Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Film Animasi Nussa dan Rara pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Uiversitas Tadulak, Indonesia
  • Nurul Dinda Fadillah Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Uiversitas Tadulak, Indonesia
  • Hesti Putri Setianingsih Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Uiversitas Tadulak, Indonesia
  • Sri Usman Pendidikan Bahasa Inggris, Uiversitas Tadulako, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4631

Keywords:

pendidikan anak usia dini, karakter religius, nussa dan rara

Abstract

Penanaman nilai karakter religius salah satu hal terpenting yang harus ditanamkan sejak dini, sebab nilai karakter religius menjadi bekal untuk masa depan anak. Karakter religius merupakan proses dalam mengubah nilai agama agar bisa tumbuh dan berkembang pada karakter individu dan menyatu sebagai perilaku seseorang. Tujuan penelitian penanaman nilai karakter religius melalui film animasi Nussa dan Rara. Metode yang digunakan  dalam penelitian yaitu kualitatif melalui wawancara, dokumentasi, dan pengamatan. Metode persentase digunakan sebagai teknik penganalisisan data. Penelitian di lakukan pada anak usia 5-6 tahun. Pada penelitian membuktikan terhadap penanaman nilai karakter religius, film animasi Nussa dan Rara memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter pada anak usia 5-6 tahun. Penanaman nilai karakter religius pada penelitian ini berupa aspek mengenal ciptaan tuhan, sopan santun, dan peduli lingkungan. Berdasarkan hasil rekapitulais observasi yang dilakukan diperoleh adanya peningkatan yakni seluruh aspek menunjukkan perkembangan yang meningkat sesuai tahapan perkembangan anak di setiap indikator penilaian guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilia, F. R. (2020). Analisis Nilai Karakter Dalam Film Nussa dan Rara Karya Aditya Triantoro. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 130. https://doi.org/10.33603/cjiipd.v3i2.3065

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1), 21–33. https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Aini, Q. (2019). Pengembangan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di Tk Adirasa Jumiang. Islamic EduKids, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.20414/iek.v1i2.1699

Anwar, C. (2017). The Effectiveness of Problem Based Learning Integrated With Islamic Values Based on ICT on Higher Order Thinking Skill and Students’ Character. Al-Ta Lim Journal, 23(3), 224–231. https://doi.org/10.15548/jt.v23i3.244

Aulia, R., & Hadiyanto, F. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690–6700. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3485

Azmi, F., & Elfayetti, E. (2017). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Melalui Program Adiwiyata Di SMA Negeri 1 Medan. Jurnal Geografi, 9(2), 125. https://doi.org/10.24114/jg.v9i2.6901

Caballero, J. A., Vergis, N., Jiang, X., & Pell, M. D. (2018). The sound of im/politeness. Speech Communication, 102(July), 39–53. https://doi.org/10.1016/j.specom.2018.06.004

Erica, D. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 137–146. https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).3780

Esmael, A., & Nafiah. (2018). Implemetasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 16. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/4161

Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1). https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062

Hadisi, L. (2015). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Ta’did, 8(2), 50–69. https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/410

Haslip, M. L., & Haslip, M. J. (2013). From Malaysia to America: Community-Based Character Education for Children and Youth. Childhood Education, 89(5), 296–302. https://doi.org/10.1080/00094056.2013.830899

Hermanto, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam dalam Membentuk Sopan Santun Anak di Raudlatul Athfal Yayasan Nurul Bahra Kabupaten Bone. AN-NISA, 12(1), 560–569. https://doi.org/10.30863/annisa.v12i1.450

Huliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan bagi anak usia dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 1(3), 6–71. https://doi.org/10.24090/insania.v15i3.1552

Hutasuhut, A. R. S., & Yaswinda, Y. (2020). Analisis Pengaruh Film Nussa dan Rara terhadap Empati Anak Usia Dini di Kota Padang. Jurnall Pendidikan Tambusai, 4(2), 1237–1246. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.590

Islamy, M. R. F. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Serial Film Nusa dan Rara dalam Pembentukan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3515–3523. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1704

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceedings of The ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396

Juhriati, I., & Rahmi, A. (2021). Implementasi Nilai Agama dan Moral melalui Metode Esensi Pembinaan Perilaku pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1070–1076. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1147

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Khotimah, K. (2017). Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius Di SDIT Qurrota A’Yun Ponorogo. Muslim Heritage, 1(2), 371–388. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/muslimheritage/article/view/605

Lisefti Fatimah, E., Yulianingsih, Y., & Syam’iyah. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini dengan Penggunaan Media Film Animasi “Nussa dan Rara.†Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2, 74–83. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.10

M. Ali, M. (2016). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(2), 190. https://doi.org/10.22373/je.v1i2.605

Ma’sum, T. (2018). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 95–112.

Metcalfe, J., & Moulin-Stożek, D. (2021). Religious education teachers’ perspectives on character education. British Journal of Religious Education, 43(3), 349–360. https://doi.org/10.1080/01416200.2020.1713049

Nasifah, I., & Abdillah, I. (2021). Konsep dan Implementasi Pendidikan Akidah bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Tadabbur Alam (Kajian Q.S. Al-an’Am Ayat 74-79). Journal of Educational and Language Research, 4(1), 209–220. https://bajangjournal.com/index.php/JOEL/article/view/501

Nuha, S. U., Ismaya, E. A., & Fardani, M. A. (2021). Nilai Peduli Sosial Pada Film Animasi Nussa Dan Rara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 03(2), 207–213. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/4722

Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Sejak Usia Dini Melalui Kegiatan Green School di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37–44. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/12837

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Purwanti, D. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan dan implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005

Samsiyah, S., Hanif, M., & Parji, P. (2020). Peningkatan Sopan-Santun dan Disiplin melalui Tembang Dolanan pada Siswa TKIT Al Furqon Maospati Magetan. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 40. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v5i1.6631

Sari, S. Y., & Nofriadi, N. (2019). Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Dini. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 1. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i2.50

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Sutarman, S., Nurhayati, N., Utami, R. D., Idarianty, I., & Akzam, I. (2022). Implementation of character based integrated holistic education in early childhood education. International Journal of Health Sciences, July, 5405–5419. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6nS4.10923

Wijayanti, A. (2021). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Modern, 6(03), 130–140. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i03.248

Yunansah, H., & Herlambang, Y. T. (2017). Pendidikan berbasis Ekopedagodik dalam Menumbuhkan Kesadaran Ekologis dan Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Sebuah Telaah Kritis dalam Perspektif Pedagogik Kritis. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 27–34. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6153

Downloads

Published

02-07-2023

How to Cite

Nurhayati, N., Fadillah, N. D., Setianingsih, H. P., & Usman, S. (2023). Penanaman Nilai Karakter Religius melalui Film Animasi Nussa dan Rara pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3648–3662. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4631

Issue

Section

Articles