Program One Week One Story Berbasis Keislaman sebagai Bekal Keterampilan Abad 21 pada Anak Usia Dini

Author


Candra Wijaya(1Mail), Rahmat Rifai Lubis(2), Haidir Haidir(3), Suswanto Suswanto(4), Imron Bima Saputra(5),
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia(1)
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan, Indonesia(2)
Akuntansi, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan, Indonesia(3)
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi IlmuTarbiyah Al Hikmah Tebing Tinggi, Indonesia(4)
Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia(5)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 279KB]

Published : 2020-12-08

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 687 times PDF Downloaded: 481 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis program one week one story berbasis keislaman untuk mengatasi problematika kemampuan bahasa dan sosial AUD di TK Rusyda Medan. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui teknik wawancara mendalam dengan panduan instrumen terstruktur, observasi dan kajian dokumen. Selanjutnya data dianalisa dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika kemampuan bahasa dan sosial AUD bersumber dari dalam diri anak (internal) dan luar diri anak (eksternal). Untuk mengatasinya diterapkan program one week one story berbasis keislaman. Penerapan program ini dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan pengalaman selama liburan akhir pekan terutama cerita dengan konten keislaman seperti pengalaman Ibadah, silaturrahim, membaca Al-Qur’an, dan ta’awun. Dalam penerapan program tersebut kendala yang dihadapi ialah rasio guru dan siswa tidak sebanding dan kurangnya kerjasama guru dan orang tua.

Keywords


one week one story; nilai-nilai keislaman; keterampilan abad 21

References


Agustin, Y. (2015). Kedudukan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan. Deiksis, 3(04), 354–364. http://dx.doi.org/10.30998/deiksis.v3i04.440

Amri, N. A. (2017). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Komunikasi (Bahasa Ekspresif) Anak Taman Kanak-Kanak Raudhatul Athfal Alauddin Makassar. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 105–110. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v1i2.4864

Aprianti, E. (2018). Penerapan Pembelajaran Bcm (Bermain, Cerita, Menyanyi) Dalam Konteks Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195–211. https://doi.org/10.22460/ts.v3i2p195-211.651

Aris, A., & Kusumaningrum, A. T. (2017). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Cerita Dengan Membacakan Buku Cerita Bermedia Gambar Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(2), 150–158. http://dx.doi.org/10.30651/jkm.v2i2.1096

Creswell, J. w. (2018). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset; Memilih di Antara Lima Pendekatan (5th ed.). Pustaka Pelajar.

Haryati, D. (2017). Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Paud. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 132–143. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.995

Hasanah, A. (2011). Pelaksanaan metode cerita untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 14 Plantaran Kaliwungu Kendal [IAIN Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/2129/

Isbell, R., Sobol, J., Lindauer, L., & Lowrance, A. (2004). The Effects of Storytelling And Story Reading on the Oral Language Complexity and Story Comprehension Of Young Children. Early Childhood Education Journal, 32(3), 157–163. https://doi.org/10.1023/B:ECEJ.0000048967.94189.a3

Kambali. (2018). Pertumbuhan Dan Perkembangan Emosional Serta Intelektual Di Masa Prenatal. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2, Sept), 129–148. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i2.87

Khadijah, & Armanila. (2017). Bermain dan Permainan Anak Usia dini. Perdana Publishing.

Khasinah, S. (2015). Interaksi Ekstratekstual dalam Proses Bercerita Kepada Anak Usia Dini. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 1(1), 99–110. http://dx.doi.org/10.22373/equality.v1i1.782

Khotijah, K. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2), 35–44. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/strategi-pengembahan-bahasa-anak-usia-dini

Kurnia, D., Taufiq, M., & Silawati, E. (2015). Analisis Capaian Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dalam Kegiatan Pembelajaran dengan Metode Learning Based Resources. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 61–70. https://doi.org/10.17509/cd.v6i2.10520

Kurniati, E., Alfaeni, D. K. N., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241–256. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Marisa, R. (2015). Permasalahan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Anak. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 1(2), 47–55. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.694

Martini, E. (2018). Membangun karakter generasi muda melalui model pembelajaran berbasis kecakapan abad 21. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3(2), 21–27. https://doi.org/10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27

Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1). https://doi.org/10.18860/preschool.v1i1.8172

Nata, A. (2018). Pendidikan Islam Di Era Milenial. Conciencia, 18(1), 10–28. https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436

Novrinda, N., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2017). Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.33369/jip.2.1.39-46

Puspita, A. C., Perbawani, A. A., Adriyanti, N. D., & Sumarlam, S. (2019). Analisis Bahasa Lisan Pada Anak Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Usia 5 Tahun. Lingua, 15(2), 154–160. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/lingua/article/view/17405/9508

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita Menggunakan Komik Elektronik Tematik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518–526. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.256

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). Analisis Learning And Inovation Skills Mahasiswa Pai Melalui Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Keterampilan Abad 21. Conciencia, XIX(2), 112–131. https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323

Salnita, Y. E., Atmazaki, A., & Abdurrahman, A. (2019). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 3 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 137–145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.156

Septi, S., & Eliza, D. (2019). Peningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Cerita Mamuro Di Taman Kanak-Kanak Istiqomah Lubuk Gadang. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 92–95. https://doi.org/10.29210/02382jpgi0005

Sofwan, M., & Habibi, A. (2016). Problematika dunia pendidikan Islam abad 21 dan tantangan pondok pesantren di Jambi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(2), 271–280. https://doi.org/10.21831/jk.v46i2.9942

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265–273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(01), 72–89. https://doi.org/10.24269/muaddib.v7i01.552

Suri, M., & Nelliraharti, N. (2019). Intensitas Komunikasi Ibu Hamil Terhadap Janin Sebagai Rangsangan Pendengaran dan Perkembangan Otak Dalam Perkenalan Kosakata. Journal of education science, 5(2), 33–37. https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.584

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Syukur, A., & Tefanai, M. M. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar pada PAUD Kelompok B. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 4(2), 153–163. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v4i2.3577

Uce, L. (2017). The golden age: Masa efektif merancang kualitas anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/1322

Ulumudin, I. (2020). Pengembangan Model “Teknik Imitasi” Sebagai Terapi Dasar Untuk Anak Usia Dini Dengan Autisme. Jurnal Ilmiah Visi, 15(1), 41–52. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1501.5

Wright, C., Diener, M. L., & Kemp, J. L. (2013). Storytelling dramas as a community building activity in an early childhood classroom. Early Childhood Education Journal, 41(3), 197–210. https://doi.org/10.1007/s10643-012-0544-7

Yulsyofriend, Y., Anggraini, V., & Yeni, I. (2019). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 67–80. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/yby.3.1.67-80


Refbacks

  • There are currently no refbacks.