gotong-royong ditemukan dalam lagu ker tanokor, jin anjin, dung endhung, dan Dhi'-dindhi' but'theng. Relevansi dari perspektif pelajar Pancasila menunjukkan bahwa lagu-lagu ini memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter anak.
Keywords
References
Agustini, D. (2020). Peranan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Persuasif Untuk Mempengaruhi Perilaku Positif Anak Usia Dini Di Kota Surakarta. Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 1(1), 25–46. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v1i1.13
Ambarwati, A. (2017). Mistifikasi Mitos Psikologis Perempuan dalam Cerita Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) Karya Penulis Perempuan Anak. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(November), 5–24. https://www.researchgate.net/profile/Ari_Ambarwati/publication/318381212
Ambarwati, P., Wardah, H., & Sofian, M. O. (2019). Nilai Sosial Masyarakat Madura dalam Kumpulan Syair Lagu Daerah Madura. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3(1), 54–68. https://doi.org/10.22219/satwika.v3i1.8682
Ariesta, F. W. (2019). Nilai Moral Dalam Lirik Dolanan Cublak-Cublak Suweng. Ilmu Budaya, 7.
Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan Perilaku Sehat Pada Anak Usia Dini Di Paud Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 264. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p264-272
Badrih, M. (2017). Sastra Lisan. International Good Practices in Education Diciplines and Grade, November, 13–109. https://www.researchgate.net/publication/329177472
Bahri, S., & Lestari, E. T. (2020). Implementasi Nilai Peduli Sosial Melalui Tradisi Ter-Ater Masyarakat Suku Madura Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Mts Al Iklas Kuala Mandor B. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 187–198. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4514
Cahyani, N. M. M. (2023). Relevansi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Sebagai Penguatan Nilai Karakter Siswa. Pedalitra III: Prosiding Pedagogik, Lingustik, Dan Sastra, 3(1). https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/pedalitra/article/view/3363
Dwi Sulistyorini, E. F. A. (2017). Sastra lisan : kajian teori dan penerapannya dalam penelitian. Penerbit Madani.
Ernawati, Meinita, & Tarigan, E. (2022). Lagu Anak Sebagai Media Dalam Penanaman Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dewantara, 1(1), 1–8. https://jurnal.yagasi.or.id/index.php/dewantara
Hartiningsih, S. (2015). Revitalisasi Lagu Dolanan Anak dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. ATAVISME, 18(2), 247–259. https://doi.org/10.24257/atavisme.v18i2.119.247-259
Hidayat, D. H., Yulianto, B., & Savitri, A. D. (2023). Refleksi Karakter Masyarakat Madura dalam Film Pendek Mata Pena: Kajian Semiotika. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.19105/ghancaran.v4i2.6386
Hidayatillah, Y. (2017). Komparasi Nilai Kekerabatan Tanèyan Lanjháng Masyarakat Madura. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 146–153. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p146
Husnutdinov, D. H. (2020). Ethnic Heterostereotypes in Paremies about Language and Proverbs of Tatar. International Journal of Society, Culture and Language, 8(3), 37–44. https://www.ijscl.com/article_241575_5a84518b7f106189776b0996fde21a08.pdf
Jarbi, M. (2021). TANGGUNGJAWAB ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK. PENDAIS Jurnal Pedidikan Dan Wawasan Keislaman, 3(2). https://jurnal.uit.ac.id/JPAIs/article/view/1051
Karim, B. A. (2020). Teori Kepribadian dan Perbedaan Individu. Educatian and Learning Jurnal, 1(1). https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/45/41
Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 44–46. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45
Khasanah, W. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam. Jurnal Riset Agama, 1(2), 296–307. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14568
Mahmuda, N., Sulistyowati, E. D., & Agustian, J. F. (2023). Analisis Makna Peribahasa Suku Kutai di Desa Puan Cepak Kecamatan Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v6i1.2110
Mislikhah, S. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Lagu Anak. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 60–74. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.39
