Author
Sri Utaminingsih(1), Saiful Anwar(2), Shella Rachmawaty(3),
Manajemen Pendidikan, Universitas Pamulang, Indonesia(1)
Manajemen Pendidikan, Universitas Pamulang, Indonesia(2)
Pendidikan Profesi Guru, Universitas Pamulang, Indonesia(3) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 338KB]
Published : 2024-12-31
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 145 times PDF Downloaded: 45 timesAbstract
Keseimbangan kehidupan kerja (work-life balance) merupakan faktor krusial yang mempengaruhi kinerja profesional di berbagai sektor, termasuk pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh keseimbangan kehidupan kerja terhadap kinerja guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia. Guru PAUD menghadapi tantangan besar dalam menjaga keseimbangan antara tuntutan pekerjaan dan kehidupan pribadi, terutama akibat beban administratif, persiapan materi ajar, dan interaksi intensif dengan anak-anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam dan observasi partisipatif terhadap delapan guru PAUD berpengalaman lebih dari dua tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja yang tinggi dan tekanan dari masyarakat serta orang tua secara signifikan mengganggu keseimbangan kehidupan kerja guru, yang berdampak pada peningkatan stres, kelelahan, dan penurunan motivasi. Kondisi ini mempengaruhi kualitas pengajaran di kelas. Temuan utama juga menunjukkan bahwa manajemen waktu yang baik, dukungan dari keluarga, serta lingkungan kerja yang kondusif berperan penting dalam membantu guru mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Studi ini menyarankan pentingnya kebijakan institusional yang mendukung kesejahteraan guru, guna meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Keywords
References
Afrianingsih, A., & Tamrin, T. (2022). Modul Profesionalisasi Guru PAUD (D. N. Agustin & J. R. Satriyaningsih (eds.); 1st ed.). UNISNU Press.
Choeriyah, A. N., & Ayu Tuty Utami. (2023). Pengaruh Work Life Balance terhadap Komitmen Organisasi pada Dosen Hybrid Working. Jurnal Riset Psikologi, 9–16. https://doi.org/10.29313/jrp.v3i1.1800
Fauzi, A., Muizzuddin, M., & Subekhan, M. (2019). Dual Role and Reciprocal Relationship of Teachers – Students – Parents: Communication Study of Education in Serang City, Banten Province, Indonesia. 349(Iccd), 91–93. https://doi.org/10.2991/iccd-19.2019.25
Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Hidayati, A. T., Hayat, A., & Rahma Yuliani. (2023). Pengaruh Beban Kerja terhadap Kepuasan Kerja dengan Work Life Balance sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 5(12), 122–130. https://doi.org/10.29313/jrmb.v3i2.2907
Hutabarat, U. A. H., & Brahmana, K. M. B. (2023). Gambaran Burnout pada Guru SD Negeri di Desa Hutabalang Kecamatan Badiri. 3, 6384–6394. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i4.4288
Kambuno, R., Simega, B., & Dewi, R. (2024). Dampak Beban Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Bahasa Indonesia. JPST : Jurnal Pendidikan Sains. https://doi.org/10.47233/jpst.v3i1.1548
Kurnia, M. I., & Khairunnisa, A. (2024). Peran Work-Life Balance Dalam Meningkatkan Etos Kerja Profesional. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 256–260. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13543
Ma’wa, J., Novitawati, N., & Noorhapizah, N. (2024). Pengaruh Self-Eficacy Guru, Beban Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Profesionalitas Guru TK di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2149. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1096
Made Pradnya Dhaniswari, N., & Sudarnice. (2024). Pengaruh Work-Life Balance dan Burnout terhadap Kinerja Karyawan Gen Z di Kota Denpasar. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.24269/asset.v7i1.8910
Novela, G. T. (2023). Pengaruh Kualifikasi dan Kompetensi Guru terhadap Prestasu Belajar Anak Usia Dini di Sekolah PAUD. Thufuli : Jurnap Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 46–52. https://doi.org/10.62070/thufuli.v1i2.1
Pandia, W. S., Hendriati, A., & Widyawati, Y. (2022). Menilik Lebih Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Peran Orang Tua, Guru, dan Institusi. PT Kanisius.
