- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Penerapan Moderasi Beragama pada Lembaga PAUD di Sulawesi Tenggara
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2903Keywords:
moderasi beragama, karakter anak, pendidikan anak usia diniAbstract
Keragaman Indonesia sedang diuji dengan sekelompok orang yang mengekspresikan sikap keagamaan ekstrim. Hal tersebut dapat merusak keberagaman dan keharmonisan masyarakat. Pemerintah bertindak untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui lingkup Pendidikan khususnya pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman moderasi beragama pengelola dan pendidik PAUD dan model-model penerapan moderasi beragama pada lembaga PAUD yang ada di Sulawesi Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terhadap narasumber. Sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu: Data primer diperoleh secara langsung dari informan dengan menggunakan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa moderasi beragama dikenalkan dan ditanamkan melalui nilai-nilai yang terkandung dalam moderasi yang meliputi sikap toleransi dan terbuka, keadilan, kedamaian, keseimbangan, dan kebaikan. Adapun model penerapan moderasi beragama yang digunakan melalui pembiasaan.
Downloads
References
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/82
Al Iftitah, I. I., & Syamsudin, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2334–2344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2079
Amrullah, M. K., & Islamy, M. I. (2021). Moderasi Beragama: Penanaman Pada Lembaga Pendidikan Formal Dan Nonformal. Nizham Journal of Islamic Studies, 9(02), 57. https://doi.org/10.32332/nizham.v9i02.4308
Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal of Education Research, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.15
AR, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715
Arif, K. M. (2020). Islam Moderasi: Tela’ah Komprehensif Pemikiran Wasathiyah Islam Perspektif Aqur’an dan Sunnah Menuju Islam Rahmatan Li al-Alamin. In Jakarta: Pustaka Ikadi. Pustaka Ikadi.
Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579
Christianti, M. (2015). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923
Fitria, L. M. (2020). Parenting Islami Dan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(1), 119–131. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/3795
Haryani, E. (2020). Pendidikan Moderasi Beragama Untuk Generasi Milenia: Studi Kasus Lone Wolf†Pada Anak di Medan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(2), 145–158. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i2.710
Heriyanti, K. (2020). Moderasi Beragama Melalui Penerapan Teologi Kerukunan. Maha Widya Duta, 4(1), 61–70. https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/duta/article/view/783
Huda, M. T. (2021). Pengarusutamaan Moderasi Beragama; Strategi Tantangan dan Peluang FKUB Jawa Timur. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(2), 283–300. https://doi.org/10.33367/tribakti.v32i2.1745
Irama, Y., & Zamzami, M. (2021). Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11(1), 65–89. https://doi.org/10.36781/kaca.v11i1.3244
Khotimah, H. (2020). Nternalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3008
Maskuri, M., Ma’arif, A. S., & Fanan, M. A. (2020). Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta’lim Ma’hadi di Pesantren Mahasiswa. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.11239
Muhtarom, M. (2018). Urgensi Penguatan Pemikiran Moderasi Islam Dalam Pendidikan Agama Di Madrasah. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(32). https://doi.org/10.38075/tp.v12i32.53
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Nurdin, A., & Syahrotin, N. M. (2019). Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 82–102. https://doi.org/10.15642/islamica.2019.14.1.82-102
Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18(1), 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525
Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. Falasifah: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194. https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/569
Fahri, M. & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/5640
Saifuddin. (2019). Moderasi Beragama. Badang Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI.
Saihu, M. (2021). Pedidikan Moderasi Beragama: Kajian Islam Wasathiyah Menurut Nurcholish Madjid. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 16–34. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i01.151
Saputera, A. R. A., & Djauhari, M. S. H. (2021). Potret Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Gorontalo. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 01(1), 41–60. https://ojs.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3351
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Alfabeta.
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Tohor, T. (2020). Pentingnya Moderasi Beragama. 2021; Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. https://bimasislam.kemenag.go.id/post/opini/pentingnya-moderasi-beragama
Umar, N. (2019). Islam Nusantara: Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia - Google Books. In PT Elex Media Komputindo. PT. Elex Media Computindo.
Wibowo, A. (2019). Kampanye Moderasi Beragama di Facebook: Bentuk dan Strategi Pesan. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 85–103. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i2.971