Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun

Authors

  • Atiqa Sabardila Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia
  • Markhamah Markhamah Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia
  • Zainal Arifin Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia
  • Hari Kusmanto Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia
  • Lathifah Nurul Hidayah Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia
  • Anita Dewi Kurniasari Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia
  • Duwi Saputro Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhamadiyah Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875

Keywords:

pendidikan karakter, program acara televisi, anak usia 6-8 tahun

Abstract

Media pendidikan karakter tidak hanya terbatas pada buku teks, karya sastra, maupun ungkapan hikmah. Media pendidikan yang dapat digunakan selain yang telah disebutkan adalah acara televisi sebagai media pendidikan karakter. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam program acara televisi yang diminati anak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas rendah (usia 6-8 tahun). Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam program acara yang diminati anak-anak SD. Sumber data penelitian ini adalah program acara televisi yang diminati anak-anak SD. Data-data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, observasi dan dilanjutkan dengan teknik catat. Analis data penelitian ini menggunakan metode padan referensial atau analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat sepuluh nilai pendidikan karakter dalam program acara televisi yang diminati anak-anak SD. Hal tersebut didasarkan pada nilai pendidikan karakter dan nilai sosial budaya yang terkandung dalam acara tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, A. (2016). Peribahasa, maknanya, dan sumbangannya terhadap pendidikan karakter. Magistra, XXVIII(97), 97-110.

Agustian, & Arnida. (2018). Analisis Karakter Cinta Damai dalam Pembelajaran IPA di Lingkungan Belajar SMP Negeri 17 Kota Jambi. Science Education Journal (SEJ), 2(1), 1-13. https://doi.org/10.21070/sej.v2i1.2109

Akbar, S., Samawi, A., Arafiq, M., & Hidayah, L. (2014). Model Pendidikan Karakter yang Baik di SD (Studi Lintas Situs Best Practices). Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 2(2), 139-151.

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 17-31. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.336

Anwar, S., Noviyanti, N., & Hendrawan, H. (2017). Analisis Kelayakan Buku Teks Kimia SMA/MA Kelas X Materi Reaksi Redoks Berdasarkan Kriteria Tahap Seleksi 4S TMD. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia : Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 4(2), 97--104.

Aprilina, N., Fauziah, T., & Affan, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air melalui Pembelajaran IPS di Gugus 25 SDN 2 Mata IE Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 32-40. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105-113. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Darmastuti, R., Purnomo, J. T., Utami, B. S., & Yulia, H. (2019). Literasi Media Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bali. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(3), 402. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i3.1538

Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial dalam Media Sosial. Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69-78.
https://doi.org/10.46426/jp2kp.v22i1.82

Faradiba, A. T., & Royanto, L. R. M. (2018). Karakter Disiplin , Penghargaan , dan Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 93-98.

Feszterova, M., & Jomova, K. (2015). Character of Innovations in Environmental Education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1697-1702. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.222

Hartanto, S. (2019). Manajemen Pendidikan k Karakter Cinta Tanah Air (Analisis Konseptual Peran Kepala Sekolah dan Guru). Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 5(2), 49-65.

Ikhsan, M. A. (2017). Nilai-Nilai Cinta Tanah Air dalam Perspektif Al-Qur'an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 108-114. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p108

Ilmi, D. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal melalui Ungkapan Bijak Minangkabau. ISLAM REALITAS: Journal of Islamic & Social Studies Vol., 1(1), 45-54.

Khoiron, A. M., & Sutadji, E. (2015). Kontribusi Implementasi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Sekolah terhadap Berpikir Kreatif serta Dampaknya pada Kompetensi Kejuruan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 22(2), 103-116.

Kostyrka-Allchorne, K., Cooper, N. R., & Simpson, A. (2017). The relationship between television exposure and children's cognition and behaviour: A systematic review. Developmental Review, 44, 19-58. https://doi.org/10.1016/j.dr.2016.12.002

Kusdaryani, W., Purnamasari, L., & Damayani, A. T. (2016). Penguatan Kultur Sekolah untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. Cakrawala Pendidikan, XXX(1), 125-133.
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8383

Kusuma, G. G., & Darmastuti, R. (2019). Strategi Public Relations melalui Acara Sitcom OK-JEK di NET TV. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(1), 68. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i1.1427

Lin, L. Y., Cherng, R. J., Chen, Y. J., Chen, Y. J., & Yang, H. M. (2015). Effects of television exposure on developmental skills among young children. Infant Behavior and Development, 38, 20-26. https://doi.org/10.1016/j.infbeh.2014.12.005

Mahsun, M. S. (2014). Metode Penelitian Bahasa Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi Metode dan Tekniknya. Raja Grafindo Persada.

