
Author
Elizabeth Prima(1

Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(2)

Published : 2023-06-12
Article can trace at:







Article Metrics
Abstract Views: 491 times
PDF Downloaded: 506 times
Abstract
Disiplin pada anak dapat ditingkatkan dengan bantuan permainan, yaitu permainan tradisional. Tujuan riset ini ialah untuk mengkaji dampak penerapan permainan tradisional pada kedisiplinan anak. Penelitian ini merupakan quasi experiment menggunakan desain kelompok kontrol non-equivalent. Subjek pada riset yaitu siswa kelas B di Nusa Dua. Adapun kelompok kontrol dan eksperimen ditentukan secara acak. Data dikumpulan dengan menggunakan lembaran observasi. Untuk menganalisis data penelitian ini digunakan one way analysis of variance (ANOVA). Hasil yang ditemukan ada perbedaan pada disiplin siswa yang diajarkan dengan permainan tradisional dan siswa yang mengikuti metode belajar biasa. Dengan demikian dapat diperoleh gambaran pembelajaran sesuai dalam meningkatkan disiplin siswa. Bermain permainan tradisional pada masa kanak-kanak dapat merangsang aspek perkembangan anak.
Keywords
References
Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14364
Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia, 2(1), 36–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45
Cendana, H., & Suryana, D. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516
Chasanah. (2015). Pengembangan Permainan Tradisional Gotri Untuk Pembelajaran Fisik Motorik Kasar Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 87–93. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/2605
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. PT Raja Grafindo Persada.
Erawati, E. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Penggunaan Reinforcement Secara Variatif Pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kepahiang. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.91-98
Fadlillah, M. & Khoirida, L. . (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam Paud. Ar-Ruzz Media.
Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua Dan Guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 2(1), 38–59. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i1.882
Jiwandono, I. S. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Jujur Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 20–26. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2137
Kamal, U., & Dahlan, T. A. (2020). Belajar Berhukum Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 2(2), 141–159. https://doi.org/10.15294/jphi.v2i2.35580
Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20861
Melati, W. P., & Suparno. (2020). Traditional Games-Based Learning for Character Development of Early Childhood. Atlantis Press SARL, 398, 291–295. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.059
Noffia, I., & Margaretha. (2015). Mengembangkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini, 5(2), 112–120. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10526
Nurhaelina, N., Nirmala, I., & Putri, F. E. (2021). Mengembangkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Lompat Tinggi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 118–130. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p39-48.614
Nurhayati, I. (2012). Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi di PAUD Geger Sunten, Desa Suntenjaya). Empowerment, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i01.7605
Prayitno, H. J., Rahmawati, F. N., Intani, K. I. N., & Pradana, F. G. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.46843/jmp.v1i1.261
Prima, E., & Lestari, P. I. (2018). The Improvement of The Discipline for Early Childhood Through Token Economy Technique. Obsesi, 2(2), 247 – 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.124
Putra, R. A., Marheni, E., Aziz, I., & Padli. (2022). Implementasi Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Usia Dini. Jurnal Patriot, 4(1), 69–80. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i1.792
Rahmah, S., & Zirmansyah. (2019). Meningkatkan Disiplin Anak Kelompok B Melalui Permainan Tradisional Umpet Batu. Jurnal AUDHI, 1(2). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.574
Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. Psikologi Jambi, 2(2), 48–54. https://doi.org/10.22437/jpj.v2i2.4796
Setiawan, M. H. Y. (2016). Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.52
Sihura, F. (2018). The Role of Parents “Generation of Z” to the Early Children in the Using of Gadget. Atlantis Press, 249, 55–59. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.9
Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.
Sutini, A. (2013). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini, 4(2), 67–77. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10386
Wahyuni, I. W., Muazimah, A., & Misda. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Berbasis Kearifan Lokal. JurnalPendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 61–68. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/24307
Wijayanti, R. (2014). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini, 5(1), 51–56. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10496
Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567
Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. INDRIA, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.24269/jin.v2i1.437
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional Dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma:, 2(3), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9088
Refbacks
- There are currently no refbacks.