Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time)

Authors

  • Veny Iswantiningtyas Program Studi PGPAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Widi Wulansari Program Studi PGPAUD Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Keywords:

penanaman pendidikan karakter, model pembelajaran BCCT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan anak usia dini melalui model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) dalam menanamkan pendidikan karakter di Taman Kanak-Kanak Tauladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pemilihan subyek menggunakan purposive sampling, dilanjutkan dengan  Snow Ball Sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keberhasilan penanaman pendidikan karakter melalui model pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time) dapat diketahui dengan melihat hasil penilaian yang telah dilakukan oleh guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusumandari, R. B., & Istyarini, K. (2015). Character Education Development Model-based E-Learning and Multiple in Telegency in Childhood in Central Java, 15(3). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/328852343_Character_Education_Development_Model-based_E-Learning_and_Multiple_Intelegency_in_Childhood_in_Central_Java

Latif, M., Zulkhairina, Zubaidah, R., & Muhammad Afandi. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktek. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Ma’rifah, U., & Muthmainnah, A. (2015). Metode Pembelajaran BCCT dalam Mengembangkan Nilai Moral Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 117–124. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/2676

Maimunah, Aslamiah, & Suriansyah, A. (2018). The Integration of Sentra-Based Learning and Involvement of Family Program at Early Childhood in Developing Character Building (Multi Case at PAUD Mawaddah and PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu Banjarmasin, Indonesia). European Journal of Education Studies, 5(7), 49–63. https://doi.org/10.5281/zenodo.1494207

Maspinal. (2013). Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nurani, Y. (2014). Kurikulum Anak Usia Dini. Program Studi PG-Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Pendidikan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Patilima, H. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.

Ruqoyah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Beyond Centers and Circle Times (BCCT) dan Kemandirian Terhadap Kreativitas. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 81–98. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.101.05

Samad, F., & Alhadad, B. (2016). Implementasi Metode Beyond Center and Circle Time (BCCT) dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam di Kelompok B Taman Kanak- Kanak Khalifah Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 233–254. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.102.03

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini ( Strategi Membangun Karakter di Usia Emas). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

25-01-2019

How to Cite

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2019). Penanaman Pendidikan Karakter pada Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers and Circle Time). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 110–116. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.106

Issue

Section

Articles