Piscesta, F., Febriana, S., & Putranto, Y. A. (2022). Pengaruh work-life balance terhadap stres kerja pada akuntan pendidik di kota Palembang. Jurnal Informasi Akuntansi, 1(2), 129–140. https://doi.org/10.32524/jia.v1i2.655
Poernamasari, I. O., Muhajirin, A., Ali, H., Bisnis, E., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2023). Pengaruh Kepemimpinan , Keseimbangan kehidupan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Organisasi kerja. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan (JIMT), 5(1), 30–38. https://doi.org/10.31933/jimt.v5il
Pranindhita, E. Y., & Wibowo, D. H. (2020). Hubungan Work Life Balance Dengan Kepuasan Kerja Pada Guru Di Smk Kabupaten Pati. Psikologi Konseling, 16(1), 570–580. https://doi.org/10.24114/konseling.v16i1.19141
Prasetyo, D. R., Mustiningsih, M., & Sumarsono, R. B. (2024). Pengaruh Kredibilitas, Kompensasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Swasta Di Kota Batu. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 16(2), 403. https://doi.org/10.26418/jvip.v16i2.73274
Rahal, Y. M., & Rosanah. (2024). Komunikasi Corporate Internal Relations PT. AMS Maritime LLC dalam Menciptakan Work-Life Balance. Bulletin of Community Engagement, 4(1), 356–362. https://doi.org/10.51278/bce.v4i1.1166
Rahmayati, T. E. (2021). Keseimbangan Kerja dan Kehidupan (Work Life Balanced) Pada Wanita Bekerja. Juripol, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.33395/juripol.v4i2.11098
Raniasari Bimanti Esthi, & Saur Panjaitan. (2023). The Effect of Work-Life Balance on Turnover Intention Mediated by Burnout. ProBisnis : Jurnal Manajemen, 14(1), 29–34. https://doi.org/10.62398/probis.v14i1.69
Riatmaja, D. S., Andriani, N., Purwadisastra, D., Rukhmana, T., Ikhlas, A., & Wonmally, W. (2024). Hubungan Kepemimpinan Transformasi, Kelelahan Emosional, Karakteristik Individu, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasional pada Guru SMA. Indonesian Research Journal on Education, 4, 227–232. https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.820
Rohmawati, R. A., & Izzati, U. A. (2021). Hubungan antara keseimbangan kehidupan kerja dengan kualitas kehidupan kerja pada guru. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(No. 4), 1–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41170
Sarry, M., & Perdhana, T. S. (2023). Work Life Balance Pada Pekerja Yang Sudah Menikah Mawar. Liberosis : Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.3287/liberosis.v5i1.4952
Setyaningsih, S., & Suchyadi, Y. (2021). Implementation of Principal Academic Supervision To Improve Teacher Performance in North Bogor. Jhss (Journal of Humanities and Social Studies), 5(2), 179–183. https://doi.org/10.33751/jhss.v5i2.3909
Silva-Costa, A., Ferreira, P. C. S., Griep, R. H., & Rotenberg, L. (2020). Association between presenteeism, psychosocial aspects of work and common mental disorders among nursing personnel. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(18), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph17186758
Soelton, M. (2023). How Did It Happen : Organizational Commitment and Work-Life Balance Affect Organizational Citizenship Behavior Bagaimana Itu Terjadi : Komitmen Organisasi dan Work Life Balance Mempengaruhi Perilaku Kewarganegaraan Organisasi. Jurnal Dinamika Manajemen, 14(85), 149–164. https://journal.unnes.ac.id/nju/jdm/article/view/41493
Suharno, C. N. T., & Muttaqiyathun, A. (2021). Pengaruh Work-Life Balance dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Masa Pandemi Covid-19. Proceeding of The URECOL, 538–545.
Tanfidayah, N. (2021). Dasar-Dasar PAUD (Mengkaji Pendidikan Anak Usia Dini Dari Akarnya). Guepedia.
Utaminingsih, S., Hardhienata, S., & Sunardi, O. (2022). Peningkatan Kinerja Guru (Tuntunan Profesionalitas Guru PAUD) (D. A. Putri (ed.)). Pascal Books.
Venkatesan, R. (2021). Measuring Work-Life Balance: Relationships With Work-Family Conflict and Family-Work Conflict. Journal of Strategic Human Resource Management, 10(2), 28–36. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3905128
Yulianti, A., & Dewanti, R. (2024). Dampak Burnout Guru Taman Kanak-kanak terhadap Kepuasan Kerja di Sidoarjo. 1(1), 1–12. https://diksima.pubmedia.id/index.php/Psychology/article/view/47
Refbacks
- There are currently no refbacks.