Mengintegrasikan Buku 9 Pilar untuk Pendidikan Karakter di TK Anak Cerdas Ungaran: Sebuah Studi Implementasi

Author


Marlina Arestin Putri(1), Swantyka Ilham Prahesti(2Mail),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ngudi Waluyo, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 1MB]

Published : 2025-01-13

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 78 times PDF Downloaded: 25 times

Abstract


Indonesia saat ini menghadapi krisis karakter, di mana tidak semua jenjang pendidikan melaksanakan pembiasaan pendidikan karakter secara terjadwal dan terkonsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi buku 9 pilar dalam penanaman pendidikan karakter di TK Anak Cerdas Ungaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan mengikuti model Miles dan Huberman, yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan utama menunjukkan bahwa penerapan buku 9 pilar berkontribusi signifikan terhadap pemahaman karakter di kalangan anak-anak. Guru melaporkan kemudahan dalam menyampaikan konsep karakter, sementara anak-anak menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai yang diajarkan. Penerapan pendidikan karakter juga berlangsung secara sistematis dan terjadwal, memberikan dampak positif pada perkembangan karakter anak.


Keywords


anak usia dini; buku 9 pilar; pendidikan karakter

References


Aprily, N. M., Rosidah, A. K., & Hashipah, H. (2023). Maaf, Terima Kasih, Tolong Dan Permisi: Empat Kata Ajaib Dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.32678/assibyan.v8i1.8312

Astriya, B. R. I. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter (Character Education) Melalui Konsep Teori Thomas Lickona Di Paud Sekarwangi Wanasaba. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2), 227. https://doi.org/10.18592/jea.v8i2.7634

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Dyah Kusbiantari, R. (2024). Safety Talk Dalam Implementasi Keamanan Dan Keselamatan Anak Di PAUD. Jurnal Ivet: Sentra Cendekia, 5, 3741. https://doi.org/10.31331/sencenivet.v5i1.3239

Fatmasari, D. (2019). Internalisasi 9 Pilar Karakter Bagi Anak Usia Dini. In PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. Pustaka Senja.

Foundation, I. H. (2020). 9 Pilar Karaker. Indonesia Haritage Foundation. https://ihf.or.id/9-pilar-karakter

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.24114/jud.v7i2.30585

Hikmah, Nurul., M. A. (2022). Prinsip Prinsip Pendidikan Anak Usia Dini dalam Al- Qur an. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 899921. https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/2344

Ida Nurhayati, Yusuf Hidayat, Lastari Lastari, Neng Kurniasih, S. S. (2024). Implementasi Pembiasaan Berkata Tolong, Maaf, Terima Kasih, Dan Permisi Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Di Kober Sartika Asih. Al-Urwatul Wutsqo: Jurnal Ilmu Keislaman Dan Pendidikan, 5(1), 8188. https://doi.org/10.62285/alurwatulwutsqo.v5i1.88

Kartikowati, E., & Zubaedi. (2020). Pola pembelajaran 9 pilar karakter pada anak usia dini dan dimensi dimensinya. Pranada Media Grup.

Prahesti, S. I., Taulany, H., & Dewi, N. K. (2019). Gerak dan Lagu Neurokinestetik (GELATIK) untuk Menumbuhkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.289

Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5611

Syahindra, O., Khadijah, S., Dahliah, & Aisyah, S. (2020). Menanamkan Karakter Kemandirian Pada Saat Belajar Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Belawan (Studi Kasus Selama Masa Pandemi Corona Virus Diseases 19). EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, 4(2). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/8247


Refbacks

  • There are currently no refbacks.