Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi belum berkembangnya kecerdasan anak pada awal semester yang disebabkan oleh peran orang tua yang belum maksimal dalam memberikan motivasi dalam mengajak anak berkomunikasi agar anak memiliki kecerdasan bahasa yang dapat memberikan bekal dalam melanjutkan pembelajaran di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi orang tua terhdap kecerdasan bahasa anak. Menggunakan pendekatan kualitatif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposif sampling yaitu enam keluarga anak usia dini. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, dan observasi yang dilengkapi dengan daftar pertanyaan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, display data, dan verifikasi serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan metode trianggulasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komunikasi orang tua yang dapat membantu kecerdasan bahasa anak dapat melalui dua komponen yakni empati dalam komunikasi yang baik antara orang tua dan anak, serta keterbukaan untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka kepada orang lain.


Keywords


Peran Komunikasi; Orang Tua; Bahasa anak

Refbacks

  • There are currently no refbacks.