Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak

Author


Warih Anggi Pratiwi(1Mail), Iis Prasetyo(2), Monita Nur Shabrina(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Luar Sekolah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 376KB]

Published : 2021-01-07

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1822 times PDF Downloaded: 1671 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru di Taman Kanak-kanak se-Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis faktor atau disebut CFA (Confirmatory Factor Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor individu (kompetensi guru) yang terdiri dari kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial berpengaruh terhadap kinerja guru, hal ini dibuktikan dengan nilai Eigenvalues sebesar 2,506. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis yaitu motivasi guru berpengaruh terhadap kinerja guru, hal ini dibuktikan dengan nilai Eigenvalues sebesar 1,462. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor organisasi yaitu disiplin guru berpengaruh terhadap kinerja guru, hal ini dibuktikan dengan nilai Eigenvalues sebesar 1,005.

Keywords


faktor penentu; kinerja guru; taman kanak-kanak

References


Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02), 14–23. https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Asmarazisa, D. (2018). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk N 2 Batam. Jurnal Bening, 5(1), 78. https://doi.org/10.33373/bening.v5i1.1346

Dewi, T. anggia. (2015). Pengaruh profesionalisme guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru ekonomi SMA se-Kota Malang. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 24–35. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.148

Gusman, H. E. (2014). Hubungan gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di smp n kecamatan palembayan kabupaten agam. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2, 293–301. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3764

Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264–277. https://doi.org/10.21831/amp.v3i2.6342

Indonesia, R. (2003). Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 1018–1027. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, 13 (2014) (testimony of Republik Indonesia Kemendikbud).

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003, Kemendikbud (2003).

Mutakin, T. Z. (2015). Pengaruh Kompetensi, Kompensasi, dan Latar Belakang terhadap Kinerja Guru. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 145–156. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.122

Ondi & Aris. (2010). Etika Profesi Keguruan. PT. Refika Aditama.

Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pub. L. No. 137 Tahun 2014 (2014).

Pramesti, D., & Muhyadi, M. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 43–56. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.11854

Purwoko, S. (2018). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, komitmen guru, disiplin kerja guru, dan budaya sekolah terhadap kinerja guru SMK. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.8467

RI. (2015). Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 1 ayat 1 (hal. pasal 1 ayat 1).

Sri Setiyati. (2014). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(2), 200–206. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i2.8931

Sulfemi, W. B. (2020). Pengaruh Rasa Percaya Diri dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor. Nidomul Haq: Jurnal Manjemen Pendidikan Islam, 5, 157–179. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.557

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Supadi. (2019). Kinerja Guru. In Ijrm (Vol. 2, Nomor 2, hal. 22). Raja Grafindo Persada.

Supriyono, A. (2017). the Influence of Pedagogic, Professional Competency, and Work Motivation Onteacher Performance of Elementary School. Jurnal Pendidikan, 18(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/jp.v18i2.269.2017

Susanto, H. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1028

Suyanto & Djihad. (2013). Calon Guru dan Guru Profesional. Multi Pressindo.

Tutik Rachmawati dan Daryanto. (2013). Penilaian Kinerja Guru dan Angka Kreditnya. In Gava Media. Gava Media.

Wardana, D. S. (2013). Motivasi berprestasi dengan kinerja guru yang sudah disertifikasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 98–109. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1361

Wibowo, A., & Hamrin. (2012). Menjadi Guru Berkarakter: Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.