Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter

Authors

  • Nurdin Hidayat Pendidikan Ekonomi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bandar Lampung, Indonesia
  • Mareyke Jessy Tanod Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bandar Lampung, Indonesia
  • Fiki Prayogi Bimbingan Konseling, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Bandar Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2688

Keywords:

manajemen pengembangan, pendidikan karakter, karakter

Abstract

Saat ini telah banyak muncul kasus-kasus penyimpangan perilaku oleh anak, sehingga perlu adanya kesadaran baik dari pihak sekolah mengenai pentingnya penanaman karakter pada anak. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan atau menggambarkan upaya pengembangan manajemen pengembangan sekolah dasar berbasis pendidikan karakter dan melihat jenis karakter yang ingin dicapai di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan metode penelitian kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengembangan sekolah dasar berbasis pendidikan karakter di laksanakan dalam tiga tahap yaitu: Perencanaan, menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang memuat nilai-nilai karakter. Pelaksanaan, pengembangan Sekolah Dasar berbasis pendidikan karakter berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun menggunakan model pembelajaran ceramah. Evaluasi menggunakan evaluasi proses dan hasil atau tes. Penanaman karakter pada penelitian ini ialah jujur, bertanggung jawab, mempunyai rasa toleransi, cinta damai, komunikatif, kreatif, peduli social, saling menghargai, demokratis, memiliki jiwa nasionalisme, dan religious.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, M., Wakhyudin, H., & Agustini, F. (2021). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Program Majelis Pagi di SD Islam Terpadu Lentera Hati Maghfirotul. DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 217-225.

Anggreni, A. (2020). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 38. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.118

Ansulat, E. dan, & Nafiah. (2018). Implemetasi Pendidikan Karakter Religius di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 16.

Ardipal, A. (2021). Pemanfaatan Lagu Anak-Anak Sebagai Media Pengembangan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Paud Cahaya Hati Kabupaten Solok Selatan. Imaji, 18(2), 30037. https://doi.org/10.21831/imaji.v18i2.30037

Basma, A. M. F., & Melga, B. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Mengenai Edukasi Pendidikan Karakter Melalui Lagu Anak Indonesia di Kota Bandung. E-Proceeding of Art & Design, 7(2), 2191-2198.

Djamarah, S. B., & Aswan, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Fitri, S., Akbar, M., & Madhakomala, R. (2018). Character Educational Management (a Case Study in the Elementary School Penyengat Island). Ijer - Indonesian Journal of Educational Review, 5(1), 23-27.

Fitria, Y., & Juwita, J. (2018). Utilization of Video Blogs (Vlogs) in Character Learning in Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 211. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.87

Ingsih, K. R., Nuryanto, J., Astuti, I. D., & Sih. (2018). Pendidikan Karakter: Alat Peraga Edukatif Media Interaktif. Sleman:Deepublish. Deepublish.

Julistiaty, J., Madhakomala, R., & Matin, M. (2018). Manajemen pendidikan dalam membentuk karakter siswa SMP Tunas Bangsa Sunter. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 241. https://doi.org/10.21831/amp.v6i2.20618

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan dan karakter Budaya Bangsa.

Kurdi, M. S. (2018). Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 125. https://doi.org/10.32332/elementary.v4i2.1243

Kusumadewi, S. (2019). Pengembangan Model Manajemen Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 87-96. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.3889

Lestariningrum, A., & Utomo, H. B. (2015). Program Parenting Untuk Membangun Generasi Berkarakter Pada Anak Usia Dini. Seminar Nasional Universitas Katolik WK, December, 553-563.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Amzah.

Miles, M., & Huberman, M. (2005). No Qualitative Data Analysis (Terjemah). UI Press.

Na'imah, T., Widyasari, Y., & Herdian, H. (2020). Implementasi Sekolah Ramah Anak untuk Membangun Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 747. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.283

Nasir, N., Rahmawati, R., & Adam, A. (2019). Identifikasi Nilai Pedagogis Tarian Lulo untuk Memperkuat Rasa Persatuan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 371. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.336

Nuraeni, L., Andrisyah, A., & Nurunnisa, R. (2019). Efektivitas Program Sekolah Ramah Anak dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 20. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.204

Nurdin, A. (2019). Perencanaan Pendidikan Sebagai Fungsi Manajemen. Rajawali Pers.

Puspitasari, R. (2020). Character Education Management in Senior High School 6 of Yogyakarta. 511(Yicemap 2019), 186-190. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201221.039

Rahman, T., & Wassalwa, S. M. M. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 1-14. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.175

Seriadi, S. L. N. (2019). Pembentukan Karakter Unggul Dan Nasionalis Pada Anak Usia Dini Melalui Sekar Rare. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 31-38. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.709

Sholeh, T. A. (2018). Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Lagu Islami Bella Tamara 1. Seminar Nasional Dan Call for Paper "Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 1, 193-196.

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model dan Pendekatan Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.48

Widjanarko, P. (2019). Penanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional Di Paud Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 95-101. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4873

Wijiasih, F. E., Fajriyah, K., & Sukamto. (2020). Penanaman Nilai Karakter Melalui Lagu Dolanan Anak dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri 01 Mejagong. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 1(1), 59-66.

Zainuri, A. (2015). Pengembangan Model Manajemen Berbasis Karakter (Studi Pengembangan Model Manajemen Berbasis Karakter di MTs NU Banat). Jurnal Quality, 3(2), 310-328. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/1909

Downloads

Published

08-07-2022

How to Cite

Hidayat, N., Tanod, M. J., & Prayogi, F. (2022). Manajemen Pengembangan Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4910–4918. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2688

Issue

Section

Articles