- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2688Keywords:
manajemen pengembangan, pendidikan karakter, karakterAbstract
Saat ini telah banyak muncul kasus-kasus penyimpangan perilaku oleh anak, sehingga perlu adanya kesadaran baik dari pihak sekolah mengenai pentingnya penanaman karakter pada anak. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan atau menggambarkan upaya pengembangan manajemen pengembangan sekolah dasar berbasis pendidikan karakter dan melihat jenis karakter yang ingin dicapai di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Â Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan sekolah dasar berbasis pendidikan karakter di laksanakan dalam tiga tahap yaitu: Perencanaan, menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat nilai-nilai karakter. Pelaksanaan, pengembangan Sekolah Dasar berbasis pendidikan karakter berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun menggunakan model pembelajaran ceramah. Evaluasi menggunakan evaluasi proses dan hasil atau tes. Penanaman karakter pada penelitian ini ialah jujur, bertanggung jawab, mempunyai rasa toleransi, cinta damai, komunikatif, kreatif, peduli social, saling menghargai, demokratis, memiliki jiwa nasionalisme, dan religious.
Downloads
References
Aliyah, M., Wakhyudin, H., & Agustini, F. (2021). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Program Majelis Pagi di SD Islam Terpadu Lentera Hati Maghfirotul. DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 217-225.
Anggreni, A. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 38. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.118
Ansulat, E. dan, & Nafiah. (2018). Implemetasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 16.
Ardipal, A. (2021). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pengembangan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Cahaya Hati Kabupaten Solok Selatan. Imaji, 18(2), 30037. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037
Basma, A. M. F., & Melga, B. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Mengenai Edukasi Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak Indonesia di Kota Bandung. E-Proceeding of Art & Design, 7(2), 2191-2198.
Djamarah, S. B., & Aswan, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Fitri, S., Akbar, M., & Madhakomala, R. (2018). Character Educational Management (a Case Study in the Elementary School Penyengat Island). Ijer - Indonesian Journal of Educational Review, 5(1), 23-27.
Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87
Ingsih, K. R., Nuryanto, J., Astuti, I. D., & Sih. (2018). Pendidikan Karakter: Alat Peraga Edukatif Media Interaktif. Sleman:Deepublish. Deepublish.
Julistiaty, J., Madhakomala, R., & Matin, M. (2018). Manajemen pendidikan dalam membentuk karakter siswa SMP Tunas Bangsa Sunter. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 241. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.20618
Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan dan karakter Budaya Bangsa.
Kurdi, M. S. (2018). Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 125. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243
Kusumadewi, S. (2019). Pengembangan Model Manajemen Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 87-96. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3889
Lestariningrum, A., & Utomo, H. B. (2015). Program Parenting Untuk Membangun Generasi Berkarakter Pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Universitas Katolik WK, December, 553-563.
Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah.
Miles, M., & Huberman, M. (2005). No Qualitative Data Analysis (Terjemah). UI Press.
Na'imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283
Nasir, N., Rahmawati, R., & Adam, A. (2019). Identifikasi Nilai Pedagogis Tarian Lulo untuk Memperkuat Rasa Persatuan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 371. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.336
Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204
Nurdin, A. (2019). Perencanaan Pendidikan Sebagai Fungsi Manajemen. Rajawali Pers.
Puspitasari, R. (2020). Character Education Management in Senior High School 6 of Yogyakarta. 511(Yicemap 2019), 186-190. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201221.039
Rahman, T., & Wassalwa, S. M. M. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175
Seriadi, S. L. N. (2019). Pembentukan Karakter Unggul Dan Nasionalis Pada Anak Usia Dini Melalui Sekar Rare. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 31-38. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.709
Sholeh, T. A. (2018). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Lagu Islami Bella Tamara 1. Seminar Nasional Dan Call for Paper "Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 1, 193-196.
Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.48
Widjanarko, P. (2019). Penanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional Di Paud Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 95-101. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4873
Wijiasih, F. E., Fajriyah, K., & Sukamto. (2020). Penanaman Nilai Karakter Melalui Lagu Dolanan Anak dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri 01 Mejagong. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 1(1), 59-66.
Zainuri, A. (2015). Pengembangan Model Manajemen Berbasis Karakter (Studi Pengembangan Model Manajemen Berbasis Karakter di MTs NU Banat). Jurnal Quality, 3(2), 310-328. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/1909