Penerapan Model Evaluasi CIPP dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif

Author


Lina Lina(1Mail), Dadan Suryana(2), Nurhafizah Nurhafizah(3),
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(1)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(2)
Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Padang, Indonesia(3)

Mail Corresponding Author

 PDF Full Text   [File Size: 333KB]

Published : 2019-06-27

Article can trace at:


Article Metrics

Abstract Views: 4626 times PDF Downloaded: 2504 times

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program layanan Holistik Integratif dengan menggunakan analisis CIPP di Taman Kanak-Kanak Islam Khaira Ummah dengan menggunakan metode analisis model CIPP. Hasil penelitian diketahui bahwa TK Khaira Ummah telah menggunakan Kurikulum 2013, bekerjasama dengan dinas pendidikan, memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) pada tiap layanan,  bekerjasama dengan puskesmas untuk layanan kesehatan dan penyediaan makan siang 4 sehat 5 sempurna bagi anak didik, serta larangan bagi anak didik membeli dan membawa jajanan dari luar

Keywords


holistik integratif; CIPP; taman kanak-kanak

References


Elena, D. (2013). The Determinsm for Attitude Factors in Pre-school Children for Amplifying His Creative Manifestations. Procedia -Social and Behavioral Sciences, 76, 291–296. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.04.115

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Jaya, Petrus Redy Partus. Ndeot, F. (2018). Penerapan Model Evaluasi CIPP Dalam Mengevaluasi Program Layanan PAUD Holistik Integratif. PERNIK Jurnal PAUD, 1, 1.

Kemendikbud, & Indonesia, R. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD [Technical Guide on the Implementation of Holistic Intergative ECD in ECE Units].

Kemendikbud, R. I. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Laila, L. . (2013). Penyelenggaraan Program PAUD Holistik Integratif di PAUD Siwi Kencana Kota Semarang. Journal of Non Formal Education, 2, 73–82.

Mushlih,Ahmad. Rahimah. Insiyah,Ma’fiyatun. Muzdalifah. Uminar, Ajeng Ninda. Imami, Fidzah. Maula, Inayatul. Parapat, Asmidar. Lestari, Puti. Khairunnisa, Lina. Rahmawati, Yuning Eka. Maisari, Sri. Munafiah, Nida’ul. Wathani, Septia Nrul. Rahimah. Susanti, H. (2018). Analisis Kebijakan PAUD: Mengungkap Isu-isu Menarik Seputar AUD. Jakarta.

Nurhafizah. (2011). Kemampuan Berkomunikasi Sebagai Pilar Profesional Guru Dalam Membimbing Anak Usia Dini. Artikel Proseding.

Nurhafizah, N. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Anak Usia Dini Menggunakan Bahan Sisa. Jurnal Pendidikan : Early Childhood, Vol. 2 No. 2b, 1–10.

Peraturan Presiden RI Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Holistik Integratif. (2013). Jakarta.

Suryana, D. (2013). Pengetahuan Tentang Strategi Pembelajaran , Sikap dan motivasi Guru. (January 2013). https://doi.org/10.17977/jip.v19i2.4212

Suryana, D. (2014). Kurikulum Pendldikan Anak Usia Dini Berbabasis Perkembangan Anak. Pesona Dasar, 1 No.3.

Suryana, D. (2015). Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Peratura Menteri No. 58 Tahun 2009. PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume: XV No.2., XIII(2), 118–124.

Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Universitas Negeri Padang Harus dapat Memberikan Kesempatan Umum. 6, 67–82.

Suryana, D. (2018). Efektifitas Mencetak Percikan Daun Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Suayan. Jurnal Usia Dini, 4 no. 2(2), 55–66.

Syarbaini, E. R. (2016). Early Childhood Anti-Violence Education in The Perspective of Psychology. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 91–100.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2003 Tentang Perlindungan Anak. (2003). jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.