Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati

Author


Sumiyati Sumiyati(1Mail), Siswanto Masruri(2), Maemonah Maemonah(3),
Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati, Indonesia(1)
Studi Agama-Agama, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendididikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 205KB]

Published : 2020-11-06

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1790 times PDF Downloaded: 1557 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran sentra pada lembaga Taman Kanak-Kanak di Kabupaten Pati. Menggunakan penelitian kualitatif, berupa data-data tentang penyelenggaraan model pembelajaran sentra, langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran sentra, dan kemajuan anak yang diperoleh melalui proses belajar menggunakan model pembelajaran sentra. Objek penelitian ini terdiri atas tiga lembaga dengan kecamatan berbeda, yaitu: TK Aisyiah 2 Pati, TK Bintang Kecil dan TK An-Nismah. Subjek penelitian ini, meliputi: guru-guru, kepala sekolah, dan peserta didik tiga lembaga tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lembaga TK yang berada di Kabupaten Pati menerapkan pembelajaran sentra dengan menggunakan empat pijakan main, meliputi: penataan lingkungan main, pijakan sebelum main, pijakan saat main dan pijakan setelah main. Namun, masing-masing lembaga memiliki perbedaan pada pelaksanaan pembelajaran sentra, pembagian waktu kegiatan, dan pembagian guru.

Keywords


model pembelajaran sentra; lembaga taman kanak-kanak

References


Asmawati, L. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.

Budiarti, V. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sentra di TK Islam Teladan Al Fattah Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. IAIN Purwokerto.

Fatmawati, & Latif, M. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra di TK Amal Insani Yogyakarta. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(2), 25–34. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/2528

Fitriana, E. (2018). Model Pembelajaran Sentra di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (IT) Qurrota A’Yun Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Hafiza, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Sentra (Beyond Centers and Circle Time) dalam Mengoptimalkan Aspek Kognitif pada Kelompok B RA Syuhabuddin Malang [UIN Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16712

Ismawati, P., & Farihah, N. (2018). Penerapan Pembelajaran Sentra Bahan Alam/Sains terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Kelompok B di RA Salafiyah Syafi’iyah Klinterejo Sooko Mojokerto. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education , 2(1), 91–112. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/24/24

Kasali, R. (2019). Sentra: Membangun Kecerdasan dan Kemampuan Anak sejak Usia Dini Demi Masa Depan yang Cemerlang. Mizan.

Khobir, A. (2009). Upaya Mendidik Anak Melalui Permainan Edukatif. Forum Tarbiyah, 7(2), 195–208. http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/262

Latif, M. A. (2020). Experiential Learning sebagai Stimulus Perkembangan Kognitif dan Sosial-Emosional Anak di Taman Anak (TA) Sanggar Anak Alam (SALAM) Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogykarta.

Latif, M. A., Munastiwi, E., Puspita, D., Adinda, D., & Amanah, P. (2020). Analisis Total Quality Management (TQM) pada Pendidiran TK Islam Mutiara Plus Banguntapan. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 301–312. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i2.5783

Montessori, M. (2008). The Absorbent Mind (Pikiran yang Mudah Menyerap). Pustaka Pelajar.

Nasional, D. P. (2004). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas.

Nugroho, H. A., & Suparno, S. (2019). Implementing Beyond Centers and Circle Time for Linguistics Intelligence of Children with Hearing Impairment at an Early Age. 285–288. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.51

Nuraeni, N. (2014). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 2(2), 143. https://doi.org/10.33394/j-ps.v2i2.1069

Oktaviani, N. (2020). Indentifikasi Pengetahuan Konsep Sains Anak Usia 5-6 Tahun di Sentra Bahan Alam TK Islam Al-Falah 2 Kota Jambi. Universitas Jambi.

Pratiwi, A. P., Rivai, R. K., & Nopiana. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Bahan Alam terhadap Kemampuan Sains dan Berbicara Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 181–200. https://doi.org/10.21009/jpud.111.12

Rahayu, A. F., Syaodih, E., & Romadona, N. F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Melalui Pendekatan Experiential Learning. Edukid, 16(1), 11–23. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20725

Rosdiana, A. (2006). Partisipasi Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini: Survei pada Kelompok Bermain di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF, 1(2), 62–72.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. PT. Grafindo Persada.

Susanti, R. D. (2012). Esai-esai Pendidikan Islam: Pengembangan Interaksi dengan Lingkungan dan Potensi Anak. Idea Press.

Ubaidillah, K. (2018). Pembelajaran Sentra BAC (Bahan Alam Cair) untuk Mengembangkan Kreativitas Anak; Studi Kasus RA Ar-Rasyid. AL-ATHFAL : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 161–176. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2018.42-04

Wahyu Christiany Martono, Heni, L. A. K. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning sebagai Bagian dari Program Sekolah Ramah Anak. Membangun Sinergisitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas.

Watini, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190


Refbacks

  • There are currently no refbacks.