Author
Nihayatu Rohmah(1), Joko Pamungkas(2), Arief Nurrahman(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 418KB]
Published : 2023-10-15
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 327 times PDF Downloaded: 249 timesAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana peran kepala Lembaga Taman Kanak-Kanak dalam penyelenggaraan pendidikan saat dan setelah masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa angket telah divalidasi dan diuji koefisien reliabilitasnya. Penelitian melibatkan 165 guru dan 5 kepala lembaga Taman Kanak-Kanak di Kota Yogyakarta yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen memenuhi validitas ahli pada rentang 0,80-0,95, validitas konstruk dengan nilai KMO Barlet’s Test sebesar 0,665, dan koefisien reliabilitas dengan Cronbach’ Alpha sebesar 0,875, yang berarti instrumen penelitian valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala lembaga Taman Kanak-Kanak memiliki peran yang baik dalam penyelenggaraan pendidikan. Hal ini dibuktikan dari persentase pada aspek sebagai edukator, manager, administrator, supervesor, leader, inovator, dan motivator selalu meningkat. Penelitian ini penting dilakukan untuk memastikan bahwa lembaga dapat lebih maju dan lebih baik dalam penyelenggaraan pendidikan bagi anak
ÂKeywords
References
Adnan, M. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 1(2). https://doi.org/10.33902/jpsp.2020261309
Aiken. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/001316448545101
Aslam, A., Wahab, A. A., Nurdin, D., & Suharto, N. (2022). Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2742
Aswat, H., & Nisa Tayibu, K. (2022). Teacher Managerial Strategy in Building Character Education During The Covid-19 Pandemic. International Journal of Education And Humanities, 1(1). https://jurnal-eureka.com/index.php/ijoleh/article/view/42
Batra, S., Orban, J., Raichur, S., Jennings, N., Trivedi, C., Naik, N., Bogucki, C., & Haywood, Y. (2022). Association of the COVID-19 Pandemic With Medical School Diversity Pathway Programs. JAMA Network Open, 5(8). https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2022.29086
Bestiantono, D. S., Agustina, P. Z. R., & Cheng, T.-H. (2020). How Students’ Perspectives about Online Learning Amid the COVID-19 Pandemic? Studies in Learning and Teaching, 1(3). https://doi.org/10.46627/silet.v1i3.46
Day, C., Gu, Q., & Sammons, P. (2016). The Impact of Leadership on Student Outcomes: How Successful School Leaders Use Transformational and Instructional Strategies to Make a Difference. Educational Administration Quarterly, 52(2). https://doi.org/10.1177/0013161X15616863
de Klerk, E. D., & Palmer, J. M. (2022). Technology inclusion for students living with disabilities through collaborative online learning during and beyond COVID-19. Perspectives in Education, 40(1). https://doi.org/10.18820/2519593X/PIE.V40.I1.5
Dema, Y., Chogyel, N., & Wangdi, N. (2021). Online learning amid COVID-19 pandemic: Perspectives of Bhutanese students. International Journal of Didactical Studies, 2(1). https://doi.org/10.33902/ijods.2021167818
Ellianis, E., Gimin, G., & Azhar, A. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Upaua Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 004 Kecamatan Salo Kabupaten Kampar. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1). https://doi.org/10.31258/jmp.10.1.p.40-47
Haidar, R. A., & Agustina, F. (2021). Analisis Teori Kritis terhadap Wajah Pendidikan Indonesia Pada Era Pandemi Covid-19. Jurnal Sentris, 2(2). https://doi.org/10.26593/sentris.v2i2.5081.121-131
Halimah, S., Retnowati, R., & Herfina, H. (2019). Hubungan Antara Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Keinovatifan dengan Efektivitas Kerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1332
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Hasanah, U., & Fadilah, N. (2021). Reorientation Of Inovation In Islamic Education Evaluation During Pandemic. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/8826
Hidayatullah, U. H., Afifulloh, M., & ... (2022). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agam Islam di SMP Raudlatul Muta’allimin. Universitas Negeri Malang. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6300
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/2441
Hura, S., & Mawikere, M. C. S. (2020). Kajian Biblika Mengenai Pendiidkan Anak dan Hakikat Pendiidkan Anak Usia Dini. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1). https://doi.org/10.47530/edulead.v1i1.12
Idhayani, N., Nasir, N., & Jaya, H. N. (2020). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan di Masa New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.911
Irvan, I., Yamin, A., & Umar, U. (2022). Inovasi Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Membentuk Lulusan Entrepreneurship in Tourism di SMKN 1 Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 6(1). https://doi.org/10.37484/220822
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061
Mardiana, D., & Yusuf, Z. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 34-52. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v3i2.73
Mastoah, I., & MS, Z. (2020). Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid 19 Di Kota Serang. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Suia Dini, 5(2). https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/3663
Menchaca Sierra, I., & Doran, P. (2019). Learning About Steam Through The Resolution Of Real Problems And The Involvement Of Local Stakeholders. EDULEARN19 Proceedings, 1. https://doi.org/10.21125/edulearn.2019.1587
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing Valid Meaning from Qualitative Data: Toward a Shared Craft. http://er.aera.net
Mohammady, Z. A. (2018). Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Mutu Budaya Organisasi. Muslim Heritage, 2(2). https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1118
Mulyasa, E. (2022). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Mundir, A., Baharun, H., Soniya, S., & Hamimah, S. (2022). Childhood Behavior Management Strategy based on Fun Learning Environment. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2063
