Analisis Manajemen Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan dan Ke’aisyiyahan dalam Kurikulum Merdeka di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal

Author


Vivi Kusumastuti(1Mail), Imron Imron(2),
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 689KB]

Published : 2024-11-01

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 105 times PDF Downloaded: 32 times

Abstract


Kurikulum Taman Kanak-kanak (TK) ‘Aisyiyah Bustanul Athfal  memiliki ciri khas muatan lokal nilai-nilai Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Ke’aisyiyahan (AIK). Seiring pemberlakuan Kurikulum Merdeka, perlu penelitian terhadap manajemen nilai-nilai AIK beserta tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran AIK. Tujuannya untuk memaparkan hasil analisis SWOT terhadap kurikulum muatan lokal AIK. Selain itu untuk melihat permasalahan serta alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran AIK. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal. Subyek penelitian yakni kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan diagram analisis SWOT berada pada kuadran I dengan nilai positif, artinya TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal memiliki posisi yang prima, mantap, kuat secara organisasi dan memiliki banyak peluang. Permasalahan dalam pembelajaran adalah peserta didik yang sulit fokus dan rentang konsentrasi pendek. Untuk mengatasinya guru menerapkan disiplin positif dan segitiga resititusi untuk menjaga agar situasi kelas tetap teratur dan kondusif. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan kurikulum muatan lokal AIK tetap relevan dalam Kurikulum Merdeka.


Keywords


Kata Kunci: analisis SWOT; manajemen; nilai-nilai al islam, kemuhammadiyahan, dan ke’asiyiyahan

References


Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikankementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, D. T. R. I. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). Kemendibudristek, 1–16.

Bahri, H. (2019). Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Peletak Dasar Pendidikan Karakter (hal. 1–201).

DIY, P. M. dan P. I. (2014). Materi Pendidikan Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Ke’aisyiyahan (M. P. Dra, Yuni Purwanti (ed.)). PWA Dikdasmen.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157

Kurniasih. (2021). Teknik Analisa. Alfabeta Bandung, 1–119.

Mardiyah Hayati, Aqodiah, M. H. A. (2019). Pembelajaran Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan Di Tk Aba Panto Daeng Sumbawa Besar Dan Tk Aba Taliwang Sumbawa Barat. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 4(2), 98. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1241

Marlina, S., Pransiska, R., & Qalbi, Z. (2021). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 844–855. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1143

Mawardi, I. (2018). MODEL PEMBELAJARAN LIFE SKILLS: Dimensi Penguatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Nomor September).

Pratama, R. A., & Marlina, S. (2020). Analisis Kurikulum Muatan Lokal Al-Islam dan Keaisyiyahan/Kemuhammadiyahan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyyyah Bustanul Athfal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1389–1398.

Rahmawati, Y., Ismail, Y., & Anggraeni, D. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 70. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.19464

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2021). Analisis Swot Sebagai Penyusunan Strategi Organisasi. In Analisis SWOT sebagai penyusunan strategi organisasi.

Riyanto, Wardini, S. U., & Daroini, A. (2023). Manajemen Strategi Pendidikan Islam Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Al-Hikam, 4(2), 1–9. https://journal.stitmhpali.ac.id/index.php/ah

Rohdinia, U. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Kemuhammadiyahan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 3(1), 133–139.

Siantajani, Y. (2020). Konsep dan Praktek STEAM di PAUD (Endinda H Krista (ed.); 1 ed.). PT Sarang Seratus Aksara.

Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta Bandung.

Sumiati, C., Patilima, H., Pendidikan, M., Usia, A., Panca, U., & Bekasi, S. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Disiplin Positif. 5(1), 39–54.

Suriono, Z. (2022). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY : Journal of Education, 1(20), 94–103. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50

Susanty, M., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4493–4506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2622

Zahra, I. (2020). Disiplin Positif Bagi Anak Usia Prasekolah (Konsep dan Penerapannya dalam Perspektif Orang Tua Muslim Ilmuwan Psikologi atau Psikolog di Pekanbaru).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.