- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penggunaan Metode Qiraati dalam Meningkatkan Kemampuan Fonologi Bahasa Arab Anak di TPQ Nurul Falah
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6972Keywords:
Metode Qiraati, Kemampuan Fonologi, Pembelajaran Bahasa Arab,Abstract
Dalam belajar fonologi Arab anak mengalami kesulitan dalam artikulasi pengucapan huruf-huruf Arab seperti huruf-huruf yang hampir sama pengucapan dan artikulasinya seperti huruf ? (Shad) dan ? (Sin) ? (ha), ? (kha), ? ('ain), ? (Dzal) dan ? (Zai). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis langkah-langkah penggunaan metode qiraati dalam pembelajaran fonologi bahasa Arab anak dan untuk mengetahui usaha peningkatan fonologi bahasa Arab anak TPQ Nurul Falah menggunakan metode qiraati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu menunjukkan langkah-langkah penggunaan metode qiraati yang terstruktur meliputi pengenalan huruf-huruf Arab secara bertahap dimulai dari pengenalan bunyi huruf rendah hingga kompleks, dengan pendekatan individual dan klasikal. Keberhasilan metode ini didukung oleh penggunaan media pembelajaran visual, sistem evaluasi berkelanjutan, dan penekanan pada ketepatan artikulasi dan penggunaan pendekatan individual dan klasikal. Usaha-usaha peningkatan kemampuan fonologi meliputi penggunaan media pembelajaran visual, evaluasi berkelanjutan, dan penekanan pada ketepatan artikulasi dan makhraj huruf-huruf Arab.
Downloads
References
Ainunnisya, N., & Susiawati, S. F. A. I. (2024). Analisis Kesalahan Pelafalan Huruf Hijaiyah Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Pangkep. Pinisi Journal Of Education, 4(4), 240. https://journal.unm.ac.id/index.php/PJE/article/view/3468
AK, M. F., Ferawati, Darmayani, S., Nendissa, S. J., Opan Arifudin, Filia Dina Anggaraeni, Rudy Hidana, Nurhana Marantika, N. A., & Nazaruddin Ahmad, Rinanda Febriani, F. S. H. (2021). Pembelajaran Digital. Widina bhakti Persada.
Ambarwati, D., & H., A. C. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas III SD Qaryah Thayyibah Purwokerto. Ihtimam: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 14. https://doi.org/10.36668/jih.v4i1.206
Amrulloh, M. A., & H., H. (2019). Analisis Kesalahan Fonologis Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 226. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.815
Ariani, A. M. H. (2024). Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Alqur?Andi Sd Islam Bustanu Usysyaqil Quran Desa Lesmana Kecamatan Ajibarang. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi. 4(2), 142. https://doi.org/10.51878/paedagogy.v4i2.2930
Assya?bani, R., Sari, A., Hafizah, E., & Faizatul Hasanah, M. (2021). Pembelajaran Tajwid Dan Tahsin Al-Qur?an Dengan Metode Qira?ati Di Rumah Belajar Mahasiswa KKN Desa Hambuku Hulu. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 4. https://doi.org/10.35931/ak.v1i1.697
Farida, E., Lestari, H., & I., Z. (2021). Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur?an: Studi Kasus Di SDIT Insantama Leuwiliang. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 3(1), 11. https://journal.laaroiba.com/index.php/reslaj/article/view/224
Fauzi, M. (2023). Fonologi:Karakteristik Huruf Hijaiyyah dan Makna Kosakata Bahasa Arab. Islamika Jurnal Ilmu Keislaman, 23(2), 246–251. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/4429
Fitrianingrum, S. S., & A., E. F. (2024). Analisis Kesalahan Pengucapan Dalam Membaca Huruf Hijaiyah:Kajian Fonologi. Diajar:Jurnal Pendidikan Dan Pemmbelajaran, 3(1), 2–4. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2224
Harahap, K. L., & Muhammad Hidayat, M. (2024). Efektivitas Metode Baghdadiyah Dalam Meningkatkan Kemampuan Anak Dalam Membaca Al-Quran. Raudhah Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 9(2), 338. https://ejournal.stairu.ac.id/index.php/raudhah/article/view/704
Hasan, L. M. U., Adhimah, S., & R., M. (2024). Stimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Bahasa Arab. Aphorisme: Journal Of Arabic Language, Literature, and Education, 5(1), 138. https://doi.org/10.37680/aphorisme.v5i1.5401
Hasanah, U., Jamilah, R., Fitrianda, J. M. E., & Hamdan, R. T. (2024). Qiro?ati: Implementasinya Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur?an Di Taman Pendidikan Al-Qur?an. ISLAMIC PEDAGOGY:Journal Of Islamic Education, 02(01), 42. https://jurnal.stisummulayman.ac.id/IslamicPedagogy/article/view/210
Hidayah, N., & U., U. Z. (2021). Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Keterampilan Membaca Teks Arab Siswa Kelas VIII Di Pondok Pesantren Darul Muttaqin Sambong Jombang. Mbong Jombang?,. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(3), 208–209. https://doi.org/10.37081/ed.v9i3.2839