Marinelli, M. (2015). Impact of television on the quality of sleep in preschool children. Sleep Medicine, 10-11. https://doi.org/10.1016/j.sleep.2015.07.011

McAnally, H. M., Young, T., & Hancox, R. J. (2019). Childhood and adolescent television viewing and internalising disorders in adulthood. Preventive Medicine Reports, 15(May), 1-5. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2019.100890

Normawati. (2015). Nilai Pendidikan Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, V(1), 48-69.
https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8612

Novita, A., Hamid, solihin I., & Rustini, T. (2017). Studi Dampak Tayangan Televisi terhadap Perkembangan Perilaku Sosial Anak. Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 1689-1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Nugroho, R. (2018). Kebijakan Membangun Karakter Bangsa. Elex Media Komputindo.

Octaviana, D. W. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Uhibbuka Fillah (Aku Mencintaimu karena Allah) Karya Ririn Rahayu Astuti Ningrum: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal KATA, 2(2), 182. https://doi.org/10.22216/jk.v2i2.3334

Purnomo, F. S. (2016). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Upin dan Ipin Produksi Les Copaque Tahun 2010. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 142-149. https://doi.org/10.33369/diksa.v2i2.3411

Relin, R., Rasna, I. W., & Binawati, W. S. (2018). Values Implied in the Wratisasana Palm Manuscripts as Guideline of Politeness in Language of the Character Education: A Study of Theo-Ethno Pedagogy. Journal of Language Teaching and Research, 9(1), 90. https://doi.org/10.17507/jltr.0901.11

Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab pada Pembelajaran (Perspektif Psikologi Barat dan Psikologi Islam). Al Murabi, 3(1), 36-54.

Rohani, G. A. (2017). Pengaruh Televisi (TV) terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12355

Sabakti, S. (2018). Konsep Pendidikan Karakter dalam Buku Pandangan Orang Melayu terhadap Anak Karya Tenas Effendy. Widyaparwa, 46(2), 189-204.
https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i2.193

Samani, M., & Hariyanto. (2017). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosdakarya.

Santoso, J., Sabardila, A., Wahyudi, A., Setiawaty, R., & Kusmanto, H. (2018). Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar melalui Media Ungkapan Hikmah. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan, 65-75.

Sari, A. L., Nariyah, H., & Wihayati, W. (2019). Studi Fenomenologi Film Animasi Upin dan Ipin di MNC TV dalam Membentuk Perilaku Imitasi pada Anak di TK Al-Muhibbin Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon. Jurnal Signal, 7(1), 15-26. https://doi.org/10.33603/signal.v7i1.1915

Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santoso, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. L-Islam Dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif, 177-188.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Sanata Dharma University Press.

Suryanto, E. (2017). Pengembangan Materi Ajar Mata Kuliah Apresiasi Drama melalui Penggalian Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Naskah Drama Panembahan Reso Karya W.S. Rendra. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 44(2), 207-223. https://doi.org/10.17977/um015v44i22016p207

Tarigan, T., Ervani, N., & Lubis, S. (2016). Pola Menonton Televisi dan Pengaruhnya terhadap Anak. Sari Pediatri, 9(1), 44. https://doi.org/10.14238/sp9.1.2007.44-7

Tojo, H., & Takagi, A. (2017). Trends in Qualitative Research in Three Major Language Teaching and Learning Journals, 2006-2015. International Journal of English Language Teaching, 4(1), 37. https://doi.org/10.5430/ijelt.v4n1p37

Untari, M. F. A., & Purnomo, F. U. (2016). Kajian Nilai Moral dalam Film Kartun Upin dan Ipin Edisi "Ikhlas dari Hati" Produksi Les' Copaque. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 6(1), 9-18. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i1.1113

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Pembentukan Pendidikan Berkarakter. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 325-343. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480

Downloads

Published

09-04-2021

How to Cite

Sabardila, A., Markhamah, M., Arifin, Z., Kusmanto, H., Hidayah, L. N., Kurniasari, A. D., & Saputro, D. (2021). Menakar Nilai Pendidikan Karakter Acara Televisi pada Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 150–162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.875

Issue

Section

Articles