- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Pola Pengasuhan dan Pendidikan Karakter Anak pada Keluarga Nelayan di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2689Keywords:
keluarga nelayan, pola pengasuhan, pendidikan karakterAbstract
Pembangunan di dalam keluarga terdiri dari pola pengasuhan dan pendidikan karakter sebagai perwujudan generasi yang berkualitas dan berkarakter. Pembangunan karakter ini menentukan perilaku anak, seperti keluarga di daerah pesisir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana “pola pengasuhan dan pendidikan karakter anak pada keluarga nelayan di Desa Kuala Lama Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagaiâ€. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara kepada 15 orang informan (nelayan buruh, perorangan, dan toke) dan penyebaran kuesioner kepada 53 responden. Hasil penelitian menujukkan bahwa pola pengasuhan otoriter ditemukan pada nelayan perorangan dan beberapa nelayan toke. Pola pengasuhan demokratis diterapkan pada keluarga nelayan buruh dan nelayan toke. Pendidikan karakter seperti menumbuhkan nilai gotong-royong, integritas, nasionalisme, dan religius, telah berjalan dengan baik. Orang tua telah mampu berperan menjadi guru, pendamping, penasehat, kepada sang anak. Hanya saja, beberapa orang tua, tidak mengarahkan secara khusus bakat atau keterampilan diri anak
Downloads
References
Adawiah, R. (2017). Dominasi keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar pada ranah kognitif afektif dan psikomotor. Palapa : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 33–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/palapa/article/view/755
Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i2.1243
Aris Surono SMPN, K., & Kabupaten Kendal, S. (2017). Penanaman Karakter Dan Rasa Nasionalisme Pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka Di Smp N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/12527
Benga Olla, M., Catharina Daulima, N. H., & Eka Putri, Y. S. (2018). The experience of parents implementing authoritarian parenting for their school-age children. EnfermerÃa ClÃnica, 28, 122–125. https://doi.org/10.1016/S1130-8621(18)30050-0
Budjang, H. G., & Ulfah, M. (2017). Analisis Pola Asuh Keluarga Nelayan Dalam Mendidik Anak Di Dusun Batu Rawan Semangit. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(10). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22237
Fauziah, R. R., Kusumawardani, R., & Maryani, K. (2018). Perbedaan Kemandirian Anak Ditinjau Dari Subyek Pengasuhan Orangtua Dan Kakek-Nenek Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 71–80. https://doi.org/10.30870/JPPPAUD.V5I1.4684
Hazizah, N. (2019). Permissive Parenting Effect toward Emotional Development of Early Childhood. KOLOKIUM Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/kolokium-pls.v7i1.17
Juhardin, O. :, Hos, H. J., & Roslan, H. S. (2016). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perilaku Anak. Jurnal Neo Societal, 2(4). http://ojs.uho.ac.id/index.php/NeoSocietal/article/view/3392
Khobir, A. (2019). Pola Pendidikan Karakter di Kalangan Keluarga Nelayan. Edukasia Islamika, 42. https://doi.org/10.28918/JEI.V4I1.2254
Komala, K. (2015). Mengenal Dan Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Melalui Pola Asuh Orang Tua Dan Guru. Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 31–45. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/90
Lickona, T. (1992). Educating for character : how our schools can teach respect and responsibility. Bantam.
Liu, S., Yuen, M., & Rao, N. (2015). Outcomes for Young Children’s Social Status from Playing Group Games: Experiences from a Primary School in Hong Kong. Journal of Psychologists and Counsellors in Schools, 25(2), 217–244. https://doi.org/10.1017/jgc.2015.4
Magta, M., Ujianti, P. R., & Permatasari, E. D. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Kelompok A. Mimbar Ilmu, 24(2), 212. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21261
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741
Mulyadi, D., Syahid, A., Yustiasari L., F., & Auliaurrasyidin S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Tembilahan Kota Indragiri Hilir Riau. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1375–1386. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1375-1386.2021
Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39–46. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/3721
Nurhamida, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 27–38. https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027
Nusaibah, I. B., & Shofiyah, A. (2022). Pengasuhan Digital Keluarga Nelayan terhadap Penggunaan Smartphone pada anak usia 3-7 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2215–2222. https://doi.org/10.31004/OBSESI.V6I3.1797
Permono, H. (2013). Peran Orangtua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 132–141. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3994
Pertiwi, Y. W., & Muminin, A. (2020). Parenting, Islamic Morals And Obedience. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 6(1), 16–28. https://doi.org/10.19109/psikis.v6i1.3921
Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572
Pratama, M. P., Susanto, T. A., & Yanti, M. (2018). Pola Pengasuhan Anak Pada Keluarga Miskin Di Desa Rambutan Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Undergraduate thesis, Sriwijaya University
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37–50. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/439
Rahmah, S. (2019). Pola Komunikasi Keluarga Dalam Pembentukan Kepribadian Anak. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 13. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2369
Risvan Akhir Roswandi. (2022). Menakar Keselarasan Islam Dan Patriotisme. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 16(1), 610–618. https://doi.org/10.55558/alihda.v16i1.50
Sary, Y. N. E. (2018). Relationship of Parenting with Child Interpersonal Intelligence in Wonokerto Village, Lumajang Regency. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 137. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.93
Sofiani, I. K., Mufika, T., & Mufaro’ah, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 766. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.300
Sonia, G., Apsari, N. C., Program, S., Sarjana, I., Kesejahteraan, S., Fisip, U., Csr, P. S., Masyarakat, P., Sosial, K., & Unpad, F. (2020). Pola Asuh Yang Berbeda-Beda Dan Dampaknya Terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 128–135. https://doi.org/10.24198/JPPM.V7I1.27453