Penerapan Moderasi Beragama pada Lembaga PAUD di Sulawesi Tenggara

Authors

  • Muh. Shaleh Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia
  • Muthia Nur Fadhilah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Kendari, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2903

Keywords:

moderasi beragama, karakter anak, pendidikan anak usia dini

Abstract

Keragaman Indonesia sedang diuji dengan sekelompok orang yang mengekspresikan sikap keagamaan ekstrim. Hal tersebut dapat merusak keberagaman dan keharmonisan masyarakat. Pemerintah bertindak untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui lingkup Pendidikan khususnya pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman moderasi beragama pengelola dan pendidik PAUD dan model-model penerapan moderasi beragama pada lembaga PAUD yang ada di Sulawesi Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terhadap narasumber. Sumber data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu: Data primer diperoleh secara langsung dari informan dengan menggunakan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa moderasi beragama dikenalkan dan ditanamkan melalui nilai-nilai yang terkandung dalam moderasi yang meliputi sikap toleransi dan terbuka, keadilan, kedamaian, keseimbangan, dan kebaikan. Adapun model penerapan moderasi beragama yang digunakan melalui pembiasaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45–55. https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/82

Al Iftitah, I. I., & Syamsudin, A. (2022). Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa Pandemi Covid-19 pada Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2334–2344. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.2079

Amrullah, M. K., & Islamy, M. I. (2021). Moderasi Beragama: Penanaman Pada Lembaga Pendidikan Formal Dan Nonformal. Nizham Journal of Islamic Studies, 9(02), 57. https://doi.org/10.32332/nizham.v9i02.4308

Anhusadar, L. O., & Islamiyah, I. (2020). Kualifikasi Pendidik PAUD Sesuai Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014. Journal of Education Research, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.37985/joe.v1i1.15

AR, S. (2020). Peran Guru Agama Dalam Menanamkan Moderasi Beragama. Al-Irfan : Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.36835/al-irfan.v3i1.3715

Arif, K. M. (2020). Islam Moderasi: Tela’ah Komprehensif Pemikiran Wasathiyah Islam Perspektif Aqur’an dan Sunnah Menuju Islam Rahmatan Li al-Alamin. In Jakarta: Pustaka Ikadi. Pustaka Ikadi.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Christianti, M. (2015). Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2923

Fitria, L. M. (2020). Parenting Islami Dan Karakter Disiplin Anak Usia Dini. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(1), 119–131. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/3795

Haryani, E. (2020). Pendidikan Moderasi Beragama Untuk Generasi Milenia: Studi Kasus Lone Wolf†Pada Anak di Medan. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(2), 145–158. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i2.710

Heriyanti, K. (2020). Moderasi Beragama Melalui Penerapan Teologi Kerukunan. Maha Widya Duta, 4(1), 61–70. https://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/duta/article/view/783

Huda, M. T. (2021). Pengarusutamaan Moderasi Beragama; Strategi Tantangan dan Peluang FKUB Jawa Timur. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 32(2), 283–300. https://doi.org/10.33367/tribakti.v32i2.1745

Irama, Y., & Zamzami, M. (2021). Telaah Atas Formula Pengarusutamaan Moderasi Beragama Kementerian Agama Tahun 2019-2020. KACA (Karunia Cahaya Allah): Jurnal Dialogis Ilmu Ushuluddin, 11(1), 65–89. https://doi.org/10.36781/kaca.v11i1.3244

Khotimah, H. (2020). Nternalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1). https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i1.3008

Maskuri, M., Ma’arif, A. S., & Fanan, M. A. (2020). Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta’lim Ma’hadi di Pesantren Mahasiswa. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1). https://doi.org/10.18860/jpai.v7i1.11239

Muhtarom, M. (2018). Urgensi Penguatan Pemikiran Moderasi Islam Dalam Pendidikan Agama Di Madrasah. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 12(32). https://doi.org/10.38075/tp.v12i32.53

Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333

Nurdin, A., & Syahrotin, N. M. (2019). Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 82–102. https://doi.org/10.15642/islamica.2019.14.1.82-102

Nurdin, F. (2021). Moderasi Beragama menurut Al-Qur’an dan Hadist. Jurnal Ilmiah Al-Mu’ashirah, 18(1), 59. https://doi.org/10.22373/jim.v18i1.10525

Purbajati, H. I. (2020). Peran Guru Dalam Membangun Moderasi Beragama di Sekolah. Falasifah: Jurnal Studi Keislaman, 11(2), 182–194. https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/569

Fahri, M. & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95–100. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/5640

Saifuddin. (2019). Moderasi Beragama. Badang Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI.

Saihu, M. (2021). Pedidikan Moderasi Beragama: Kajian Islam Wasathiyah Menurut Nurcholish Madjid. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 16–34. https://doi.org/10.36671/andragogi.v4i01.151

Saputera, A. R. A., & Djauhari, M. S. H. (2021). Potret Pengarusutamaan Moderasi Beragama Di Gorontalo. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 01(1), 41–60. https://ojs.metrouniv.ac.id/index.php/moderatio/article/view/3351

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. Alfabeta.

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Tohor, T. (2020). Pentingnya Moderasi Beragama. 2021; Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam. https://bimasislam.kemenag.go.id/post/opini/pentingnya-moderasi-beragama

Umar, N. (2019). Islam Nusantara: Jalan Panjang Moderasi Beragama di Indonesia - Google Books. In PT Elex Media Komputindo. PT. Elex Media Computindo.

Wibowo, A. (2019). Kampanye Moderasi Beragama di Facebook: Bentuk dan Strategi Pesan. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 85–103. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i2.971

Downloads

Published

23-09-2022

How to Cite

Shaleh, M., & Fadhilah, M. N. (2022). Penerapan Moderasi Beragama pada Lembaga PAUD di Sulawesi Tenggara. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5933–5945. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2903

Issue

Section

Articles