Mukti Widayati, B. S. N. (2023). Muatan Kearifan Lokal Dalam Teks Lagu Anak Berbahasa Jawa Sebagai Penanaman Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jentera: Jurnal Kajian Sastra, 12(1). https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jentera/article/view/5991
Muslihin, H. Y., Respati, R., Shobihi, I., & Shafira, S. A. (2021). Kajian Historis dan Identifikasi Kepunahan Permainan Tradisional. Sosial Budaya, 18(1), 36. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.11787
Mutaqin, M. Z. (2022). Konsep Sabar Dalam Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Journal of Islamic Education : The Teacher of Civilization, 3(1). https://doi.org/10.30984/jpai.v3i1.1853
Nafisah, P., & Nasiruddin, N. (2022). Literasi Digital Pendidikan Tengka : Analisis Aksiologi Pesan-Pesan Moral Dalam Akun Youtube Mata Pena. Kuttab, 6(2), 210. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i2.1141
Ngimadudin, K. . S. M. (2021). Nilai-Nilai Religius Dalam Novel Kembara Rindu Karya Habiburrahman Elshirazy. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(1). https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/JBS/article/view/82/88
NiKadek, D. M. N. M. H. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Gending Raremeong-Meong. PENSI Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni, 1(2). https://doi.org/10.59997/pensi.v1i2.879
Permatasari, A. N., & Inten, D. N. (2020). Hariring Indung Sebagai Media Komunikasi Ibu dan Anak Usia Dini. Jurnal Komunikasi, 12(2), 231. https://doi.org/10.24912/jk.v12i2.8642
Pudentia, M. (2015). Metodologi Kajian Tradisi lisan (4th ed.). Asosiaso tradisi lisan.
Rahem, Z. (2017). Rekonstuksi Metode Belajar Kontektualis Santri Pondok Pesantren Salaf dan Khalaf di Madura. Fikrotuna, 5(1). https://doi.org/10.32806/jf.v5i1.2948
Rahmad, R., Supratman, M. T., Rahman, A., Hasanah, N. L., & Miati, M. (2022). Nilai-Nilai Religius Dalam Peribahasa Madura. GERAM, 10(2), 124–132. https://doi.org/10.25299/geram.2022.vol10(2).10627
Rifai, M. A. (2007). Manusia Madura: Pembawaan, Perilaku, Etos Kerja, Penampilan, dan Pandangan Hidupnya Seperti Dicitrakan Peribahasanya. pilar media.
Setiari, A. (2023). Perwujudan Identitas Manusia Indonesia Melalui Penghayatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan West Science, 1(02), 116–124. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i02.219
Setiawan, F., & Sirajul Arifin. (2020). Etno-Etik Tanean Lanjheng: Konstruksi Etos Bisnis Keluarga Muslim Madura. Lisan Al-Hal: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 14(1), 173–194. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v14i1.654
Setiowati, S. P. (2020a). Pembentukan Karakter Anak Pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 172. https://doi.org/10.34050/jib.v8i1.9980
Setiowati, S. P. (2020b). Pembentukan Karakter Anak Pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 172. https://doi.org/10.34050/jib.v8i1.9980
Sibarani, R. (2012). Kearifan lokal : hakikat, peran dan metode tradisi lisan (1 (ed.)). Asosiasi Tradisi Lisan. https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/8
Sri Utami, W. W. victor marolitua L. tobing. (2022). Tradisi Lisan Kejhung Sebagai Sumber Pendidikan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Madura. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(2). https://doi.org/10.47492/jih.v11i2.2275
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Sutton-Smith, B. (1952). The Fate of English Traditional Children’s Games in New Zealand. Western Folklore, 11(4), 250. https://doi.org/10.2307/1496230
Suwarti, S., Pamungkas, J., & Muthmainah, M. (2023). Penanaman Nilai Religius dalam Kegiatan Menyanyi Lagu Islami pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 863–875. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3650
Wardi, M. (2016). Pilihan Belajar Al-Qur’an Di Madura; Konversi Dari Langgar Ke Taman Pendidikan Al-Qur’an. KABILAH JOurnal of Social Community, 1(1). https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/8
Zahrok, S., & Suarmini, N. W. (2018). Peran Perempuan Dalam Keluarga. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5, 61. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4422
Refbacks
- There are currently no refbacks.