Hidayah, S., & Z., E. (2023). Penggunaan Metode Qiro?ati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur?an Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 357–358. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.601
Isbah, F. (2023). Memahami Karakteristik Bahasa Arab Untuk Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Bashrah, 3(1), 2. https://doi.org/10.58410/bashrah.v3i01.604
Lathifah, F., & Syihabuddin, M. Z. A. F. (2017). Analisis Kesalahan Fonologis Dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 177–178. https://doi.org/10.15408/a.v4i2.6273
Lestari, J. R. D., Mustofa, T., & Abdurohim. (2018). Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur?an Dengan Baik Dan Benar Di MI Nihayatul Amal 2 Purwasari Karawang. Al-Fikrah:Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 7(1), 17. https://jurnal.alhamidiyah.ac.id/index.php/al-fikrah/article/view/310
Lubis, M. S., Ritonga, A. R., Ririn Indriani A. P., & Lubis Chandra Anggi Pradana, A. A. (2024). Peran Mahasiswa Kkn 19 UINSU Dalam Peningkatan Tajwid Al-Qur?an Melalui Program Mengaji Bersama Di Desa Pasir Permit. Journal of Human And Education, 4(4), 89. http://www.jahe.or.id/index.php/jahe/article/view/1482/758
Maysaroh, S., & M., L. (2024). Analisis Kontrastif Fonologi Bahasa Arab Dan Bahasa Indonesia: Perbandingan Vokal dan Konsonan. Al-Bariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 61. https://doi.org/10.24239/albariq.v5i1.73
Mulia, A., Kosasih, A., & Z., M. (2021). Strategi Guru PAI Dalam Menghadapi Kesulitan Membaca Al-Qur?an Peserta Didik Kelas V SD Negeri 04 Kampung Dalam. An-Nuha Jurnal Pendidikan Islam, 1(3), 274. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i3.80
Mulyani, H. M. (2018). Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur?an. Jurnal Paramurobi, 1(2), 28. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294
Prihatin, Y. (2019). Model Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Manggu Makmur Tanjung Lestari.
Puspitasari, D., & I., A. N. (2022). Prspektif Orang Tua Mengenai Pembelajaran Metode Qiraati Untuk Anak Usia Dini. CERIA(Cerdas Energik Responsif Inovativ Adapatif), 5(5), 505–506. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/12145
Rochanah. (2019). Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur?an Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Qiroati (Studi Kasus Di TPQ Nurussalam Lau Dawe Kudus). Jurnal Thufula, 7(1), 108–109. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4727
Safitri, K., Nurhalizah, S., & N., H. (2023). Penerapan Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur?an Di Pondok Pesantren Raudlatul Mubtadi?in Cisambeng Palasah Majalengka. Edumasa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 64. https://doi.org/10.15294/edumasa.v9i2
Sani, N., Rahmatan, M., Pratama, M. R., Alvio, D., & A., V. (2024). Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Metode Iqra? di TPA Alfiah Abbas. Ajamiy: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 13(1), 27.
Saputra, S. (2023). Pembelajaran Bahasa Al-Qur?an Perspektif Fonologi. EDUCATE: Journal Of Education and Culture, 1(2), 93. https://doi.org/10.61493/educate.v1i02.50
Shalsabila, S. O. H. (2023). Pengelolaan Pembelajaran Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur?an pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam (JRPAI), 3(1), 66. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRPAI
Sukron, O. (2020). Studi Komparatif Pelaksanaan Bimbingan Baca Tulis Al Qur?an Melalui Metode Ummidan Metode Iqrodi Sekolah Menengah Kejuruan Cendikia Utama. Eduprof?: Islamic Education Journal. 2(2), 206. https://journal.ljpi.bbc.ac.id/eduprof/article/view/27
Taryanto, W. D. (2023). Problematika Fonologi Pada Pembelajaran Bahasa Arab Kelas IX Madrasah Tsanawiyah (Studi Kasus Terhadap Buku Ajar). Mahira:Journal of Arabic Studies and Teaching Student Research, 1(2), 145. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/mahira/article/view/5829
Zulfa, D. R. (2023). Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Keterampilan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas V MI Baiquniyyah. Mahira:Journal of Arabic Studies and Teaching Student Research., 128(2023). https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/mahira/article/view/5841
Zulkifri, A., & S., A. (2023). Penerapan Metode Qiro?ati Dalam Pembelajaran Al-Qur?an Di MTS Assaadah Tajur Halang Bogor.
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitriani Fitriani, Nasarudin Nasarudin, Husnan Husnan, Nurjannah Nurjannah, Ahmad Rosyidiy helwani syafii, ishanan ishanan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: