
Author
Rara Dini Pebrianty(1

Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia(2)

Published : 2023-01-24
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 2876 times
PDF Downloaded: 1426 times
Abstract
Menggambar merupakan kegiatan yang dapat digunakan untuk mengasah dan mengembangkan kreativitas yang telah ada dalam diri anak serta dapat membantu anak mengekspresikan perasaan mereka secara bebas. Menggambar sebagai alternatif pendekatan konsepsi pendidikan seni rupa bertujuan agar anak-anak menguasai konsep seni menggambar secara luas sehingga dapat mengembangkan keterampilan-keterampilan yang ada dalam diri anak. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana menggambar sebagai alternatif pendekatan konsepsi pendidikan seni rupa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi berasal dari kepala sekolah, guru kelas dan anak-anak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan menggambar dapat menjadi salah satu alternatif pendekatan konsepsi pendidikan seni rupa pada anak usia dini, karena melalui menggambar guru dapat meningkatkan pemahaman seni rupa secara luas pada anak dan guru juga dapat meningkatkan kreativitas, imajinasi anak serta menjadi wadah bagi anak-anak menuangkan ide-ide kreatif. Kegiatan menggambar dapat menjadi alat bagi guru untuk dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak, sehingga anak-anak tidak bosan ketika belajar di kelas.
Keywords
References
Depdiknas. (2010). Permainan Berhitung. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu TK.
Destiani, A., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli, D. (2016). Upaya Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Siswa Melalui Teknik Pencetakan Dengan Bantuan Media Asli. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 7–14. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/5655
Dewi, N. K., & Surani, S. (2018). Stimulasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Seni Rupa. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 190–195. https://doi.org/10.21831/jpa.v7i2.26333
Yarso, E., Ali, M., & Miranda, D. (2019). Peningkatan Kreativitas Melalui Menggambar Pada Anak 5-6 Tahun Paud Pekka At-Taqwa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 8(6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33557
Evawani, Fadillah, & Lukmanulhakim. (2016). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(6), 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/15766
Fitrah, M., & Ruslan, R. (2020). Eksplorasi Sistem Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bima. Jurnal Basicedu, 5(1), 178–187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.639
Girsang, & Samosir. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kreativitas Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun. Mutiara Pendidikan Indonesia. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT/article/view/1023
Gusliati, P., & Mayar, F. (2019). Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 81–88. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.830
Huliyah, M. (2016). Pengembangan Seni Pada Anak. As -Sibyan Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, 1(2), 149–164. https://doi.org/10.35878/tintaemas.v1i2.528
Husnu, U. (2021). Analisis Kreativitas Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. JM2PI: Jurnal Mediakarya Mahasiswa Pendidikan Islam, 1(2), 383–401. https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2.123
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Proceeding of The ICECRS, 1(3), 197–204. https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1396
Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.889
Jatmiko, A., Hadiati, E., & Oktavia, M. (2020). Penerapan evaluasi pembelajaran anak usia dini di taman kanak-kanak. Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 83–97. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i1.6875
Lita, & Assegaf, A. (2018). Pendidikan Seni Rupa dan Implikasinya terhadap Imajinasi Kreatif dan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Mekarraharja. Islamic Early Childhood Education, 3(1), 97–110. http://jurnal.piaud.org/index.php/Ijiece/article/view/74
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/986
Margono. (2010). Mari Belajar Seni Rupa (SMP-MTS). Jakarta: Depdiknas.
Marlina, L. (2022). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.881
Pahrul, Y., & Amalia, R. (2019). Kegiatan Menggambar Pada Anak Kelompok B Paud. 3, 605–612. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i1.250
Pertiwi, D. M., & Mayar, F. (2020). Pengaruh kegiatan menggambar bebas teknik graffito terhadap seni rupa anak usia dini di taman kanak-kanak aisyiyah v padang. Pendidikan Tambusai, 4, 39–44. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.424
Rinarti, N., Marmawi, M., & Yuniarni D. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Memfasilitasi Gaya Belajar Anak 5-6 Tahun di Tk Bruder Dahlia Nina. Pendidikan Anak Usia Dini, 1–10. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/37465
Rofian. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. 6, 173–181. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v6i2.1350
Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155
Sabillah, L., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. D. T. (2022). Penerapan Kegiatan Menggambar, Melipat, Menempel (3M) Untuk Meningkatkan Kemampuan Seni Rupa Anak Kelompok B TK AGAPE. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(3), 181–195. https://doi.org/10.17977/um065v2i32022p181-195
Saepudin, A. (2011). Pembelajaran Sains Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, XV(2), 213–226. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.103
Sari, A. H. (2020). Studi Kasus Strategi Guru dalam Kegiatan Menggambar untuk Pengembangan Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 4(2), 150–155. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i2.905
Ukar, S. D., Taib, B., & Alhadad, B. (2020). Analisis Kreativitas Menggambar Anak Melalui Kegiatan Menggambar. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 3(1), 117-124. https://doi.org/10.33387/cp.v3i1.2262
Sayadi, A. (2020). Penerapan Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Seni Rupa Materi Menggambar Bentuk. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 48–54. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.208
Sofiana, L., Amanda, K. Z., Nasution, U. H., & Azzahra, S. K. (2022). Pengembangan Permainan Bermain Peran Dalam Mengembangkan Intrapersonal dan Interpersonal AUD di RA Suturuzzhulam. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1707–1715. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/4771
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 48–53. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609
Suyadi. (2011). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tahel, F., & Ginting, E. (2018). Penerapan aplikasi flash dalam media pembelajaran mewarnai gambar untuk meningkatkan motorik halus. Jurnal Informatika Kaputama (JIK), 2(1), 34–43. https://jurnal.kaputama.ac.id/index.php/JIK/article/view/51
Veryawan, V., Juliati, J., & Aprilia, R. (2020). Kegiatan Menggambar Bebas Menggunakan Crayon dalam Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 129–138. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/3624
Wahyuni, R. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Pada Anak Udia Dini Kelompok. Jurnal Tunas Siliwangi, 4(1). http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/1197
Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899
Refbacks
- There are currently no refbacks.