Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang

Author


Sri Hartati(1Mail), Zulminiati Zulminiati(2),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 237KB]

Published : 2020-09-28

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 2597 times PDF Downloaded: 4234 times

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan penilaian otentik yang  diterapkan  dalam  pembelajaran di Taman Kanak-kanak Negeri II Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Kenyataannya, ada beberapa fakta penerapan penilaian otentik khususnya  guru-guru TK belum sepenuhnya memahami konsep penilaian otentik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan  penilaian otentik di Taman Kanak-kanak Negeri II Padang. Pengumpulan dengan format observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan yang dibuat oleh guru sudah ada penilaian sesuai dengan KD dan indikator, tetapi belum semua aspek perkembangan; (2) Proses pelaksanaan penilaian otentik sebagian sudah dilaksanakan oleh guru; (3) Hasil penilaian otentik yang dilakukan setiap hari sesuai dengan intrumen, catatan anekdot, dan hasil karya anak ,tetapi belum direkap oleh guru.


Keywords


penilaian; otentik; taman kanak-kanak

References


Dariyati, I. G. A., Marhaeni, A. A. I. ., & Widiartini, N. K. (2015). Pengaruh Pembelajaran Praktik Berbantuan Media Audio Terhadap Kemampuan Motorik dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1).

Pedoman Penilaian Hasil Pembelajaran, (2015).

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Haryono, A., Jurusan, :, Pembangunan, E., & Ekonomi_Um, F. (2009). Authentic Assessment dan Pembelajaran Inovatif dalam Pengembangan Kemampuan Siswa (Vol. 2, Issue 1).

Imas, S. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Konsep Dan Penerapan. Kata Pena.

Isjoni. (2011). Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Alfabeta.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 1(1), 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Johnson, R. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Berbagai Pendekatan. terjemahan Sari Narulita. Kencana Prenada Media Group.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasrakan Kurikulum 2013). Rajawali Pers.

Kunandar. (2015). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Pesrta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. In Jurnal Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo. https://doi.org/10.21009/JEP.022.05

Majid, A. (2010). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Mendikbud, & Indonesia, R. (2014). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Morrison. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Indeks.

Mueller, J. (2005). The Authentic Assessment Toolbox : Enhancing Student Learning through Online Faculty Development. Merlot Journal of Online Learning & Teaching, 1(1), 7. https://www.researchgate.net/publication/228649683_The_Authentic_Assessment_Toolbox_Enhancing_Student_Learning_through_Online_Faculty_Development

Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Bebasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. In Belajar dan Pembelajaran Bebasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21.

Salamah, U. (2018). Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan. Journal EVALUASI, 2(1), 274. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.79

Sukanti, S. (2010). Pemanfaatan Penilaian Portofolio Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 33–40. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.952

Suyadi. (2011). Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini. Pustaka Pelajar.

Suyana, D. (2013). Pendidikan Anak Usia Dini (Teori Dan Praktek Pembelajaran). UNP Press.

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.

Wahyudi, M. D. (2015). Implementasi Authentic Assessment Di Paud. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM, 1(1), 17–26.

Wiana, J., Gading, & Kusmariyatni. (2015). Penerapan penilaian otentik untuk meningkatkan hasil belajar IPA Kelas IV SD negeri 2 Pupuan. Jurnal PGSD UPG, Vol.3(1), No.1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5737

Yusriani, A. (2012). Kiat-kiat menjadi guru PAUD. Diva Press.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.