- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Film Animasi Nussa dan Rara pada Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4631Keywords:
pendidikan anak usia dini, karakter religius, nussa dan raraAbstract
Penanaman nilai karakter religius salah satu hal terpenting yang harus ditanamkan sejak dini, sebab nilai karakter religius menjadi bekal untuk masa depan anak. Karakter religius merupakan proses dalam mengubah nilai agama agar bisa tumbuh dan berkembang pada karakter individu dan menyatu sebagai perilaku seseorang. Tujuan penelitian penanaman nilai karakter religius melalui film animasi Nussa dan Rara. Metode yang digunakan  dalam penelitian yaitu kualitatif melalui wawancara, dokumentasi, dan pengamatan. Metode persentase digunakan sebagai teknik penganalisisan data. Penelitian di lakukan pada anak usia 5-6 tahun. Pada penelitian membuktikan terhadap penanaman nilai karakter religius, film animasi Nussa dan Rara memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter pada anak usia 5-6 tahun. Penanaman nilai karakter religius pada penelitian ini berupa aspek mengenal ciptaan tuhan, sopan santun, dan peduli lingkungan. Berdasarkan hasil rekapitulais observasi yang dilakukan diperoleh adanya peningkatan yakni seluruh aspek menunjukkan perkembangan yang meningkat sesuai tahapan perkembangan anak di setiap indikator penilaian guru
Downloads
References
Afrilia, F. R. (2020). Analisis Nilai Karakter Dalam Film Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 130. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.3065
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Aini, Q. (2019). Pengembangan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di Tk Adirasa Jumiang. Islamic EduKids, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1699
Anwar, C. (2017). The Effectiveness of Problem Based Learning Integrated With Islamic Values Based on ICT on Higher Order Thinking Skill and Students’ Character. Al-Ta Lim Journal, 23(3), 224–231. https://doi.org/10.15548/jt.v23i3.244
Aulia, R., & Hadiyanto, F. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690–6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485
Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6901
Caballero, J. A., Vergis, N., Jiang, X., & Pell, M. D. (2018). The sound of im/politeness. Speech Communication, 102(July), 39–53. https://doi.org/10.1016/j.specom.2018.06.004
Erica, D. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 137–146. https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).3780
Esmael, A., & Nafiah. (2018). Implemetasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/4161
Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062
Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/410
Haslip, M. L., & Haslip, M. J. (2013). From Malaysia to America: Community-Based Character Education for Children and Youth. Childhood Education, 89(5), 296–302. https://doi.org/10.1080/00094056.2013.830899
Hermanto, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam dalam Membentuk Sopan Santun Anak di Raudlatul Athfal Yayasan Nurul Bahra Kabupaten Bone. AN-NISA, 12(1), 560–569. https://doi.org/10.30863/annisa.v12i1.450
Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan bagi anak usia dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(3), 6–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552
Hutasuhut, A. R. S., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnall Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.590
Islamy, M. R. F. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Serial Film Nusa dan Rara dalam Pembentukan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3515–3523. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1704
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396
Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147
Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479
Khotimah, K. (2017). Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius Di SDIT Qurrota A’Yun Ponorogo. Muslim Heritage, 1(2), 371–388. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/605
Lisefti Fatimah, E., Yulianingsih, Y., & Syam’iyah. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini dengan Penggunaan Media Film Animasi “Nussa dan Rara.†Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 74–83. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.10
M. Ali, M. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190. https://doi.org/10.22373/je.v1i2.605
Ma’sum, T. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 95–112.
Metcalfe, J., & Moulin-Stożek, D. (2021). Religious education teachers’ perspectives on character education. British Journal of Religious Education, 43(3), 349–360. https://doi.org/10.1080/01416200.2020.1713049
Nasifah, I., & Abdillah, I. (2021). Konsep dan Implementasi Pendidikan Akidah bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Tadabbur Alam (Kajian Q.S. Al-an’Am Ayat 74-79). Journal of Educational and Language Research, 4(1), 209–220. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/501
Nuha, S. U., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa Dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/4722
Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37–44. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/12837
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622
Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005
Samsiyah, S., Hanif, M., & Parji, P. (2020). Peningkatan Sopan-Santun dan Disiplin melalui Tembang Dolanan pada Siswa TKIT Al Furqon Maospati Magetan. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 40. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6631
Sari, S. Y., & Nofriadi, N. (2019). Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.50
Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46
Sutarman, S., Nurhayati, N., Utami, R. D., Idarianty, I., & Akzam, I. (2022). Implementation of character based integrated holistic education in early childhood education. International Journal of Health Sciences, July, 5405–5419. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6nS4.10923
Wijayanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(03), 130–140. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i03.248
Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis Ekopedagodik dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Telaah Kritis dalam Perspektif Pedagogik Kritis. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6153