Author
Afif Khoirul Hidayat(1), Nurlayli Hasanah(2), Martha Betaubun(3),
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Musamus, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Musamus, Indonesia(2)
Pendidikan Profesi Guru, Universitas Musamus, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 561KB]
Published : 2024-11-17
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 39 times PDF Downloaded: 16 timesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kurikulum pendidikan inklusif di Taman Kanak-Kanak Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan data survey. Lokasi penelitian adalah Taman Kanak-Kanak Negeri yang tersebar di Kota Yogyakarta. Lokasi penelitian dipilih berdasarkan keterlibatan mereka dalam pengelolaan kurikulum pendidikan inklusif. Subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah, serta pihak manajemen sekolah yang memiliki peran langsung dalam pelaksanaan dan pengelolaan kurikulum inklusif. Menggunakan instrumen angket dan dokumentasi dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kurikulum inklusif di Taman Kanak-Kanak di Kota Yogyakarta masih menghadapi banyak tantangan di berbagai aspek. Data penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan manajemen kurikulum pendidikan inklusif aspek perencanaan, pengorganisasian, stuffing, pengarahan, pelaksanaan, dan pengendalian masih terbilang rendah. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan, keterlibatan pihak eksternal, dan penyusunan panduan yang lebih terstruktur untuk mendukung keberhasilan pendidikan inklusif.
Keywords
References
Alkasih, Z. (2024). Pentingnya Kepemimpinan dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education and Development, 6(1), 42–52. . https://doi.org/10.15642/jeced.v6i1.3793
Amadi, A. S. M., & Anwar, N. (2023). Ragam Pendekatan dalam Supervisi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 22026–22033. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.10022
Angkarini, T., Widyawati, W. Y., & Suhendra, S. (2024). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Pengelolaan Kelas Iqra’pada Yayasan Masjid Baitul Hikmah Cimanggis. Research and Development Journal of Education, 10(2), 953–966. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i2.23364
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arifin, B., Handayani, E. S., Yunaspi, D., Erda, R., & Dhaniswara, E. (2023). Transformasi Bahan Ajar Pendidikan Dasar ke Arah Digital: Optimalisasi Pembelajaran Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Teknologi Cybernetics. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 1–10. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/4746
Azkia, L., & Rahman, I. K. (2022). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(4), 1499–1507. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.381
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650
Doringin, F. (2022). Penyesuaian Kurikulum dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(2), 255–260. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i2.7495
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature Review: Analisis Data Kualitatif Tahap Pengumpulan Data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(2), 34–46.
Fitriani, F., Kurniati, N., Yusuf, D., & Mildasari, M. (2024). Peran Orang Tua dalam Memahami Pendidikan Inklusi di TK Negeri Pembina Batumandi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 10(1), 417–425. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.10.1.417-425.2024
Fitriani, F., Trisnamansyah, S., & Insan, H. S. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pembelajaran Peserta Didik Berkebutuhan Khusus. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 929–938. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.514
Hadi, H., Suprapto, S., Djuita, W., & Muhtar, F. (2024). Mengintegrasikan Pendidikan Multikultural dalam Upaya Resolusi Konflik Etnis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 148–159. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1937
Handayani, E. P., & Rohman, A. (2020). Paradigma Bahagia itu Mencerdaskan Ikhtiar Membangun Kemerdekaan Belajar Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(3), 265. https://doi.org/10.37905/aksara.6.3.265-276.2020
Herwina Aprila, Feida Noorlaila Isti’adah, Salis Iklima, Isma Nurul Barokah, Lusi Susanti, Nazwa Ramadhani, & Lutfi Raihan. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Efektivitas Konsultasi dan Kolaborasi di SMP Yayasan Islam Kota Tasikmalaya. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(3), 167–175. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i3.3079
Jofipasi, R. A., Efendi, J., & Asri, R. (2023). Membangun Kesadaran Orang Tua terhadap Keberagaman dalam Pendidikan Inklusi pada Anak Usia Dini. Journal Of Special Education Lectura, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31849/jselectura.v1i2.18246
Kholis, N., Zamroni, Z., & Sumarno, S. (2014). Mutu Sekolah dan Budaya Partisipasi Stakeholder. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(2), 130–142. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2639
Lalita, A. C. , Haikal, D. R. , Aswati, D. , & Jaya, I. (2024). Peran Orang Tua dan Guru dalam Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4763–4769. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14317
Lubis, Z., Ritonga, A. A., Darlis, A., Kholila, A., & Rahman, K. I. (2023). Pendidikan Inklusi Anak Usia Dini dalam Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 191–197. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5278
Maolana, I., Darmiyanti, A., & Abidin, J. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah yang Efektif dalam Meningkatkan Kualitas Guru di Lembaga Pendidikan Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 83–94. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3493
Mustika, D. (2024). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Lembaga Pendidikan Islam. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu. 2(6), 100–110. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i6.500
Muttaqien, M. D. (2023). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Dissability Studies and Research (JDSR), 2(2), 75–81. https://doi.org/10.30631/jdsr.v2i2.2078
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55. https://doi.org/10.32509/pustakom.v1i1.544
Nilamsari, N. (2018). Komunikasi Antarpribadi Orangtua dan Guru dalam Memahami Pendidikan Inklusi di TK Jasmien Jakarta Utara. Jurnal Pustaka Komunikasi, 1(1), 71–82.
Putra, W. L. B. (2024). Mewujudkan Kota Inklusi: Inklusivitas dan Aksesibilitas Ruang Publik Bagi Penyandang Disabilitas di Kota Yogyakarta. The Journalish: Social and Government, 5(2), 203–214. https://doi.org/10.55314/tsg.v5i2.780
Riyadi, S., Nuswantoro, P., Merakati, I., Sihombing, I., Isma, A., & Abidin, D. (2023). Optimalisasi Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Konteks Pendidikan Inklusif di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 130–137. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18731
Rohmad, B., Suriansyah, A., & Novitawati, N. (2024). Penyelarasan Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Inklusi di Taman Kanak-Kanak Banjarmasin. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 501–512. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18731
Rusmiati, E. T. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 248–256. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3077
Sakti, S. A. (2020a). Implementasi Pendidikan Inklusif pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Golden Age, 4(02), 238–249.
Tugiah, T., & Trisoni, R. (2022). Kurangnya Perhatian Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak-Anak Inklusif Di Kamang Baru. Jurnal Sosial Teknologi, 2(12), 1387–1397. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i12.518
Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 152–161. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p152-161
Yuniarni, D., & Amalia, A. (2022). Pengembangan Buku Saku Panduan Layanan Inklusi untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6710–6722. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3473
Refbacks
- There are currently no refbacks.