Pengaruh Implementasi Permainan Tradisional Terhadap Disiplin Anak Usia Dini

Author


Elizabeth Prima(1Mail), Putu Indah Lestari(2),
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(1)
Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, Indonesia(2)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text  

Published : 2023-06-12

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 491 times PDF Downloaded: 506 times

Abstract


Disiplin pada anak dapat ditingkatkan dengan bantuan permainan, yaitu permainan tradisional. Tujuan riset ini ialah untuk mengkaji dampak penerapan permainan tradisional pada kedisiplinan anak. Penelitian ini merupakan quasi experiment menggunakan desain kelompok kontrol non-equivalent. Subjek pada riset yaitu siswa kelas B di Nusa Dua. Adapun kelompok kontrol dan eksperimen ditentukan secara acak. Data dikumpulan dengan menggunakan lembaran observasi. Untuk menganalisis data penelitian ini digunakan one way analysis of variance (ANOVA). Hasil yang ditemukan ada perbedaan pada disiplin siswa yang diajarkan dengan permainan tradisional dan siswa yang mengikuti metode belajar biasa. Dengan demikian dapat diperoleh gambaran pembelajaran sesuai dalam meningkatkan disiplin siswa. Bermain permainan tradisional pada masa kanak-kanak dapat merangsang aspek perkembangan anak.


Keywords


permainan tradisional; sikap disiplin anak; anak usia dini

References


Andriani, T. (2012). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya, 9(1), 121–136. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14364

Aulina, C. N. (2013). Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. Pedagogia, 2(1), 36–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45

Cendana, H., & Suryana, D. (2022). Pengembangan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1516

Chasanah. (2015). Pengembangan Permainan Tradisional Gotri Untuk Pembelajaran Fisik Motorik Kasar Anak. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 87–93. https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/2605

Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. PT Raja Grafindo Persada.

Erawati, E. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Penggunaan Reinforcement Secara Variatif Pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kepahiang. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 36–43. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.91-98

Fadlillah, M. & Khoirida, L. . (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam Paud. Ar-Ruzz Media.

Hartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Disiplin Siswa di Era Modern Sinergi Orang Tua Dan Guru di MTs Negeri Kabupaten Klaten. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 2(1), 38–59. https://doi.org/10.24269/ajbe.v2i1.882

Jiwandono, I. S. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin dan Jujur Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 20–26. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa/article/view/2137

Kamal, U., & Dahlan, T. A. (2020). Belajar Berhukum Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Hukum Indonesia, 2(2), 141–159. https://doi.org/10.15294/jphi.v2i2.35580

Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n1.20861

Melati, W. P., & Suparno. (2020). Traditional Games-Based Learning for Character Development of Early Childhood. Atlantis Press SARL, 398, 291–295. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200130.059

Noffia, I., & Margaretha. (2015). Mengembangkan Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini, 5(2), 112–120. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10526

Nurhaelina, N., Nirmala, I., & Putri, F. E. (2021). Mengembangkan Perilaku Disiplin Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Lompat Tinggi. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 118–130. https://doi.org/10.22460/empowerment.v1i2p39-48.614

Nurhayati, I. (2012). Peran Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi di PAUD Geger Sunten, Desa Suntenjaya). Empowerment, 1(2), 39–48. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i01.7605

Prayitno, H. J., Rahmawati, F. N., Intani, K. I. N., & Pradana, F. G. (2022). Pembentukan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.46843/jmp.v1i1.261

Prima, E., & Lestari, P. I. (2018). The Improvement of The Discipline for Early Childhood Through Token Economy Technique. Obsesi, 2(2), 247 – 254. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.124

Putra, R. A., Marheni, E., Aziz, I., & Padli. (2022). Implementasi Karakter Melalui Permainan Tradisional Pada Usia Dini. Jurnal Patriot, 4(1), 69–80. https://doi.org/10.24036/patriot.v4i1.792

Rahmah, S., & Zirmansyah. (2019). Meningkatkan Disiplin Anak Kelompok B Melalui Permainan Tradisional Umpet Batu. Jurnal AUDHI, 1(2). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.574

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak. Psikologi Jambi, 2(2), 48–54. https://doi.org/10.22437/jpj.v2i2.4796

Setiawan, M. H. Y. (2016). Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.52

Sihura, F. (2018). The Role of Parents “Generation of Z” to the Early Children in the Using of Gadget. Atlantis Press, 249, 55–59. https://doi.org/10.2991/secret-18.2018.9

Siregar, N., & Lestari, W. (2018). Peranan Permainan Tradisional Dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.26486/jm.v2i1.427

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.

Sutini, A. (2013). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini, 4(2), 67–77. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10386

Wahyuni, I. W., Muazimah, A., & Misda. (2020). Pengembangan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Tarik Upih Berbasis Kearifan Lokal. JurnalPendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 61–68. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/24307

Wijayanti, R. (2014). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini, 5(1), 51–56. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10496

Witasari, O., & Wiyani, N. A. (2020). Permainan Tradisional untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 52–63. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.567

Wulansari, B. Y. (2017). Pelestarian Seni Budaya dan Permainan Tradisional Melalui Tema Kearifan Lokal Dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. INDRIA, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.24269/jin.v2i1.437

Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional Dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma:, 2(3), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/9088


Refbacks

  • There are currently no refbacks.