Author
Maria Fatima Mardina Angkur(1),
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Ketolik Indonesia Santu Paulus Ruteng, Indonesia(1) Corresponding Author PDF Full Text [File Size: 536KB]
Published : 2022-05-05
Article can trace at:
Article Metrics
Abstract Views: 1263 times PDF Downloaded: 15752 timesAbstract
Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Timung merupakan salah satu TK yang terletak di Manggarai Raya dan sejak tahun 2019 sudah menerapkan PAUD Holistik Integratif (HI). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan layanan PAUD HI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data yang terkait dengan penerapan layanan PAUD HI. Data tersebut diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan serta verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa TK Negeri Timung telah menyelenggarakan layanan PAUD HI yakni yang berkaitan dengan layanan pendidikan, layanan kesehatan, gizi dan perawatan, layanan pengasuhan, layanan perlindungan, dan layanan kesejahteraan. TK Negeri Timung juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak diantaranya tenaga kesehatan, JPIC, UNIKA Santu Paulus Ruteng, dan orang tua anak usia dini. Meskipun dalam pelaksanaannya ada yang terprogram atau dengan kata lain termuat dalam kurikulum lembaga tetapi ada juga kegiatan yang sifatnya incidental.
Keywords
References
Dewi S., A. C., Zahraini, D. A., & Sabarini, S. (2013). Desain Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif PAUD Non Formal (Penelitian Research and Development di Pos PAUD Mutiara Kelurahan Lamper Lor Kecamatan Semarang Selatan). Jurnal Penelitian PAUDIA, 2(1), 105-126.
Hajati, K. (2018). Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17-24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133
Jaya, P. R. P., & Ndeot, F. (2018). Mengevaluasi Program Layanan Paud Holistik Integratif. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10-25. https://doi.org/10.31851/pernik.v1i01.2622
Kemendikbud. (2015). Petunjuk Teknis penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD 2015. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Lina, L., Suryana, D., & Nurhafizah, N. (2019). Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 346. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.200
Mayar, F., Sakti, R., Yanti, L., Erlina, B., Osriyenti, O., & Holiza, W. (2022). Pengaruh Video Pembelajaran Gerak dan Lagu untuk Meningkatkan Fisik Motorik pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2619-2625. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2081
Nopitasari, R., & Imelda, J. D. (2018). Perlindungan Dan Kesejahteraan Anak: Studi Deskriptif Pada Keluarga Tenaga Kerja Indonesia (Tki) Laki-Laki Di Lombok Timur. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 18(1), 18-33. https://doi.org/10.7454/jurnalkessos.v18i1.35
Oktaviani, D. A., & Dimyati, D. (2021). Penerapan PAUD Holistik Integratif pada Masa PandemiCovid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870-1882. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.995
Sadiah, G. S., Romadhona, N. F., & Gustiana, A. D. (2020). Penerapan Layanan Kesehatan Dan Gizi Dalam Penyelenggaraan Paud Holistik Integratif Di Tk Alam Pelopor Rancaekek. Edukid, 17(1), 50-64. https://doi.org/10.17509/edukid.v17i1.24260
Simatupang, N. D. (2022). Penyelenggaraan Program Paud Holistik Integratif Layanan Pendidikan Era Pandemi Covid-19 Di Tk Insan Cendekia. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 11, 19-26.
Sofiaty, A., Suherman, S., & Asmawati, L. (2020). Penerapan Program Parenting Paud Holistik Integratif (Hi) Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Dan Perlindungan Anak Usia Dini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran), 7(2).
Suarta, N., Dwi, D., & Rahayu, I. (2018). Model Pembelajaran Holistik Integratif di PAUD Untuk Mengembangkan Potensi Dasar Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(1), 31. https://doi.org/10.29303/jipp.Vol3.Iss1.44
Sugian, E., Fahruddin, F., & Witono, A. H. (2021). Implementasi Program Pengembangan PAUD "Holistik Integratif'di PAUD LSM Ampenan Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3), 675-685. https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2342
Sumarsih, S., & Nasoetion, M. H. (2017). Program Holistik Integratif Dengan Pemanfataan Pangan Hasil Ternak Untuk Pos Paud Dan Tpa Di Kelurahan Pleburan Kota Semarang. Jurnal Info, 19(2), 74-84. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/info/article/view/2195/pdf
Suprapto, E. (2020). Kendala Satuan PAUD dalam Penerapan PAUD Holistik Integratif (PAUD HI) di Kecamatan Salahutu dan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Ilmiah PATITA-BPPAUD Dan Dikmas Maluku, 7(1), 41-53.
Wahyuni, F. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Holistik Integratif. Qalamuna, 2, 61-72.
https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2005
Yulianto, D., Lestariningrum, A., & Utomo, H. B. (2016). Anak Di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 277-294.
https://doi.org/10.21009/JPUD.102.05
Zubaidah, N. (2020, September 24). Kemendikbud Ingin 75% Paud di Indonesia Menjadi Paud Holistik Integratif. SindoNews.Com. https://edukasi.sindonews.com/read/174444/212/kemendikbud-ingin-75-paud-di-indonesia-menjadi-paud-holistik-integratif-1600873770
Refbacks
- There are currently no refbacks.