Evaluation of Learning at Aisyiyah Kindergarten Bustanul Athfal II, Berau Regency

Author


Nurul Hidayah(1Mail), Romelah Romelah(2),
Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 303KB]

Published : 2022-06-11

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 364 times PDF Downloaded: 207 times

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses evaluasi pembelajaran yang terjadi di Taman Kanak-Kanak  (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal II Kabupaten Berau. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis fenomenologi, sedangkan informanya satu orang guru kelas B dan tujuh peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah guru-guru di  TK Aisyiyah Bustanul Athfal II telah mampu melakukan evaluasi pembelajaran sesuai dengan kurikulum 13 dengan baik. Dalam proses evaluasi dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu merumuskan tujuan evaluasi, menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi, evaluasi, menentukan teknik pelaksanaan evaluasi, evaluasi dilakukan pada saat kegiatan berlangsung secara alami dan merupakan kebiasaan sehari-hari, mengumpulkan hasil kerja anak dalam buku kegiatan, pelaporan dan tindak lanjut. Hasil yang didapatkan dari evaluasi pembelajaran ini adalah guru dan orang tua dapat lebih mudah mengetahui proses perkembangan anak apakah telah sesuai dengan usianya

Keywords


evaluasi; pembelajaran; taman kanak-kanak

References


Choiriyah. (2015). Evaluasi Program Homeschooling Group Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 201-216.

Depdiknas. (2002). Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Usia Dini (Pembelajaran Generik). Depdiknas.

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Paud Di Paud Al Azhar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051-1059. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465

Elisa. (2020). Implementasi Penilaian Dalam Evaluasi Pembelajaran Di Tk Shalahuddin Kota Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pinfad Hararti, 16(2), 71-79.

Hani, A. A. (2019). Evaluasi Pembelajaran Pada Paud. Jurnal Care Children Advisory Research And Education, 7(1).

Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427

Jatmiko, A. J., Hadiati, E. H., & Oktavia, M. O. (2020). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanan. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83-97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875

Kemendikbud. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Penitipan Anak. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kuswanto, A. V., & Suyadi, S. (2020). Sistematika Lieratur Review: Permainan Maze Dalam Mengembangkan Perkembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 51-61. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6712

Latif, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi. Kencana Prenada Media Group.

Mardapi, D. (2003). Pedoman Umum Pengembangan Sistem Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kompetensi Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (Sltp). Pascasarjana Uny.

Nabil. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Dalam Pendekatan Psikologi Anak. Al-Marhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 12, 73-95. https://doi.org/10.38153/alm.v1i2.9

Ramayulis. (2002). Metodelogi Pendidikan Islam (1st Ed.). Kalam Mulia.

Retnowati, Y. (2019). Metode Pembelajaran Hafalan Surat-Surat Pendek pada Anak Usia Dini RA Full Day Se-Kabupaten Bantul. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 101-116. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-07

Sudjiono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Suradi, A. (2018). Sistem Pendidikan Anak Usia Dalam Konsep Islam (Analisis dalam Teoritis dan Praktis). Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 61-84. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-05

Thoha, C. (1990). Teknik Evaluasi Pendidikan (1st Ed.). Pt. Raja Grafindo.

Tyler, R. W. (1950). Principles Of Curriculum And Instruction. The University Of Chicago Press.

Uce, L. (2008). The Golden Age: Masa Efektif Merangcang Kualitas Anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 1(2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1322

Yus, A. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Kencana Prenada Media Group.

Zubaidi, M. (2020). Profesionalisme Guru Dan Efektivitas Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1060-1067. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505


Refbacks

  • There are currently no refbacks.