Abstract
Berdasarkan latar belakang penelitian yang dilakukan terhadap kemampuan membaca anak usia dini, dimana yang dilakukan di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas Padang, terhadap kemampuan membaca menggunakan pembelajaran masih secara manual. Akibatnya anak kurang tertarik dan merespon pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh penggunaan flipbook digital terhadap kemampuan membaca anak di Taman Kanak-kanak Melati Ikhlas padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji-t, namun sebelum itu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menunjukkan bahwa rata-rata skor pre-test kelas eksperimen adalah 14,2 dan skor post-test adalah 19,2. Hasil pre-test rata-rata kelas kontrol 11,73 dan hasil post-test kelas kontrol 12,87. Kumpulan data akhir bersifat homogen dan tersebar secara teratur. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Keywords
Kemampuan Membaca, Flipbook Digital, Anak Usia Dini
Refbacks
- There are currently no refbacks.