Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan inklusif di Taman Kanak-Kanak Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data survey. Lokasi penelitian adalah Taman Kanak-Kanak Negeri yang tersebar di Kota Yogyakarta. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan keterlibatan mereka dalam pengelolaan kurikulum pendidikan inklusif. Subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah, serta pihak manajemen sekolah yang memiliki peran langsung dalam pelaksanaan dan pengelolaan kurikulum inklusif. Menggunakan instrumen angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum inklusif di Taman Kanak-Kanak di Kota Yogyakarta masih menghadapi banyak tantangan di berbagai aspek. Data penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan manajemen kurikulum pendidikan inklusif aspek perencanaan, pengorganisasian, stuffing, pengarahan, pelaksanaan, dan pengendalian masih terbilang rendah. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan, keterlibatan pihak eksternal, dan penyusunan panduan yang lebih terstruktur untuk mendukung keberhasilan pendidikan inklusif.


Keywords


Manajemen Kurikulum; Pendidikan Inklusif; Taman Kanak-Kanak

Refbacks

  • There are currently no refbacks.