- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Analisis Manajemen Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan dan Keaisyiyahan dalam Kurikulum Merdeka di TK Asyiyah Bustanul Athfal
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6148Keywords:
Kata Kunci, analisis SWOT, manajemen, nilai-nilai al islam, kemuhammadiyahan, dan ke’asiyiyahanAbstract
Kurikulum Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal memiliki ciri khas muatan lokal nilai-nilai Al Islam, Kemuhammadiyahan, dan Keaisyiyahan (AIK). Seiring pemberlakuan Kurikulum Merdeka, perlu penelitian terhadap manajemen nilai-nilai AIK beserta tantangan yang dihadapi guru dalam pembelajaran AIK. Tujuannya untuk memaparkan hasil analisis SWOT terhadap kurikulum muatan lokal AIK. Selain itu untuk melihat permasalahan serta alternatif pemecahan masalah dalam pembelajaran AIK. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Subyek penelitian yakni kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan diagram analisis SWOT berada pada kuadran I dengan nilai positif, artinya TK Aisyiyah Bustanul Athfal memiliki posisi yang prima, mantap, kuat secara organisasi dan memiliki banyak peluang. Permasalahan dalam pembelajaran adalah peserta didik yang sulit fokus dan rentang konsentrasi pendek. Untuk mengatasinya guru menerapkan disiplin positif dan segitiga resititusi untuk menjaga agar situasi kelas tetap teratur dan kondusif. Dengan demikian hal ini membuktikan bahwa pelaksanaan kurikulum muatan lokal AIK tetap relevan dalam Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikankementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, D. T. R. I. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). Kemendibudristek, 1–16.
Bahri, H. (2019). Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Peletak Dasar Pendidikan Karakter (hal. 1–201).
DIY, P. M. dan P. I. (2014). Materi Pendidikan Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Ke’aisyiyahan (M. P. Dra, Yuni Purwanti (ed.)). PWA Dikdasmen.
Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus?: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157
Kurniasih. (2021). Teknik Analisa. Alfabeta Bandung, 1–119.
Mardiyah Hayati, Aqodiah, M. H. A. (2019). Pembelajaran Nilai Al Islam Kemuhammadiyahan Di Tk Aba Panto Daeng Sumbawa Besar Dan Tk Aba Taliwang Sumbawa Barat. Ibtida’iy?: Jurnal Prodi PGMI, 4(2), 98. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v4i2.1241
Marlina, S., Pransiska, R., & Qalbi, Z. (2021). Analisis Kurikulum Pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Padang. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 844–855. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1143
Mawardi, I. (2018). MODEL PEMBELAJARAN LIFE SKILLS: Dimensi Penguatan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Nomor September).
Pratama, R. A., & Marlina, S. (2020). Analisis Kurikulum Muatan Lokal Al-Islam dan Keaisyiyahan/Kemuhammadiyahan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyyyah Bustanul Athfal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1389–1398.
Rahmawati, Y., Ismail, Y., & Anggraeni, D. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. TARBAWY?: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 70. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.19464
Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2021). Analisis Swot Sebagai Penyusunan Strategi Organisasi. In Analisis SWOT sebagai penyusunan strategi organisasi.
Riyanto, Wardini, S. U., & Daroini, A. (2023). Manajemen Strategi Pendidikan Islam Menggunakan Analisis SWOT. Jurnal Al-Hikam, 4(2), 1–9. https://journal.stitmhpali.ac.id/index.php/ah
Rohdinia, U. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Kemuhammadiyahan Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 21 Rawamangun Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan PAUD, 3(1), 133–139.
Siantajani, Y. (2020). Konsep dan Praktek STEAM di PAUD (Endinda H Krista (ed.); 1 ed.). PT Sarang Seratus Aksara.
Sugiyono, P. D. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta Bandung.
Sumiati, C., Patilima, H., Pendidikan, M., Usia, A., Panca, U., & Bekasi, S. (2023). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Disiplin Positif. 5(1), 39–54.
Suriono, Z. (2022). Analisis SWOT dalam Identifikasi Mutu Pendidikan. ALACRITY?: Journal of Education, 1(20), 94–103. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i3.50
Susanty, M., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4493–4506. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2622
Zahra, I. (2020). Disiplin Positif Bagi Anak Usia Prasekolah (Konsep dan Penerapannya dalam Perspektif Orang Tua Muslim Ilmuwan Psikologi atau Psikolog di Pekanbaru).
Downloads
Published
Check Article Index
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vivi Kusumastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: