Penanaman Nilai Religius dalam Kegiatan Menyanyi Akhlak Budaya (Abud) pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun

Author


Roficha Yuliani(1Mail), Joko Pamungkas(2), Nur Cholimah(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 316KB]

Published : 2023-12-30

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 323 times PDF Downloaded: 145 times

Abstract


Usia dini merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter anak. Pembelajaran mengenai religi dan budaya harus dikenalkan dengan media yang menarik bagi anak. Pendidikan akan nilai karakter tersebut menjadi hal penting bagi anak yang dapat dibentuk melalui berbagai kegiatan termasuk bernyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penanaman nilai religius yang tertanam dalam kegiatan menyanyi akhlak budaya (Abud) pada anak didik di TK Kelompok Kerja Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa Jati Putra, Pleret. Subjek penelitian ini adalah dua guru kelas, kepala sekolah dan tiga puluh enam anak didik TK KKLKMD Jati Putra. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan penanaman nilai religius melalui kegiatan menyanyi Abud yang menarik dan menyenangkan berdampak positif bagi anak. Dengan adanya penelitian ini membuat anak menjadi faham akan nilai religius dan nilai budaya juga dapat membantu dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan kreativitas anak. Penelitian ini juga menegaskan bahwa melalui kegiatan menyanyi Abud dapat menjadi alternatif metode bagi guru untuk mengoptimalkan bakat serta pengetahuan untuk anak.


Keywords


taman kanak-kanak; menyanyi religious; akhlak budaya; anak usia dini

References


Ahsanah, A. (2018). Implementasi Nilai Karakter Melalui Metode Bernyanyi Untuk Anak Usia Dini di TK Satya Dharma Sudjana Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah [Universitas Islam Negerri Raden Intan Lampung]. AHSANAH%286%29.pdfhttp://repository.radenintan.ac.id/530/1/ANITA

Ambarwati, & Purwanto. (2022). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 9626–9635. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9903

Berger, T., Peschel, T., Vogel, M., Pietzner, D., Poulain, T., Jurkutat, A., Meuret, S., Engel, C., Kiess, W., & Fuchs, M. (2018). Speaking Voice in Children and Adolescents : Normative Data and Associations with BMI , Tanner Stage , and Singing Activity. Journal of Voice. https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2018.01.006

Darihastining, S., Aini, S. N., Maisaroh, S., & Mayasari, D. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Kearifan Budaya Lokal pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1594–1602. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.923

Darmayanti, N., & Dkk. (2022). Kemampuan dalam mengendalikan emosional pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1512–1519. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5561

Fransiska, F., & Suparno, S. (2019). Metode Penanaman Nilai Budaya Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Keluarga Dayak Desa. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 10(2), 111–119. https://doi.org/10.31932/ve.v10i2.516

Fuchs, M., Meuret, S., Thiel, S., & Ta, R. (2009). Influence of Singing Activity , Age , and Sex on Voice Performance Parameters , on Subjects ’ Perception and Use of Their Voice in Childhood and Adolescence. Journal of Voice, 23(2). https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2007.09.007

Hayati, N., Fatimaningrum, A. S., & Wulandari, R. (2019). Kegiatan Menyanyi dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 116–125. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.29102

Ihlas, Haerul, & Muslim. (2022). Nilai-Nilai Budaya Yang Diterapkan Di PAUD Alam J . A Warraihan Santi Kota Bima. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 5, 132–137. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/view/1088

Kamtini, K., & Sitompul, F. A. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

Karima, N. C., Ashilah, S. H., Kinasih, A. S., Taufiq, P. H., & Hasnah, L. (2022). Pentingnya penanaman nilai agama dan moral terhadap anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 17(2), 273–292. https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i2.6482

Kastanja, J., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5, 2636–2639. https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/735

Kurnita, T., Mutmainnah, M., Nessa, R., Kurniawati, R., Muna, Z., Fanny, N., Wahyuni, I. W., Rizka, S. M., Arta, K. H., & Yunisari, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Budaya Aceh Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3793–3806. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1699

Mahoklory, S. S., & Hoda, F. S. (2022). The Effect of Self-Evacuation Drill on The Preparedness Level of Children with Disabilities in Facing Tornado Disaster. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1658–1666. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1636

Mufidah, N., & Nurfadilah, N. (2021). Menanamkan Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di Keluarga Arab. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(2), 58. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i2.581

Nugrahani, F. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Depublish.

Nurma, & Purnama, S. (2022). Penanaman Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini di TK Harapan Bunda Woyla Barat. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 53–62. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/11531

Pérez-granados, C., Gómez-catasús, J., Bustillo-de, D., Barrero, A., Reverter, M., & Traba, J. (2019). Effort needed to accurately estimate Vocal Activity Rate index using acoustic monitoring : A case study with a dawn-time singing passerine. Ecological Indicators, 107(July), 105608. https://doi.org/10.1016/j.ecolind.2019.105608

Risnawati, A., & Priyantoro, D. E. (2021). Pentingnya penanaman nilai-nilai agama pada pendidikan anak usia dini dalam perspektif al-quran. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Jsia Dini, 6(1), 1–16. https://doi.org/10.32678/as-sibyan.v6i1.2928

Rukmana, I. (2017). Pendidikan Seni Sebagai Aspek-Aspek Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini (Sekolah Berbasis Budaya Lokal). Jurnal Warna, 1(1), 68–77. https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/23

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Nata karya

Su, J., & Ng, D. T. K. (2023). Artificial intelligence (AI) literacy in early childhood education: The challenges and opportunities. Computers and Education: Artificial Intelligence, 4(October 2022), 100124. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2023.100124

Sujana, I. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam kepada Anak di Desa Mata Wolasi Jaya. Diniyah Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 1–11. http://dx.doi.org/10.31332/dy.v3i1.2845

Suwarti, S., Pamungkas, J., & Muthmainah, M. (2023). Penanaman Nilai Religius dalam Kegiatan Menyanyi Lagu Islami pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 863–875. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3650

Taylor, E. J. (2001). Spirituality, c ulture, and cancer care. Seminars in Oncology Nursing, 17(3), 197–205. https://doi.org/10.1053/sonu.2001.25949

Thomas, R. M. (1986). Assessing Moral Development. International J Education, 10, 347–476. https://doi.org/10.1016/0883-0355(86)90001-7

Wahab. (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Khazanah Keagamaan, 6(1), 79–92. https://blamakassar.e-journal.id/pusaka/article/view/39

Wilks, C. E. H., Rafetseder, E., Renner, E., Atkinson, M., & Caldwell, C. A. (2021). Journal of Experimental Child Cognitive prerequisites for cumulative culture are context-dependent : Children ’ s potential for ratcheting depends on cue longevity. Journal of Experimental Child Psychology, 204, 105031. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2020.105031

Zr, Z., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Science Book Anak untuk Pengenalan Literasi dan Karakter Berbasis Budaya Alam Minangkabau. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1567–1577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.896

Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (R. Patta (ed.); 1st ed.). Syakir Media Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.