Perbedaan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Ditinjau dari Status Sosial Ekonomi Orang tua di TK

Author


Syahyoeseva Syahyoeseva(1Mail), Nurhafizah Nurhafizah(2),
Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 315KB]

Published : 2023-12-31

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 1156 times PDF Downloaded: 343 times

Abstract


Perkembangan sosial emosional anak masih memerlukan dukungan dan perhatian orang tua. Mereka yang memiliki status sosial ekonomi rendah, orang tua harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehingga kurang memperhatikan perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan sosial emosional anak ditinjau dari status sosial ekonomi atas dan status ekonomi menengah ke bawah di Taman Kanak-Kanak Kabupaten Rokan Hulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan  data  angket  menggunakan  google  form  dengan memakai skala likert berupa 4 pilihan jawaban yang berisikan pernyataan- pernyataan positif (favorable) dan pernyataan negatif (unfavorable) Variabel dalam penelitian ini adalah status ekonomi dan sosio-emosional. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan perkembangan sosial emosional anak TK di Kabupaten Rokan Hulu Ditinjau dari status ekonomi orang tua. Hasil analisis dari perkembangan sosial emosional pada anak dengan status sosial ekonomi menengah keatas memiliki perbedaan perkembangan sosial emosional yang lebih signifikan dibandingkan dengan anak  yang berasal dari status sosial ekonomi menengah ke bawah.


Keywords


sosial emosional; status sosial ekonomi; taman kanak-kanak

References


Amina, D. R., & Rahmiati. (2023). Hubungan Status Sosial Orang Tua Dengan Masalah Kesehatan Mental Membimbing Anak. Research And Development Journal Of Education, 9(1), 22–26. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/13829

Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 111–120. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601

Badri, M., Al Qubaisi, A., Al Rashedi, A., & Yang, G. (2014). The causal relationship between parental involvement and children’s behavioural adjustment to KG-1 schooling. International Journal of Child Care and Education Policy, 8(1). https://doi.org/10.1007/s40723-014-0003-6

Beaty, J. . (2015). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Berk, L. (2015). Child development. Pearson Higher Education AU.

Berk, L. E., & Winsler, A. (1995). Scaffolding Children’s Learning: Vygotsky and Early Childhood Education. NAEYC Research into Practice Series. National Association for the Education of Young Children NW, Washington, DC 20036-1426 (NAEYC Catalog# 146, 7. https://doi.org/https://eric.ed.gov/?id=ed384443

Bornstein, M. H. (2019). Parenting infants. arenting infants. In M. H. Bornstein (Ed.), Handbook of parenting: Children and parenting. Routledge/Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9780429440847-1

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 04(1), 181–190. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233

Fono, Y. M., Fridani, L., & Meilani, S. M. (2019). Kemandirian dan Kedisplinan Anak yang Diasuh oleh Orang tua Pengganti. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 537. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.245

Hastuti, D., Marsono, D., Irham, I., & Sumardi. (2011). Klasterisasi Ekosistem Taman Nasional Gunung Merbabu Berdasarkan Aspek Biologis dan Sosial Ekonomi. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 18(2), 85–97).

Katz, B., & Shah, P. (2017). The role of child socioeconomic status in cognitive training outcomes. Journal of Applied, 53, 139–150. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2017.10.003

Khadijah, K., Arlina, A., Hardianti, R. W., & Maisarah, M. (2021). Model Pembelajaran Bank Street dan Sentra, serta Pengaruhnya terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1960–1972. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1054

Landry, S. H., Smith, K. E., & Paul R, S. (2003). The importance of parenting during early childhood for school-age development. Developmental Neuropsychology, 24((2-3)), 559–5591. https://doi.org/10.1080/87565641.2003.9651911

Lilawati, A. (2020). The Role of Parents in Supporting Learning Activities at Home During a Pandemic. Journal of Obsession: Journal of Early Childhood Education, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630

Manda, D., & Suardi, S. (2017). Status Sosial Orang Tua dan Prestasi Akademik Siswa. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2), 194–202. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v4i2.501

Maniku, S. F. S., Sinolungan, J. S. V., & Opod, H. (2014). Hubungan Kebahagiaan Dengan Status Sosial Pada Keluarga Di Kelurahan Tanjung Batu. Jurnal E-Biomedik, 2(3), 3–6. https://doi.org/10.35790/ebm.2.3.2014.6009

Mayar, F. (2013). Perkembangan sosial anak usia dini sebagai bibit untuk masa depan bangsa. Al-Ta Lim Journal, 20(3), 459–465. 10.15548/jt.v20i3.43https://doi.org/

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05

Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak. Share : Social Work Journal, 11(1), 74. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642

Palupi, W., Hafidah, R., & Karsono, K. (2019). Song and Movement As Media of Early Childhood Language Development. Early Childhood Education and Development Journal, I(1), 12–19. https://doi.org/10.20961/ecedj.v1i1.33020

Piotrowska, P. J., Stride, C. B., Croft, S. E., & Rowe, R. (2015). Socioeconomic status and antisocial behaviour among children and adolescents: A systematic review and meta-analysis. Clinical Psychology Review, 35, 47–55. https://doi.org/10.1016/j.cpr.2014.11.003

Riana, M. (2011). Emosi Anak Usia Dini Dan Strategi Pengembangan. Kencana.

Ridlo, I. A. (2020). Jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. Departemen Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, 155–164. https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.155-164

Senehi, N., Brophy-Herb, E., H., & Vallotton, C. D. (2018). Effects of maternal mentalization- related parenting on toddlers‟ self-regulation. Early Childhood Research Quarterly, 44, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.02.001https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2018.02.001

Syafi, I., & Solichah, E. N. (2021). Asessmen Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Ummul Quro Talun Kidul. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 83–88. https://doi.org/10.29408/goldenage.v5i01.3108

Talvio, M., Berg, M., Litmanen, T., & Lonka, K. (2016). The benefits of teachers’ workshops on their social and emotional intelligence in four countries. Creative Education. https://doi.org/10.4236/ce.2016.718260

Webb, S., Janus, M., Duku, E., Raos, R., Brownell, M., Forer, B., Guhn, M., & Muhajarine, N. (2017). SSM - Population Health Neighbourhood socioeconomic status indices and early childhood development. SSM - Population Health, 3(November 2016), 48–56. https://doi.org/10.1016/j.ssmph.2016.11.006

Wenas, G. E., Opod, H., & Pali, C. (2015). Hubungan Kebahagiaan Dan Status Sosial Ekonomi Keluarga Di Kelurahan Artembaga Ii Kota Bitung. Jurnal E-Biomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7821

Williams, K. E., Barrett, M. S., Welch, G. F., Abad, V., & Broughton, M. (2015). Associations between early shared music activities in the home and later child outcomes: Findings from the Longitudinal Study of Australian Children. Early Childhood Research Quarterly, 31, 113–124. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2015.01.004

Yusuf, S. (2011). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.