Author
Candra Wijaya(1), Rahmat Rifai Lubis(2), Haidir Haidir(3), Suswanto Suswanto(4), Imron Bima Saputra(5),
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan, Indonesia(2)
Akuntansi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan, Indonesia(3)
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi IlmuTarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi, Indonesia(4)
Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia(5) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 279KB]
Published : 2020-12-08
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 687 times PDF Downloaded: 481 timesAbstract
Keywords
References
Agustin, Y. (2015). Kedudukan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan. Deiksis, 3(04), 354–364. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i04.440
Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864
Aprianti, E. (2018). Penerapan Pembelajaran Bcm (Bermain, Cerita, Menyanyi) Dalam Konteks Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195–211. https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p195-211.651
Aris, A., & Kusumaningrum, A. T. (2017). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Dengan Membacakan Buku Cerita Bermedia Gambar Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2), 150–158. http://dx.doi.org/10.30651/jkm.v2i2.1096
Creswell, J. w. (2018). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset; Memilih di Antara Lima Pendekatan (5th ed.). Pustaka Pelajar.
Haryati, D. (2017). Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Paud. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 132–143. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.995
Hasanah, A. (2011). Pelaksanaan metode cerita untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 14 Plantaran Kaliwungu Kendal [IAIN Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/2129/
Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The Effects of Storytelling And Story Reading on the Oral Language Complexity and Story Comprehension Of Young Children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163. https://doi.org/10.1023/B:ECEJ.0000048967.94189.a3
Kambali. (2018). Pertumbuhan Dan Perkembangan Emosional Serta Intelektual Di Masa Prenatal. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2, Sept), 129–148. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i2.87
Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia dini. Perdana Publishing.
Khasinah, S. (2015). Interaksi Ekstratekstual dalam Proses Bercerita Kepada Anak Usia Dini. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 99–110. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v1i1.782
Khotijah, K. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 35–44. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/strategi-pengembahan-bahasa-anak-usia-dini
Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Kegiatan Pembelajaran dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 61–70. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520
Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Marisa, R. (2015). Permasalahan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Anak. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 47–55. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.694
Martini, E. (2018). Membangun karakter generasi muda melalui model pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(2), 21–27. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27
Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1). https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172
Nata, A. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Conciencia, 18(1), 10–28. https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436
Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.39-46
Puspita, A. C., Perbawani, A. A., Adriyanti, N. D., & Sumarlam, S. (2019). Analisis Bahasa Lisan Pada Anak Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Usia 5 Tahun. Lingua, 15(2), 154–160. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/17405/9508
Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518–526. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256
Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning And Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, XIX(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323
Salnita, Y. E., Atmazaki, A., & Abdurrahman, A. (2019). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 137–145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.156
Septi, S., & Eliza, D. (2019). Peningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Cerita Mamuro Di Taman Kanak-Kanak Istiqomah Lubuk Gadang. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 92–95. https://doi.org/10.29210/02382jpgi0005
Sofwan, M., & Habibi, A. (2016). Problematika dunia pendidikan Islam abad 21 dan tantangan pondok pesantren di Jambi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(2), 271–280. https://doi.org/10.21831/jk.v46i2.9942
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265–273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), 72–89. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7i01.552
Suri, M., & Nelliraharti, N. (2019). Intensitas Komunikasi Ibu Hamil Terhadap Janin Sebagai Rangsangan Pendengaran dan Perkembangan Otak Dalam Perkenalan Kosakata. Journal of education science, 5(2), 33–37. https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.584
Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31
Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153–163. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v4i2.3577
Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1322
Ulumudin, I. (2020). Pengembangan Model “Teknik Imitasi” Sebagai Terapi Dasar Untuk Anak Usia Dini Dengan Autisme. Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 41–52. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1501.5
Wright, C., Diener, M. L., & Kemp, J. L. (2013). Storytelling dramas as a community building activity in an early childhood classroom. Early Childhood Education Journal, 41(3), 197–210. https://doi.org/10.1007/s10643-012-0544-7
Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.3.1.67-80
Refbacks
- There are currently no refbacks.