Ningsih, E. K., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(2). https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.7
Nisa, I. K., Astuti, N., & Tias, I. W. U. (2022). Analisis Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1924
Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699
Nurhazizah, S., Nurseto, B., Ashari, D., Ramadhan, S. H., Febriantina, S., & Fidhyallah, N. F. (2022). Optimizing The ARCS Learning Model as a Post-Pandemi Covid-19 Learning Inovation. Jurnal Scientia Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.15294/jsi.v8i2.40552
Nurrahman, A., Sukirno, S., Pratiwi, D. S., Iskandar, J., Rahim, A., & Rahmaini, I. S. (2022). Developing Student Social Attitude Self-Assessment Instruments: A Study in Vocational High School. Research and Evaluation in Education, 8(1). https://doi.org/10.21831/reid.v8i1.45100
Pujianti, R., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Raudhatul Athfal. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i2.4919
Purnomo, W. S. A., & Anshory, I. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Malang. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.22219/jkpp.v7i1.11691
Riswandi, R., Sukamto, I., & Oktaria, R. (2021). Sekolah Efektif, Learning Organization, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1873
Saifullah. (2020). Determinasi Motivasi dan Kinerja Guru terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Profesional Guru (Studi Kasus di SMAN 1 Kota Bima) Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2). https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/340
Salam, A. A. (2017). Servant Leadership: Model Kepemimpinan Kontemporer Kepala Sekolah. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.17977/um025v2i12017p075
Sanusi, I. (2022). Pengaruh Interaksi Sosial Kepala Sekolah terhadap Guru di SMP Islam Ainul Ulum Parit Seribut Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(7), 2367–2380. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/3784
Saputra, B. R., Arifin, I., & Sobri, A. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran Saintifik Religius. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p94-102
Saputra, J., & Susanti, D. (2021). A Study of Several Financial Literacy Teaching Methods for Children. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 1(2). https://doi.org/10.46336/ijeer.v1i2.120
Setianingsih, R. Y., Rostini, D., & Karyana, K. (2022). Implementasi Pembelajaran Melalui Media Compact Disk (CD) Interaktif dalam Meningkatkan Kecerdasan Perkembangan Anak Usia Dini di TK Amanah dan TK Seroja Kabupaten Bandung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4). https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.506
Sibagariang, P. P., & S. Pandia, W. S. (2021). Teaching Approach and Teacher Self-Efficacy during Early Childhood Distance Learning. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1). https://doi.org/10.21009/jpud.151.03
Sinaga, J., Sagala, R. W., Ferinia, R., & Hutagalung, S. (2021). Peran Fundamental Gembala Bagi Guru Saat Pandemik Dalam Pembelajaran Online Berbasis Karakter: Tantangan dan Sistem Pendukung. Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK), 2(1). https://doi.org/10.52489/jupak.v2i1.61
Singh, J., Singh, L., & Matthees, B. (2022). Establishing Social, Cognitive, and Teaching Presence in Online Learning—A Panacea in COVID-19 Pandemic, Post Vaccine and Post Pandemic Times. Journal of Educational Technology Systems, 51(1). https://doi.org/10.1177/00472395221095169
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2021). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19 Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582
Sun’iyah, S. L. (2020). Sinergi Peran Guru dan Orang Tua dalam Mewujudkan Keberhasilan Pembelajaran PAI Tingkat Pendidikan Dasar di Era Pandemi COVID-19. Jurnal Studi Keagamaan. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/dar/article/view/2073
Supriadi, O. (2020). Peranan Kepala PAUD dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sebelum dan Saat Terjadi Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 841–856. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.727
Susanto, F., Pérez Ramos, P., & Alami, N. (2022). Strategies of English Lecturers in Facilitating Interactional Communication of English Students During the New Normal Period of the Covid 19 Pandemic at UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu for the 2021-2022 Academic Year. Al-Hijr: Journal of Adulearn World, 1(2). https://doi.org/10.55849/alhijr.v1i2.12
Suwanda, K. A. & I. M. (2018). Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Kajian Moral DanKewarganegaran, 06(03). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/24752
Syaharuddin, S., Mutiani, M., Handy, M. R. N., Abbas, E. W., & Jumriani, J. (2021). Building Students’ Learning Experience in Online Learning During Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.796
Valencia, G., Enriquez, D., Rioja, P., Lachira, L., Calderon, M., Navarro-Vasquez, J., Neciosup, S. P., & Vidaurre, T. (2023). COVID-19 pandemic impact on the oncology care using a virtual survey in Peru. Journal of Clinical Oncology, 41(16_suppl). https://doi.org/10.1200/jco.2023.41.16_suppl.e18738
Valentino, V. H., Satria Setiawan, H., Tri Habibie, M., Ningsih, R., Katrina, D., & Syah Putra, A. (2021). Online And Offline Learning ComparisonIn The New Normal Era. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(2). https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i2.73
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772-782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705
Widodo, H. (2018). Revitalisasi Sekolah Berbasis Budaya Mutu. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.4139
Widodo, S. (2022). Implementasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) untuk Meningkatkan Keaktifan Guru dalam Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(2). https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/419
Wiryanto, W. (2022). Model Inovasi Pendidikan Dasar dan Menengah untuk Penguatan Peran Masyarakat Masa Pandemi COVID-19. Equity In Education Journal, 4(1). https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.4216
Refbacks
- There are currently no refbacks.